iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….buanyaakkk banget yang bertanya ke IWB perihal kemungkinan Yamaha kembali menghidupkan sang motor jambret RX-King. Yesss, label itu disematkan karena King terkenal memiliki akselerasi yang luar biasa. Sebuah motor yang disegani karena dimasa lalu King adalah motor paling terjangkau dengan power yang mumpuni. Sayang di tahun 2008….King hilang. Motor ini disuntik mati karena tekanan emisi gas buang. Yang jadi pertanyaan…mungkinkah YIMM kembali menghidupkan sang kobra ?

Pertanyaan ini banyak mampir ke newsroom IWB gara-gara penjualan Vixion yang sudah nyaris mati cak. Dan memang jika kita melirik masa lalu… dari berbagai media, YMKI secara tidak langsung telah mengumumkan kekhalayak umum bahwa Vixion sebagai new tranformasi teknologi generasi anyar merupakan kuda besi pengganti sang legenda….Yamaha RX-King. Dikisaran 2008…dalam segi penjualan tidak ada yang meragukan Vixon laris cak. Semua pasti mengangguk tanda setuju. Tapi tunggu dulu……!!!

Itu hanya hitung-hitungan angka. Namun jika menilik dari segi kepuasan pemakai ternyata semua sepakat, siapapun yang pernah menunggangi sikobra bakal mengatakan bahwa RX-King tidak tergantikan. Boleh saja Vixion dibekali fitur maju dengan berbagai kelebihan seperti sasis deltabox, diasil silinder, injeksi dan upto date design dll. Sedangkan sikobra…??? wis…bagai langit dan bumi. Sasis double cradle, swing arm model pipih…layaknya bebek, engine 2 tak 135 cc….minim teknologi, desain…..bisa dibilang gaya 1980an. Gimana nggak….lawong sejak pertama kali muncul tidak banyak ubahan yang dilakukan YMKI. Namun ternyata itulah kelebihan sang legenda. Mesin 2taknya gampang membikin tercengang para biker yang suka accelerasi….

iklan iwb

Masih ingat pertama kali IWB mencoba King….gigi satu dipuntir tanpa selip kopling dengan mudah ban depan terangkat. Apalagi jika digeber habis-habisan…..gigi 2, 3 terasa sekali badan dilempar kebelakang serta karet bundar depan membal keatas tidak nyentuh aspal. Berat kosong yang hanya 100kg, torque 1,54 kgf.m/8000rpm plus tenaga 18,5ps membikin motor ini tiada tanding diajang road race/drag race bercc kecil. Walau jarak jauh kalah dengan kompetitor macam Ninja 150 atau motor 4 tak bercc besar lainnya, akan lain ceritanya jika diadu tarikan jarak pendek…

Suara khas knalpotnya yang memekakkan telinga (Apalagi kalau filter karburator dicopot) seperti magnet tersendiri bagi Yamaholic. Peminat motor ini ternyata masih lumayan banyak lho. Uniknya yang laris malah versi RX-King versi headlamp kotak dibanding RX-King versi anyar/terakhir yang berlampu bulat. Handling enteng…anteng dan rem yahud kendati belakang hanya dibekali tromol. Bobot cuma 100kg memang tidak bisa disandingkan dengan motor sekarang dimana makin hari? cenderung bertambah. Itulah resikonya sasis menggendong 4stroke engine. Lho emang apa bedanya..??

Yup…..mesin 2 tak lebih ringan. Komponen? berjibunnya diorgan tubuh mesin 4 tak biang semuanya. Yah…tentu ada kelebihan dan kekurangan. Tuntutan dunia akan motor ramah lingkungan yang menyebabkan 2 stroke engine makin terpinggirkan. Tapi kalau ada yang bertanya, apakak Vixion bisa menggantikan RX-King?? dari sisi mana dulu kita melihat. Performa..?? jauhhh mzbro. Tidak usah musyawarah…kita yakin bagi speed freak dan 2 stroke lover bakal mengacungkan tangan. Ora percoyo..?? monggo dicek aja sendiri….…

Nggak heran pertanyaan dilemparkan ke IWB, mungkinkah nggak sih cak Yamaha kembali menghidupkan RX-King. Mesin 2 Tak dengan spek identik pada era 2023 seperti ini ?

