iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….Indonesia International Motor Show (IIMS) merupakan pameran pembuka yang diselenggarakan oleh Dyandra Promosindo, pada 16-26 Februari 2023. IIMS kembali menjadi pameran terbesar pertama yang diselenggarakan setelah pemerintah mencabut pembatasan kegiatan masyarakat, sejak mewabahnya pandemi covid-19…..

Hal tersebut tampak dari antusiasme dari para peserta pameran, memenuhi keseluruhan area JIExpo Kemayoran. Dengan total 171 peserta pameran, 45 diantaranya adalah brand kendaraan seperti: Astra Daihatsu, BMW, Chery, DFSK, Esemka, Honda, Hyundai, Jeep, Mitsubishi, Morris Garage (MG), Prestige, Subaru, Suzuki, Toyota dan Wuling hingga Indomobil Group yang menghadirkan lima brand yaitu Audi, Citroen, KIA, Nissan, Volkswagen (VW)….

Sedangkan untuk kendaraan roda dua diwakili brand ternama seperti Astra Honda Motor, Benelli – Keeway, KTM & Husqvarna, Italjet, Kawasaki, Moto Bologna Passione (MBP), Royal Alloy, Royal Enfield, Yamaha. Brand kendaraan listrik roda dua antara lain Alva, Davigo, Energica, Gelis, Gesits, Ion Mobility, Niu, Ofero, Polytron, Rakata, Selis, Smartby, United dan Yadea Serta Perhimpunan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia (PAHAMI) dan puluhan brand aftermarket hingga belasan merek peserta dari industri wisata bahari.

iklan iwb

Hari ini (2/3), IIMS menutup pencatatan hasil transaksi yang terjadi selama 11 hari penyelenggaraan. Dengan total 13.965 unit kendaraan yang terjual di IIMS 2023, melampaui target transaksi hingga 5,3 Triliun Rupiah. Tercatat hingga waktu penutupan, IIMS 2023 dihadiri oleh 468.720 pengunjung. Capaian tersebut tak lepas dari upaya positif seluruh stakeholder IIMS, agar seluruh ekosistem dalam dunia otomotif dapat membangun kolaborasi dan sinergi untuk menciptakan peluang yang lebih besar di industri ini.

Project Director IIMS 2023, Daswar Marpaung berterima kasih atas dukungan seluruh pihak yang terlibat dalam kesuksesan penyelenggaraan IIMS 2023, mulai dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, seluruh jajaran pemerintah Republik Indonesia yang diwakili berbagai Kementerian dengan berbagai insentif yang diberikan untuk menstimulasi industri otomotif tanah air khususnya kendaraan listrik. Berbagai dukungan tersebut, secara tidak langsung membuat penyelenggaraan IIMS 2023 yang menjadi salah satu barometer dan titik temu pelaku industri otomotif tanah air dapat meraih target yang diharapkan.

“Kami fokus ke penyelenggaraan IIMS 2023, secara kualitatif dapat kami sampaikan bahwa kami melihat secara tampilan wajah seluruh APM (roda dua roda empat) semua happy. Secara keseluruhan dapat dikatakan optimisme ekonomi secara makro di tahun 2023 ini sudah mulai terlihat dan sangat bagus. Sehingga tujuan kami sebagai penyelenggara di sektor otomotif, sudah berhasil menangkap sinyal optimis pada tahun 2023 kita bisa mencapai pertumbuhan ekonomi yang cukup signifikan.” pungkas Daswar Marpaung.

Ia juga menambahkan bahwa dukungan dan perhatian yang diterima oleh IIMS 2023 dari Presiden RI Joko Widodo sangat banyak, terbukti dari presensi Presiden RI yang berkesempatan membuka dan meresmikan gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 serta tahun-tahun sebelumnya. Sehingga menurut Project Director IIMS 2023, bukan saat yang tepat untuk seluruh pegiat industri ini untuk terus pesimis, melainkan harus optimis menghadapi geliat industri otomotif tanah air pada tahun 2023 yang semakin menunjukkan tren positif.

Gelaran IIMS 2023 turut memberikan angin segar bagi UMKM lokal penyedia food & beverage dengan hadirnya banyak tenant foodcourt di Hall B3 dan selasar Hall A, B, C dan D hingga foodtruck pada open space area JIExpo Kemayoran. Mulai dari merek minuman kopi lokal ternama Kopi Tuku, Kopi Kenangan, Kopi Janji Jiwa hingga merek minuman internasional Starbucks, merek makanan lokal Ayam Gepuk Pak Gembus, Gultik Blok M, Burger Bangor, hingga merek makanan internasional seperti Yoshinoya, NYC Pizza, dan lainnya turut hadir memanjakan pengunjung IIMS 2023.

