iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk… seperti yang sampeyan semua tahu Akhir tahun lalu, Suzuki global mengumumkan motor barunya dengan label GSX-8S. Motor ini begitu menarik perhatian karena desainnya yang agresif dan tajam. Nggak heran kehadirannya memunculkan harapan Suzuki bakalk meracik versi 250cc. So…yang jadi pertanyaan, mungkinkah hal itu akan terealisasi ??

Sekilas tentang Suzuki GSX-8S, motor ini tampil gahar seperti streetfighter pada umumnya. Pada area depannya mengusung dual LED headlamp bertumpuk dibungkus cover berdesain tajam. Gagahnya motor ini terlihat pada kedua shroud meruncing berdimensi besar pada bagian sudutnya. Selain itu, bagian tengah motor ini terlihat padat ditambah knalpot model underbelly yang menambah kesan minimalis. Secara keseluruhan, Suzuki GSX-8S versi 2023 mengadopsi desain GSX-S1000 namun dengan beberapa detil berbeda pada body dan rangkanya cak.

Dari segi dapur pacunya, Suzuki GSX-8S versi 2023 dibekali mesin 4 stroke DOHC 4 valve/silinder, twin silinder berkubikasi 775cc dengan sistem pendinginan cairan. Berkat mesin tersebut, motor ini mampu memuntahkan tenaga hingga 59kW (80PS) di 8500 rpm dan torsi maksimal di angka 76 Nm (7.7kgf・m) di 6800 rpm. Spek lainnya pakde, motor ini dibekali transmisi manual 6 speed, tangki bahan bakar berkapasitas 14 liter, Wheelbase 1465mm, ground clearance 145mm, tinggi jok 810mm, dan bobot motor mencapai 202 kg.

iklan iwb

Suzuki telah membenamkan fitur-fitur canggih diantaranya sistem pencahayaan full LED, Switchable ABS, Suzuki Drive Mode Selector (Active, Basic, Comport), Suzuki Intelligent Ride System (SIRS), Suzuki Clutch Assist System (SCAS), Suzuki Easy Start and Low RPM assist, Bi-Directional Quick Shift System, Suzuki Traction Control System (STCS), dan panel speedometer digital TFT berwarna. Sementara untuk banderolnya cak, Suzuki GSX-8S versi 2023 resmi dirilis untuk market Jepang dengan banderol 1.067.000 yen atau jika dirupiahkan sekitar 123 jutaan. Ediann murahhh. Sekarang pertanyannya, mungkinkah ada versi 250cc untuk pasar Indonesia ??

Sebelum melangkah kesana mari kita intip dulu basis mesin yang digunakan. Suzuki saat ini Suzuki hanya memiliki dua basis mesin untuk kelas 250cc yakni SOHC 4 katup 1 silinder yang ada di India sedang satunya SOHC 2 silinder basis dari Inazuma di Cina. Yang celaka mesin 250cc 2 silindernya hanya memiliki power 24,5PS sedang justru yang satu silinder tembus diangka 27PS. Dari sini saja akan sangat sulit bagi Suzuki untuk memilih dalam pengembangan. Dan yang kedua, project motorsport 250cc di Indonesia sangat mustahil. Kenapa ?

Karena PT SIS sekarang ini dari beberapa rumor yang masuk hanya akan fokus untuk mengimpor produk dari Maruti Suzuki India. So…nihil pengembangan untuk motor lokal cak. Artinya kedepan jikapun ada mereka hanya akan mengambil secara CBU dari India dan dipasarkan di tanah air. Intip saja Avenis dan V-Strom…made In India semua. So….sama sekali tidak ada harapan kesana cak, jadi monggo kubur aja mimpi tersebut. Dan biarlah hanya ada dalam mimpi Indah yang siapa tahu kedepannya akan bener-bener jadi kenyataan….bener ora cak hehehe (iwb)

3 COMMENTS

Comments are closed.