iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….sudah jadi hal yang sangat wajar bila akan meminang suatu sepeda motor dibandingkan terlebih dahulu sebelum meminangnya, misalkan saja sampean mau beli R15 V3 otomatis sampean akan membandingkan nya dengan GSX-R 150 ataupun CBR 150R. Antara ke tiganya memang berada pada suatu segmen pasar yang sama yakni sport fairing 150, selain itu dari segi harga pun antara ke tiganya juga di banderol 30 jutaan lebih….

Membandingkan segala sesuatu yang sepadan memang sangat wajar karena apa yang dibandingkan juga berada di level yang sama, meski begitu tahu kah sampean cak ada beberapa sepeda motor yang sering kali dibandingkan padahal bukan berada di level yang sama. Apa saja ? monggo intip detilnya dibawah ini….

1. CBR250RR vs ZX-25R

iklan iwb

Seperti sudah jadi rahasia umum bila sport fairing berlogo sayap mengepak dari segi performa berada di atas pesaingnya, fitur juga terlengkap di kelasnya sedangkan dari segi harga CBR250RR sebenarnya sudah berada di angka yang tepat. Entah siapa yang memulai namun sejak adanya ZX-25R CBR250RR selalu di bandingkan, padahal pada kenyataannya CBR250RR itu sekelasnya dengan Ninja 250 Fi dan R25. Sementara ZX-25R hingga tulisan ini dibuat belum ada saingan sepadan, masa iya cak sport fairing 250cc 2 silinder dibandingkan dengan sport fairing 250 cc 4 silinder. Dari segi harga pun CBR250RR varian termahal nya dibanderol sekitar 77 jutaan sedangkan varian termurah dari ZX-25R dibanderol 90 jutaan, jauh amat cak harganya juga !

2. Aerox 155 vs Vario 150

Pada kasus antara Aerox 155 vs Vario 150 sebenarnya antara ke dua matic ini dibandingkan berdasarkan harga yang di jual meski pada kenyataannya Aerox 155 dibanderol sedikit lebih mahal dibanding Vario 150. Namun cak meski harganya selisih sedikit saja akan tetapi pihak Yamaha terkesan seakan memberi pesan bila dengan menambah sedikit uang dari harga Vario 150 dapat lebih, meski begitu sebenarnya Aerox 155 dan Vario 150 tidak 100% head to head. Jika mau membandingkan Aerox 155 itu lawan sepadan nya adalah Honda Airblade yang berada di Thailand sana, sayangnya pihak Honda sampai sekarang belum membawa motor ini ke tanah air. Sedangkan lawan sepadan untuk Vario 150 adalah matic Yamaha bermesin 150 (atau 155) dengan dek rata, mungkin Yamaha Force 155 cocok kali ya sebagai lawan sepadan Vario 150

3. Yamaha XSR155 vs Kawasaki WR175

Nah cak bila kasus XSR 155 vs WR 175 menurut pendapat pribadi IWB salah persepsi, masa iya mau membandingkan retro modern (XSR155) dengan sport klasik (WR175). Iya memang sekilas tampilan keduanya beda terkesan seperti motor dari masa lalu dengan lampu bulat nya akan tetapi XSR155 itu meski tampang terkesan jadul namun sudah dibekali suspensi up side down, velg racing hal tersebut tentunya yang membuat motor tersebut layak di sebut retro modern. Sedangkan lawan sepadan yg benar adalah XSR155 vs CB150 Exmotion, keduanya menghadirkan konsep yang serupa yakni retro modern…..

Sedangkan WR175 belum ada saingan yg beneran sepadan, sedari dulu pabrikan Kawasaki memang doyan bermain sendiri tanpa ada lawan sepadan. Andaikan WR175 mau dibandingkan harus terlebih dahulu dari pabrikan Suzuki Yamaha atau Honda yang membuat motor klasik di kelas 150cc dan soal hal tersebut belum terwujud, nah soal ini IWB sudah mengulasnya di sini.

4. Supra GTR vs MX King

Loh kok Supra GTR dan MX King di masukin juga, bukan nya antara ke dua motor ini sepadan ?

Sebenarnya cak konsep Supra GTR dan MX King berbeda, MX King hadir sebagai bebek super dengan tampilan kece cocok untuk membelah kemacetan yang secara design tampil dengan body bohay. Sementara Supra GTR itu dihadirkan AHM sebagai bebek penjelajah siap diajak ke jalanan aspal mulus ataupun jalan jelek bergelombang oleh sebab itu Supra GTR di bekali ground clearance tinggi bila dibandingkan motor yang dijual ke pasaran buat jalanan raya pada umumnya (jgn dibandingkan dgn motor trabas macam KLX atau CRF tapi cak, beda cerita lagi itu) selain itu bebek super Honda ini juga tampil dengan body ramping.

Lantas apa yang pantas dibandingkan antara bebek super sayap mengepak dan MX King ?
Paling tepat antara MX King dibandingkan dengan Winner X, antara keduanya hadir sebagai bebek super dengan ground clearance biasa saja serta tampil sama sama tampil serba gambot.

Itulah cak menurut pandangan IWB beberapa motor yang sering kali di bandingkan namun sebenarnya tidak head to head dari berbagai hal. Ada yang lawan sepadan nya di luar negeri belum di bawa oleh pabrikan bersangkutan ke tanah air namun ada juga yang memang sama sekali tidak ada lawan sepadan. Ngono wae sik disasak…piye jal. Piye menurut sampean cak ? ada komen soal ini ? (FA edited iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!