IIMS 2023 yang mengusung tagline BOOST ‘Bringing Opportunity for Otomotive Society Together’, memberikan ruang terbuka untuk berkolaborasi diantara pelaku bisnis dan komunitas otomotif yang ada. Hal tersebut juga disuguhkan melalui rangkaian program unggulan seperti: Bikers Dakwah, IIMS Award, IIMS Community Experience, IIMS Formula Electric Student Show Off, IIMS Iconic Car, IIMS Motor Show, IIMS Push Bike Race, IIMS Satmori & Sunmori, IIMS Seminar & Talkshow, IIMS Special Guest Experience, IIMS Test Drive, IIMS Test Ride, IIMS EV Test Ride, IIMS Drift…

IIMS Special Guest Car, IIMS x Pergikebulan, IIMS x Rusty Project, IIMS x Ikatan Motor Indonesia (IMI), IIMS x Naikmotor.com, IIMS x Katros, IIMS x Smoke Garage, IIMS x Banteng Motorsport, IIMS x Slide on Sunday, Indonesia Automodified (IAM), Indonesia Boating Gathering (IBG), Indonesia Off-Road Federation (IOF), IIMS Jeep Willys Building Show, Kosmik, Mini 4WD Championship, Miss IIMS 2023, Off-Road Track, Otomotif Group Experience, PAHAMI Audio Contest All Champions, Parade & Talkshow Pembalap 3 Generasi, PPMKI Pre War Car Display, RC Adventure, RC Drift serta Road Bike Community Hub.

IIMS Melanjutkan Pelaksanaan IIMS Series 2023

Rangkaian IIMS Series 2023 kembali hadir secara konsisten setiap tahunnya. Tahun ini, IIMS Surabaya akan dilaksanakan pada 31 Mei – 4 Juni 2023 di Grand City Convex, Surabaya dan IIMS Makassar yang akan dilaksanakan pada 4 – 8 Oktober 2023 di Celebes Convention Center, Makassar serta IIMS Motobike Show yang akan diselenggarakan pada 17-19 November 2023 di Istora Senayan, Jakarta. Konsistensi perhelatan IIMS Series setiap tahunnya adalah upaya menyikapi optimisme pasar otomotif tanah air yang telah pulih pasca pandemi Covid-19, dua tahun silam.

Penampilan Kolaborasi menjadi Highlight pada Panggung IIMS Infinite Live

Selama 11 hari berturut-turut, IIMS mampu menggabungkan konsep Oto-tainment dengan sangat meriah. Pada panggung IIMS Infinite Live, puluhan musisi tanah air menampilkan pertunjukan yang memukau para pengunjung IIMS.

Tiada hari tanpa kolaborasi antar musisi tanah air di IIMS Infinite Live 2023. Mulai dari Rizky Febian feat. Juicy Luicy yang tampil pada hari pertama, lalu Isyana Sarasvati x Deadsquad, selain itu penampilan perdana orkestra dari Project POP x Alvin Witarsa, Vierratale x Re:Union, serta kolaborasi Nadin Amizah dan Kunto Aji pada 22 Februari 2023 mampu membuat takjub para penonton.

The Changcuters x Nidji juga menampilkan kolaborasi apik sejak 2009 mereka satu panggung. Hingga Parade Hujan yang mengajak vokalis Soegi Bornean untuk menyanyi bersama di panggung IIMS Infinite Live, lalu Ananda Badudu bersama dengan Monita Tahalea pada 24 Februari 2023. Menjelang hari penutupan, penampilan Ari Lasso tampil memeriahkan kemegahan panggung IIMS Infinite Live. Dan penampilan spesial dari Dewa 19 Feat. Virzha yang menutup rangkaian pertunjukan musik IIMS Infinite Live dengan spektakuler.

Rudi MF, Project Manager IIMS 2023 mengatakan, “Penampilan kolaborasi musisi tanah air yang tampil pada panggung IIMS Infinite Live adalah salah satu konsep segar Dyandra Promosindo dalam menyuguhkan pengalaman baru bagi pengunjung IIMS 2023. Kami mengapresiasi partisipasi seluruh musisi papan atas tanah air atas kerjasamanya memeriahkan perhelatan IIMS 2023. Bagi pecinta dunia otomotif tanah air, kami mengupayakan untuk menghadirkan kembali IIMS Infinite Live tahun 2024 mendatang.”

IIMS 2023 berhasil terlaksana selama 11 hari penuh berkat dukungan dari MUFG Bank, Ltd. dan PT Bank Danamon Indonesia, Tbk (Danamon) sebagai Official Bank Partner serta PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) sebagai Official Multifinance Partner, Pertamina sebagai Official Sponsor, PLN sebagai Official Sponsor, dari sektor industri pendukung, IIMS 2023 juga berkolaborasi dengan Mobbi sebagai Official Trade-in Partner, J&T Cargo sebagai Official Logistic Partner, Bridgestone sebagai Official Tire Partner, MRT Jakarta sebagai Official Public Transportation Partner, serta V-Kool Indonesia, Suryanation, Namota, Enjoy Jakarta, dan Mayora sukses dalam memberikan dukungannya pada perhelatan IIMS 2023….(IIMS 2023)