Jawabannya Sulittt dan nyaris mustahil cak. Karena regulasi melarang itu, peraturan emisi gas buang secara otomatis akan mematikan niat itu. Dengan Euro 2 aja mesin 2Tak Koít, apalagi sudah Euro 3…..tak mampu cak. Oke…taruhlah regulasi kita buang. Tetap saja nggak mungkin karena jig mesin, pencetak engine dan semua komponen pendukung sudah musnah. Yup…ketika sebuah motor sudah dipastikan suntik mati maka pabrik akan membuang seluruh jig mesin produksi yang ini artinya…finish sudah. Tidak ada lagi produksi KIng dan biarlah motor legendaris ini hanya tinggal cerita yang tak terlupakan untuk para kaum speed freak mesin 2Stroke. So…Game Over cak !! (iwb)

Yamaha RX-King Specification

MESIN
Tipe Mesin : 2 Langkah, Air Cooled
Diameter x Langkah : 58,0 x 50,0 mm
Volume Silinder : 132 cc
Perbandingan Kompresi : 6,9 : 1
Kopling : Manual, Basah, Multiplat
Susunan Silinder : Satu/Miring
Gigi Transmisi : 5 Kecepatan
Pola Pengoperasian Gigi : 1-N-2-3-4-5
Karburator : VM 26 x 1 MIKUNI
Kapasitas Oli Samping : 1 Liter
Baterai : GM 3-3B/12,3
Busi : BP 8HS-10
Sistem Pengapian : CDI
Sistem Pelumas : Autolube

PERFORMA
Dimensi PxLxT : 1970 x 735 x 1065 mm
Sistem Starter : Kick
Daya Maksimum : 18,5 PS/9.000 RPM
Torsi Maksimum : 1.54 KGF.M/8.000 RPM

 

 

SUSPENSI/BAN
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Swing Arm
Ukuran Ban Depan : 2.75-18-4 PR
Ukuran Ban Belakang : 3.00-18-4 PR

CHASSIS
Berat Kosong : 100 kg
Tipe Rangka : Double Cradle
Kapasitas Tangki : 9,5 Liter
Jarak Sumbu Roda : 1245 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 160 mm
Jarak Tempat Duduk : 770 mm

SISTEM PENGEREMAN
Rem Depan : Cakram Double Piston
Rem Belakang : Tromol

18 COMMENTS

  1. Pria 46 tahun ini telah berkompetisi di TT sejak 2017 dan menempati peringkat ke-15 pada balapan Supertwin tahun lalu. Pada kategori Superstock, juga pada Selasa, ia mencatatkan lap tercepatnya di TT, dengan kecepatan 200 km/jam dalam perjalanannya menuju 20 besar. Martinez menjadi pembalap Spanyol tercepat yang pernah ada di pulau itu.

  2. Mungkin saja cak,,
    Si raja jalanan tetangga saya pagi tadi sudah di hidupkan lagi buat persiapan touring.
    Gaaas…

  3. ingat dulu waktu SMA, minta dibelikan motor..
    Orangtua belikan RX King ’94 bukannya GL Pro, mungkin karena sudah ada GL125 ketika itu.

    2 tak memang mumtaz di akselerasi…
    Apalagi RX King enak diajak geal-geol di kepadatan lalu lintas ketika itu… Start di lampu merah, biasanya nyelonong duluan, hehehe…

  4. Kagadamatinye neh motor macho berwibawa bengatz di jalanan kota-kota. Tuwamuda sukapada euiy

  5. Mantap insyaallah keluaRRR beneran dan diserap oleh market dengan baik 🤲 Aamiin 🙏

  6. Regulasi itu namanya Mbeat.
    Jangankan RongsoX king , Yahampasss saja d bikin semavut Pak Dhe… mueeeehehehehhehehe 😂

  7. Cuba didesain ulang dengan konsep cafe racer yang kental. Headlamp-nya bulat stang jepit, so pasti makin njengatz dahhh beibbz

  8. Sangat sangat mungtaz RX king 135 baik sisi design maupun performance nya
    Sayangnya mengambil mode knalpot basah cok

Comments are closed.