iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…..akhirnya para media berhasil mewawancarai Marc Marquez setelah doi mengumumkan secara resmi mundur dari Motogp Jerez. Konfirmasi yang membuat semua terkejut karena diawal HRC dan Marc mengumumkan akan kembali ke Jerez setelah mereka absen Austin. Namun ternyata setelah dilakukan pengecekan terakhir….Marc mengakui bahwa karirnya diujung Tanduk. Waduhhh…kok isoo ??

Seperti yang sampeyan semua tahu…Marquez absen di event MotoGP untuk ketiganya berturut-turut, ditambah tes pasca-balapan hari Senin, setelah dokter memperingatkan patah tulang pada metakarpal (ibu jari) kanan pertamanya dapat rusak kembali bahkan tanpa jatuh sekalipun. Marc mengalami cedera ketika ia kehilangan kendali atas motornya saat pengereman pada pembuka musim Portimao 26 Maret kemarin dan menyebabkan insiden melibatkan Jorge Martin serta Miguel Oliveira….

Marquez informasinya menjalani operasi di Madrid keesokan harinya. Tindakan pengurangan fraktur dan fiksasi internal dengan dua sekrup. Apa kata Marc soal ini ??

iklan iwb

” Kami sudah coba pulih dalam empat minggu, tapi jujur dokter dari awal mengatakan recovery ini butuh 6-8 minggu. Tapi aku sangat optimis dan mencoba semua yang aku bisa untuk lebih cepat dalam rehabilitasi dan membalap di sini di Grand Prix Spanyol. Sayangnya setelah CT scan hari Selasa, kami memeriksa dengan tim medis Madrid dan mereka mengatakan bahwa turun race terlalu berisiko. Kemudian mereka mengkonfirmasi ulang dengan Mayo Clinic [tempat Marquez menjalani operasi lengan tahun lalu] dan kami juga mengkonfirmasi ulang dengan Red Bull APC Center. Hasilnya ??

“Dengan keputusan bulat, mereka mengatakan itu adalah risiko yang sangat, sangat tinggi karena bisa menghancurkan operasi. Jadi karena alasan itulah, aku memutuskan untuk tidak balapan di sini…” serunya. Marquez menambahkan bahkan tanpa crash-pun berpotensi mengalami ‘kerusakan’. Jadi hanya dengan mengerem maka tulang metacarpal rentan “ambrol”. Dan jika itu terjadi doi akui karirnya bakal diujung tanduk….

“Risiko utamanya bukan menabrak, tapi hanya dari tekanan stang ‘kamu akan menghancurkan atau merusak lagi [tulang]’ tsb. Karena ini adalah retakan yang sangat kecil, retakan yang [mempengaruhi] stabilitas [ibu jari] dan ini adalah salah satu jari terpenting saat kalian mengerem. Masalahnya jika aku cedera lagi, mereka mengatakan bakal ada kerusakan besar. Tidak hanya untuk tiga bulan lebih, tetapi juga untuk karirku. Sekarang mereka bisa memperbaiki [patah tulang] dengan sangat baik. Mereka melakukan operasi yang sangat bagus. Tapi jika aku cedera lagi maka mungkin itu bisa menjadi akhir dari karirku karena ini adalah jari yang sangat penting….

“Jadi karena alasan itulah aku memutuskan mundur dari Jerez. Ketika tiga tim medis mengatakan bahaya jika kamu cedera lagi jika membalap membuat keputusan lebih  mudah. Apakah kalian berusia 30 tahun, 20 atau 15 tahun. kalian tidak bisa melawan dokter. Karena mereka adalah orang-orang profesional dibidangnya…” tukas Marc. Marc sendiri sekarang mengoleksi tujuh poin diklasemen sementara berkat posisi ketiga dalam balapan Portimao Sprint, dan 57 poin di belakang pemimpin gelar saat ini Marco Bezzecchi (VR46)….

Situasi gelar bisa jauh lebih buruk seandainya juara bertahan Francesco Bagnaia tidak tumbang dalam dua grand prix terakhir. Termasuk Fabio Quartararo, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales yang juga mengalami kesalahan. Sementara Marquez menonton di rumah, Alex Rins meraih kemenangan MotoGP pertama Honda sejak 2021 terakhir kali di COTA. So…Marquez sekarang harus bergantung pada Rins dan Mir untuk mengarahkan pengembangan RC213V selama tes pasca-balapan hari Senin di Jerez….

“Penting untuk berada di atas motor dan sangat disayangkan absen di GP Argentina karena itu adalah sirkuit yang aku sukai. Lebih sulit lagi kehilangan GP Austin karena itu juga sirkuit yang aku sukai. Dan sekarang Jerez…Satu GP terpenting bagi semua sponsor dan bagi pebalap Spanyol. Lebih runyam lagi kami memiliki tes hari Senin di mana aku tidak dapat membantu Honda di lintasan, padahal ini penting sekali. Tapi mereka juga memiliki dua pembalap bagus, Mir dan Rins, yang dapat melanjutkan project. Target utama sekarang adalah mencoba berkendara di Le Mans… dan [kemudian] aku dapat terus membantu proyek tersebut..” tutup Marc….(iwb)

27 COMMENTS

  1. Permainan kotor di GP sepang yg membawa rosi pda pinalty sepertinya berbuah kesialan yg terus menerus menimpa markes

    • Sebenarnya , Dibalik alasan recovery ada strategi lain yang disimpannya.
      Dan benerr kata komentator disebelah , Marc masih bisa 3 4 gelar lagi hingga pensiun
      Mueeeehehehehhehehe 😂

    • Tajir..gelar banyak dan bakal nambah
      Yahampasss masih gitu2 aja , bahkan layu sebelum berkembang cak
      Mueeeehehehehhehehe 😂

  2. Pensiun dini okelah asal kaga editansil edukasi dini tanpa hasil

  3. Dibikinin jari assisten, sebuah apparel yang dipasang sekitar ibu jari untuk memperkokoh cengkeraman sekaligus mengurangi tekanan.
    Tuh…tak kasih konsep. Coba ditindaklanjuti dengan percobaan dan development.
    Rem kaki dipindah di tangan saja bisa.
    Yang cerdas…. Monggo 👍

  4. Seberapa besarkah tekanan stang motor prototype MotoGP ?
    Jangan asal percaya omongan dokter, harus discrutinize bersama dan transparan

    • ini lgi aneh.. Dokter kok ga d percaya.. Tekanan jempol pake Motor cb150R aja klo rem dadakan Lumayan Pegel pas Macet jg jempol pegel

  5. Sudah disounding oleh saya….
    Masa puncak kejayaan telah dilewati, saatnya menuruni lembah. Sesekali naik bukit kecil alias juara seri. Terus menurun hingga dataran rendah tanpa terpaan angin kencang aka tekanan di paddock

  6. Saatnya cari tunggangan baru, cewe cewe hispanis kek Eva Mendez Selena Gomez or Salma Hayek. Anggep aja motor batangan or motor tetetelanjang

  7. yes… mudah mudahan ar42 dan jm36 bersatu kembali…
    semoga bisa mengulang keberhasilan mereka berdua seperti waktu mereka di Suzuki….

  8. “gaya balapmu akan menghancurkan karirmu”, sepertinya wejangan mbah rossi mulai terbukti

Comments are closed.