iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..gamblang sudah penantian kita. Fix perhari ini Yamaha Eropa resmi meluncurkan New YZF-R7 lengkap dengan gambar detil dan sekilas spesifikasi yang ternyata secara fisik dikatakan lebih slim dibandingkan R25 sekalipun. Konfirmasi ini tentu mengejutkan tanda Yamaha bekerja keras agar new New YZF-R7 memiliki koefisian drag sebaik mungkin mengingat mesin yang disandang hanyalah 2 silinder. Seperti apa ? intip sosok detilnya dibawah ini….

Setelah kita berhasil membongkar Yamaha new R7, akhirnya per hari ini Yamaha Eropa resmi meluncurkan sosok yang disebut sebagai versi fairing MT-07 tersebut. Diversifikasi engine dan frame yang memang betul-betul dicangkokkan oleh Yamaha pada generasi R7 ini akhirnya terbuka secara gamblang. Tidak usah kita bahas kembali background atau History kenapa Yamaha meluncurkan R7 untuk menggantikan eksistensi R6 yang sudah disuntik mati…. tapi yang jelas fix memang motor ini betul-betul identik dari sektor dapur pacu ataupun frame serta komponen lain….

Yup….betul cak, inilah Yamaha R7 yang difokuskan untuk meramaikan pasar 650-700cc middle weight dua silinder. Namun yang berbeda adalah pendekatan yang dilakukan oleh Yamaha pada R7 Di mana mereka murni memposisikan motor 2 silinder ini sebagai sport fairing yang racy. Pendekatan yang dilakukan oleh Yamaha berbeda dibandingkan dengan dua Rival lainnya yakni Honda serta Kawasaki yang juga memiliki motor di segmen yang sama lewat Ninja 650 serta CBR650R (4 silinder tapi range harga sama). Maka untuk R7 Yamaha memilih stang dengan posisi underyoke….

iklan iwb

Untuk frame sendiri basisnya sama dengan MT07 yakni model tubular Steel termasuk swing arm model banana dengan lubang di bagian tengah. Namun yang berbeda adalah suspensi depan di mana R7 sudah mengadopsi USD berukuran 41mm dengan preload dan rebound. Selain itu crown handle juga berbeda dibandingkan MT07 karena Yamaha R 7 menggunakan stang clip on atau jepit. Alhasil sudut putar kemudi juga lebih pendek dibandingkan dengan MT 07. Jika Yamaha MT-07 mencapai 24,5 derajat maka untuk Yamaha R7 hanya 23,7 derajat. Yang menarik Yamaha juga merubah wheelbase…

Untuk mendapatkan kelincahan manuver… Yamaha merevisi wheelbase R7 sedikit lebih pendek dibandingkan dengan MT07. So…jika wheelbase MT07 adalah 1400mm maka untuk R7 adalah 1395mm. Selain itu karena distribution weight berubah di mana untuk R7 lebih berat bagian depan Maka Yamaha juga melakukan perombakan ulang di bagian suspensi belakang. Dikatakan lebih stiff atau kaku sehingga memiliki kestabilan lebih baik dibandingkan dengan MT 07. Itu belum termasuk posisi footstep depan yang sedikit digeser ke belakang guna menyesuaikan ergonomi riding supersport. Dipercaya perombakan ini memberikan fell riding yang lebih baik. Terus bagaimana dari sektor dapur pacu?

Untuk mesin seperti yang sudah pernah IWB bahas sebelumnya motor ini menggunakan basis mesin MT07 yakni 689cc CP2 (Twin). Yang menarik ternyata peak powernya juga mirip cak. Dari konfirmasi yang IWB peroleh ledakan tenaga New R7 berada dikisaran 73,4PS@8750RPM dengan torsi 67Nm@6500RPM. Wowww…jebule sami mawon cak,? power tidak mengalami perubahan dibandingkan dengan MT07. Padahal IWB berharap setidaknya R7 bisa tembus di angka 75 hingga 80PS. Ternyata faktanya tidak. Wahhh kecewa dong, mosok sami mawon?

Eittt… Tunggu dulu cak. Walaupun di atas kertas secara spesifikasi Sami mawon namun Yamaha mengklaim R7 memiliki top speed 16 km per jam lebih tinggi dibandingkan dengan MT-07. Hal ini ditunjang oleh kalkulasi aerodinamika yang lebih baik (fairing), penggunaan ECU baru serta adanya tweak pada intake duct, knalpot serta sistem injeksi. Selain itu Yamaha juga melakukan perombakan di bagian gir rasio untuk memperbaiki akselerasi. Berita Bagus lainnya adalah Yamaha R7 sudah dijejali fitur assist and slipper clutch. Sementara untuk quick Shifter hanya bisa dilakukan untuk hanya menambah gigi itupun bersifat opsional atau harus ada ada biaya tambahan…..

