iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…rasa heran dilontarkan Alex Rins dan Nakagami pasca mereka jajal New Aero RC213V di Jerez kemarin. Ada beberapa poin yang membuat mereka kaget jika mengacu banyaknya aero yang nancap pada RC. Dan inilah yang dirasakan keduanya pada Aero baru…..

Seperti yang sampeyan semua tahu, beberapa aero terbaru telah dijajal Stefan Bradl selama akhir pekan MotoGP Spanyol. Buanyakkk cak yang dibawa mulai dari diffuser, side pod, down wash duct, winglet dan seabreg aero lainnya. Namun yang aneh, Rins dan Nagakami tidak merasakan perbedaan apapun dibandingkan aero lawas….

“Kami melakukan banyak pengetesan konfigurasi berbeda dengan sayap….aero, dan sejujurnya, kami mencoba lima set paket berbeda. Seperti depan, samping, swingarm, dan sebagainya. Yang kami heran kurang lebih feelingnya sangat mirip. Memang benar beberapa sayap membuat respon motor sedikit lebih baik saat berbelok, sementara aero lain membuat stabilitas rem lebih baik, tetapi pada akhirnya, kami membuat mengembalikan ke versi standart karena lap timenya mirip….” seru Rins. Dan ternyata Nakagami setuju dengan opini tersebut cak….

iklan iwb

“Kami menguji beberapa paket aero sesuai rencana, tapi sejujurnya, pada akhirnya kami kembali ke standar. Aku tidak menemukan langkah besar. Jelas ini sedikit mengecewakan karena performanya tidak sesuai harapan. Karena ini adalah tes yang sangat penting dan juga dari luar [aero baru] memiliki bentuk yang berbeda, jadi awalnya aku yakin ada perubahan besar. Karena aero adalah satu hal terpenting untuk mengubah motor. Tapi ternyata performanya tidak banyak perubahan. Kami masih kehilangan traksi pinggir ban dan cengkeraman ban belakang. Dengan beberapa aero mungkin lebih sedikit membantu berbelok tapi kadang bahkan lebih buruk…. “ keluh Nakagami….

Last…dengan Aero baru Rins menjadi pembalap tercepat ke-17 saat tes. Sementara Nakagami berada di urutan kedua belas. Btw…Sejauh ini belum ada konfirmasi perihal sasis Kalex karena yang jajal hanya Bradl dan Joan Mir. Kita lihat saja apakah Honda akan menggunakan aero baru ini nanti di Le Mans…..koyone makin mumet ki Honda cak…(iwb)