iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…siapa nggak kenal Honda Beat. Motor andalan Honda ini memang sudah berumur dan menemani kita selama satu dekade lebih. Dirilis pertama tahun 2008 dan sekarang sudah 2023, artinya umur Beat sudah mencapai 15 tahun. Luarr biasa cak. Ibarat bocah…dari lahir sampai sudah sekolah SMP, ini edian tenan. Gilaaanya cak…dengan umur yang tidak lagi muda..IWB sangat tercengang ketika melihat pasaran Bekas Beat 2009 y6ang masih sangat tinggi. Aslii cak…angkanya mengerikan. Emang berapa ? yuk kita intip di OLX cak…

Honda meracik Beat pertama kali untuk menghajar dominasi Mio. Beat generasi pertama hadir pada 2008. Di awal kemunculannya, desain memang terkesan aneh cak. IWB wae merasa kurang sreg saat itu. Kurang mengalir dan kaku. Namun anehnya makin dipandang kok makin cakep yaaa. Btw…Honda membekali motor Matic ini dengan kapasitas mesin 108 cc, SOHC 2-katup dengan sistem karburator….

Dengan spek tersebut di atas kertas, torsi puncaknya 8,32 Nm pada 5.500 rpm dan tenaga maksimal 8,22 PS pada 8.000 rpm. Sementara soal tangki bahan bakar, kapasitasnya cuma 3,5 liter. Kecil namun cukup cak. Lalu ditahun 2010 AHM merilis versi spoke wheel dengan banderol miring. Spek sama cak, hanya kaki-kaki yang beda. Dan barulah ditahun 2012, AHM merilis versi injeksi dengan label Beat PGM-FI. Generasi ini Honda menggunakan injeksi PGM-FI untuk sistem pengkabutan bahan bakar. mesin diklaim lebih irit 30% dibandingkan Beat generasi pertama. Bagasi juga diperbesar 5 kali lebih jumbo dengan kapasitas 11,2Liter…..

iklan iwb

Dan yang paling fresh tentu adalah Beat generasi 2020. Generasi yang menggunasakan sasis baru eSAF sehingga bobot jadi lebih ringan 4 kg. Kubikasi juga meningkat jadi 109,5 cc sehingga power tembus 9 PS  pada 7.500 rpm dan torsi puncak 9,3 Nm pada 5.500 rpm. Kuwi sekilas history cak. Artinya wis tuwo cak eksistensi Beat. Namun yang IWB heran bagaimana mungkin motor yang sudah berusia hampir 14 tahun ternyata harga bekasnya masih sangat tinggi…

Intip saja iklan di OLX terlampir. Harga Beat Karbu lansiran 2009 masih berani dipasang diangka 11,5 juta. Iklan yang dipost tanggal 16 April tersebut menunjukkan betapa tingginya harga bekas Beat karbu. Walau tentu harga akan disesuaikan kondisi motor, tapi tetap cak ketika kita membahas motor lawas dibawah 2010 masih diatas 10 jutaan …..fakta ini menunjukkan betapa kuatnya harga bekas Motor Honda. Dan itulah kenapa di kampung-kampung atau kota kecil yang masih melihat resale value pilihannya selalu Honda. Itukah yang membuat harga bekas matic Honda stabil ?

Last…harga bekas Beat 2009 yang sangat mengerikan diatas jelas jadi bukti betapa kuatnya pengaruh pasar dan demand konsumen terhadap siproduk. Dan harus kita akui suka atau tidak Honda masih jadi raja disektor ini. Nggak heran brand Honda khususnya Beat tak terjamah dan menjadi raja matic tak terkalahkan. So…Harga bekas Honda Beat Karbu 2009 mengerikan ? kenapa cak bisa begitu menurut sampeyan, monggo berikan opininya…(iwb)

15 COMMENTS

  1. Produk Sultan memang mengerikan cak , 108 CC atau 109 CC sami mawon…all Stock bisa memberangus 125 Pea2 mesin jahit sebelah . Tekhnologi yang bukan kaleng2.
    Dan pastinya.. durabilitas nya sudah teruji cak…gak salah Sultan Hnd jadi Penguasa diDunia.
    3 bulan ini saja Sultan Hnd udah jual hampir 1 JT 4 ratus ribu unit…. Sedangkan yahampass 300 kecil.
    Begitu jauh gapnya cak
    Itulah bukti …bahwa konsumen semakin mengerti produk mana yang bisa membahagiakan hidup , bukan memilih Yahampasss yang menyusahkan hidup.

    Mueeeehehehehhehehe 😂

  2. Saya pengguna harian beat karbu dari baru tahun 2009, sampai sekarang kondisi masih fit. Bahkan ada beberapa kali ditawar teman bahkan orang yg blm kenal diatas 7jtan.

  3. jika perbandingannya (secondhand) dengan mio tahun yang sama, lebih worth beat ini sih, walau mio lagi berusaha digoreng juga oleh beberapa penggemarnya, tapi Honda Beat ini ga perlu goreng² tetep masih bisa bertahan harganya apapun kondisinya, sekali lagi, apapun kondisinya lho.. jadi secara kekuatan secondhand yang masih stabil, justru semakin mendongkrak versi barunya di dealer dan ga bisa dipungkiri puluhan persen konsumen akan memilih harga jual kembali yang baik karena ada beberapa konsumen yang mikirnya (walaupun kecil, tapi ada) motor seperti ini pun adalah investasi setelah menghitung pemakaian tahunan dan biaya rawatan. (sok tau banget ane)

  4. Beat karbu enak di oprek makanya harganya tinggi. Di kalimantan selatan harganya sama aja kayak ini, 8 juta ke atas

Comments are closed.