iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…Official Test MotoGP kini berlangsung di sirkuit Jerez, Spanyol hanya beberapa jam saja setelah balapan usai. Banyak hal baru yang di uji termasuk Honda yang akhirnya menghadirkan sasis Kalex untuk pertama kalinya dan di uji langsung oleh Test Rider HRC, Stefan Bradl.

Sesi tes yang hanya berlangsung satu hari ini dimulai pukul 10.00 hingga 18.00 Waktu setempat. Untungnya cuaca hari ini cukup cerah sehingga semua pembalap dan test rider yang berpatisipasi dapat memaksimalkan semua potensi mereka sehingga lebih leluasa menguji part-part Baru.

Yang menyita perhatian tentunya dari kubu Honda kang bro, RC213V yang kini masih dalam perombakan akhirnya menghadirkan sasis Kalex yang sebelumnya digadang-gadang telah dikembangkan oleh HRC Test Team. Yupss sasis produksi Kalex tersebut nyatanya belum pernah hadir dalam beberapa kali kesempatan tes privat yang diikuti Stefan Bradl, dan sasis itu baru terpantau pada sesi tes pagi hari ini dan Bradl dengan sigap langsung mengujinya cakkk. Sementara itu Joan Mir mencoba Aero baru yang telah di uji Brad akhir pekan kemarin, aero ini nampak berbeda di bagian body RC213V.

iklan iwb

Kemudian dari kubu Yamaha, pabrikan Iwata memiliki beberapa aero fairing baru. Winglets terbaru itu memiliki dimensi lebih panjang dan sedikit kebawah. Mirip winglets Aprilia dan Honda. Selain itu, mereka juga sedikit mengubah sayap sidepod dan tampak lebih besar. Morbidelli yang ditugaskan menguji Aero tersebut juga terpantau menggunakan aero tanpa side pod. Yamaha juga menghadirkan dua sasis yang berbeda dan kedua pembalap terpantau sama-sama menguji sasis tersebut yang memiliki bentuk flat dan sedikit tebal.

Sementara itu, Fabio Quartararo kembali mencoba swing arm baru yang sebelumnya tidak ia gunakan dalam tiga seri pembuka musim ini. Swing Arm tersebut pertama kali dicoba pada test Catalunya musim lalu dan kembali di gunakan Quartararo pada akhir pekan Jerez kemarin setelah sebelumnya doi menggunakan swing arm lama di GP Portugal hingga GP Amerika. Dan disini doi melesat cak…

Dari kubu KTM, memiliki part baru yang sangat menarik pada aero mereka. Binder terpantau menggunakan aero baru yang digunakan Dani Pedrosa di sepanjang akhir pekan Jerez. Namun, ada pembaruan lain dan part itu membentang sampai ke bawah. Sidepod sekarang tidak lagi menempel ke fairing di mana ia digunakan dan membentang sampai ke bawah. Saat dimiringkan, seluruh elemen ini akan bertindak seperti sayap untuk menyedot motor guna memiliki ground effect dan juga menjaganya agar udara tetap mengalir di sepanjang sisi motor dengan harapan bisa lebih baik saat terhubung ke fairing samping.

Nahh..Untuk sementara. Tiga pabrikan tersebut yang kini menghadirkan beberapa part baru. Sedangkan Pembaruan Ducati dan Aprilia nanti akan IWB laporkan lagi di paruh kedua test hingga finish cakkk.. Sejauh ini pukul 14.00, Aleix Espargaro (Aprilia Racing) menjadi pemimpin test dengan catatan waktu 1 menit 37.079 detik.

Posisi kedua ditempati Jorge Martin (Prima Pramac Racing) dengan catatan waktu 1 menit 37.089 detik dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) menyusul diposisi ketiga dengan catatan waktu 1 menit 37.110 detik.

Brad Binder (Redbull KTM Factory Racing) berada di posisi keempat dengan catatan waktu 1 menit 37.156 detik dan Alex Marquez (Gresini Racing Ducati) menutup lima besar dengan catatan waktu 1 menit 37.189 detik. Tipiss cakk, lima besar hanya terpisahkan 0,110 detik. Wooww…..(CB iwb)

7 COMMENTS

  1. Motor kaga jelas tuh. Mending zx636r macho abiz. Bisa kencang 170kmh di jalan raya.
    Motor prototype ga bisa dibawa sunmorian cuy

  2. 1 = Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP22) 1m 36.574s 56/64

    2 = Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22) +0.104s 75/81

    3 = Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1) +0.151s 60/88

  3. Masih jauh buat mengejar level Sultan Hnd yang masih jadi penguasa…
    Kini fby dan Yahampasss makin terdiam dihantam pabrikan lain. Dan Fby menertawakan diri sendiri
    Mueeeehehehehhehehe 😂

Comments are closed.