iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..iki baru mengejutkan cakkkk, lhaaa piyeee disaat kita fokus pada performa pabrikan Jepang yang terhuyung-huyung mendapatkan tekanan pabrikan Eropa, kini sebuah kabar datang dari FIM. Yup….Jorge Vigas selaku presiden FIM mengakui keluarnya Suzuki dari Motogp membuat semua fans kehilangan. Namun yang menarik doi mengeluarkan sebuah pernyataan bahwa Suzuki tidak akan lama keluar dari Motogp. ” Mereka akan kembali...” serunya. Waahhhh….

Suzuki memang tim yang kita pandang berhasil cak. Kembali di Motogp ditahun 2015, mereka memperkenalkan sebuah konsep berbeda. Konsep Motor yang lebih jinak dan tidak lagi hanya menguber power seperti masa lalu. Dengan konstruksi engine berbeda dari sebelumnya mengusung label GSV-R lewat mesin V4. Ketika itu yang paling terkenal Suzuki menggandeng sponsor utama Rizla ditahun 2006. Rizla yang terkenal sebagai merk kertas memang sudah memiliki hubungan kental dengan Suzuki sejak 1980-an bersama pembalap Suzuki legendaris Kevin Schwantz yang memulai debutnya di GP dengan RG500 ditahun 1986. Namun mesin V4 dipandang kurang memenuhi harapan…

Akhirnya ditahun 2015, Suzuki mengembangkan mesin yang sama sekali baru. Konsep yang diusung mereka adalah membuat mesin yang terkontrol, mudah dikendarai dan kencang. Pilihan insinyur Suzuki akhirnya jatuh pada mesin inline 4 yang sekarang banyak diperdebatkan oleh Fabio. Suzuki pelan dan pasti mampu menunjukkan bahwa mereka memiliki motor terbaik setelah bahkan di akhir-akhir musim ketika mereka memutuskan mundur dari Motogp karena alasan finansial, Alex Rins sempat menjadi kampium di Valencia. Yup…2022 adalah tahun terakhir hingga di 2023, mesin inline terbaik tersebut hilang dari line up….

iklan iwb

Apakah Suzuki akan selesai selamanya ? nggak cak. Berbicara saat race Assen World Superbike pada hari Jumat, Viegas mengatakan dia percaya Suzuki suatu hari akan kembali ke MotoGP karena Suzuki akan berinvestasi dalam kejuaraan dunia yang disetujui FIM. Viegas mengaku sudah bertemu dengan bos Hamamatsu Jepang dan itulah kenapa doi yakin….

“Sulit karena Suzuki meninggalkan kami. Namun kami memiliki kesempatan untuk berbicara dengan owner Suzuki sendiri di Jepang, dan mereka mengatakan akan menginvestasikan semua uang yang mereka miliki untuk mesin jenis baru, bla, bla, bla. Aku pikir mereka akan kembali. Mereka tidak bisa menjual motor jika tidak berkompetisi...

“Kami mengalami dua tahun yang sangat sulit dengan COVID, tetapi aku rasa segalanya menjadi jauh lebih baik sekarang dan aku pikir pabrikan baru akan bergabung di kedua kompetisi – di MotoGP dan Superbike [Dunia], yang tidak mudah karena investasi di MotoGP terutama. sangat besar. Tapi di Superbike kalian juga harus memiliki investasi yang sangat bagus untuk menjadi kompetitif.

“ Kalian lihat sekarang di Endurance [Kejuaraan Dunia], Ducati bergabung, yang sebelumnya tidak demikian. Dan mereka mendapat bantuan dari pabrikan. Jadi, aku optimis tapi apa yang harus kami lakukan untuk mendatangkan mereka adalah membuat peraturan yang dibuat sesuai masukan pabrikan – bukan melawan mereka, kalau tidak mereka tidak akan datang…

Jadi semua ini adalah sistem interaktif yang kami lakukan sepanjang waktu dengan promotor, dengan MSMA, dan di dalam FIM kami banyak berdiskusi. Jadi, itulah satu-satunya cara…berdiskusi dan memutuskan…” serunya. Viegas menambahkan bahwa, dalam MotoGP, mereka berharap ada keterlibatan Kawasaki dan BMW – tetapi saat ini tidak ada ruang untuk memperluas peserta diluar 5 merk yang sudah eksis….

“Di MotoGP, kami merindukan Kawasaki dan BMW. Tapi mereka tidak mau gabung, dan memang tidak ada ruang untuk saat ini. Mungkin Suzuki akan kembali, kita lihat saja nanti…” tutup Viegas. So..jelas ini adalah kabar dan isu menggembirakan jika benar-benar terealisasi karena jujur cak, Suzuki sukses memberi warna tersendiri diajang Motogp. Jadi mari kita tunggu dan pantau saja…(iwb)

5 COMMENTS

  1. Gak ada itu pabrikan eropah pak Dhe… Tahun2 lalu 3 pabrikan berbeda meraih juara dunia karena semuanya bersyarat .
    Musim ini sekalipun dikuasai motor2 eropah….belum ada yang konsisten , dan Hnd masih satu2nya rival yang tetap menakutkan dan tidak bisa ditebak
    Mueeeehehehehhehehe 😂

Comments are closed.