Yamaha R7 dibekali velg palang 10 dengan desain sama yang digunakan MT-07. Untuk ban sendiri ternyata sama dibandingkan dengan versi naked di mana ban belakang adalah 180/55’17 dan 120/70’17 depan. Yang surprise cak dari konfirmasi beberapa media luar, ternyata lebar R7 sangatlah kompak. Mereka sebut slim karena motor ini walau kubikasi 700cc namun dimensinya dikatakan lebih slim dibandingkan R125 serta R25/R3 sekalipun. Wwwoooww…..kompak berarti cak…

Last….Yamaha menawarkan R7 dengan 2 pilihan warna yakni hitam serta icon blue. YZF-R7 baru akan didistribusikan mulai Oktober 2021 dengan estimasi harga di Kisaran 8000 Euro atau jika kita konversi ke rupiah jatuhnya adalah 139,7 juta. Harga ini tidak bisa dipandang murah Karena Honda CBR650R yang memiliki mesin 4 silinder 650 cc dengan power 90 PS dijual oleh Honda di angka 8.049 Euro atau 140 jutaan. Sedang Kawasaki Ninja 650 (2 silinder) dijual diangka 6899 Euro atau 120 jutaan termurah. Nah… untuk memberikan gambaran inilah gambar detail dari Yamaha new R7 yang desain memang galak banget. Semoga saja next R25 seperti ini…bener horaa cakk ?? (iwb)

74 COMMENTS

      • ekekekek

        Yamaha lekukan Lancip Lancip Garansi Kerenn Everlasting

        Sebelah Bikin design Culun maksain Agressive tapi Gak Proposional seminggu paling udah bosen

        H suuuuuRrrrrAM

        muehehehehe

      • ekekekekke

        The Besst Selerrr ini

        MT 07 aja bak kacang goreng

        jgn kayak sebelah ngaku ngaku laris ehh yg beli Diler buat pajangan

        H suuuuRrrrAM

        muehehehehehe

    • ekekekekekeke

      justru Orang oengin new R25 kayak seperti ini
      jangan maksain bilang Zonkk

      H suuuuRrrrAM

      muehehehrhr

    • ekekekekkeek

      padahal dulu gembor gemborrrnya

      anti Offside cc

      H suuuRrrrrrrAM

      muehehehehehe

  1. Gak tau kenapa banyak yg bilang r7 ini jelek
    Tapi kok menurut ane keren ya?
    Apa karna ane udah bosen sama desain ala menyiku?

    • ekekekekek

      yg bilang Jelek cuma FBH

      udah bisa ditebak Polanya cuy

      HbsuuuuRrrAM

      muehehehehehe

  2. Yang bikin aneh itu adalah penempatan Headlamp nya itu di tengah2 RAM AIR gitu, jadi terkesan maksa, coba penempatan Headlamp dibuat mirip R6 kan cakep loh..

  3. Inilah ke goblokan fbh yg hakiki
    R7 dibandingkan dengan R6 .
    Katanya lampunya beginilah begitulah ..
    Katanya desainnya maksalah ..

    Giliran pujaannya gredek ,desain kaya kardus lipat bilangnya jas jos mantap bagus…
    Fbh itu tolol semua dan bego IQ nya rendah …??

    • ekekekekekek

      ingat tuh
      Tangki Kondom di nyinyir dijiplak
      Assist sliper cluch di BC di Jiplak
      Non Kick starter di Cemooh di Jiplak

      FBH Bloooonnn

      H suuuuRrrrAM

      mueheheheueuey

  4. Ko mka y.monyong gtu.
    Persis kya mlu y.
    Si mijone alias mbah darmo.

    Wkwkwkwkwk

    • ekekekekek

      Ngacooo
      udah biasa FBH tukang Fitnah dan Munafikun

      H suuuuRrrrrAM

      mueheheheheheh

  5. Tidak ingin berharap lebih, krn sprti yg sudah2 r25 desainnya membulat terus, kemungkinan pun bakal mirip r7, msh pesimis.

  6. Biasanya di kelas ini yamaha superior di banding rival di berbagai kejuaraan.Apakah akan sama n konsisten.

  7. Knp air ram nya ga diisi tutup tangki bensin aja yah, heeheee,
    Isi bensin dr congor ga perlu buka macem2 tinggal colok,

  8. Moge ko slim sih terus itu apaan coba lampu utama di ram air waduhh konyol abisss

    • sebelahnya kan ada lubang yg dua itu.. mungkin itu air ramnya.. 2 silinder gak perlu air ram kompleks kan kayak adiknya R6 ataupun kakaknya R1

  9. ekekekekekek

    NdaHON disinyalir akan ngeekor dengan Cc lebih besar menjadi 701 cc

    H suuuuuRrrrrAM

    mueheheheheh

  10. Body y.monyog gtu.
    Persis kya mulu y.
    Su mijone alias mbah darmo.
    Yg ska fitnah.

    Wkwkwkwkwkwk

Comments are closed.