iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…ternyata artikel IWB sebelumnya berjudul “Ketahuan !! Ternyata target Yamaha Filano bukanlah Scoopy, tapi….??? ” direspon luar biasa oleh para pembaca IWB khususnya fansboy militan penyembah “pentil ban” . Langsung sradak-sruduk mengaum dikolom komentar bak macan kurang makan 7 hari 7 malam wkwkwk. Jiann hiburann tenan pakde ditengah cuaca yang selalu mendung dan hujan. Padahal semua kutipan berasal dari sumber bos dealer Yamaha secara jelas dan gamblang. Yang jadi pertanyaan….kenapa Yamaha Grand Filano enggan disandingkan Scoopy ?? apakah AHM diuntungkan dengan ini ? monggo baca serius, jangan sambil main game baca artikelnya biar nyampe pikirannya wkwkwkwk. Soale fansboy seringnya “pedot” ditengah jalan kalau baca cak jadi emosinya yang dikedepanin. Simak penjabaran cak Steven berikut ini…

Seperti yang sudah IWB ulas sebelumnya, Yamaha Filano banyak yang disebut untuk mengganyang atau menghajar Scoopy. Maklum cak…pabrikan ini selalu menjadi musuh bebuyutan nggak diajang Motogp ataupun market roda dua dunia. Namun sebenarnya jika digali lebih jauh, pergerakan Yamaha pada Filano ini sebenarnya nggak menyentuh sama sekali pada Scoopy. Setidaknya itulah yang masuk kekuping IWB. Dan ternyata hal itu diamini cak Steven selaku Owner Yamaha SBW. Doi memang sering berinteraksi dengan IWB…khususnya diskusi tentang tren market ditanah air…

” Bukan kangmz…..bukan Scoopy karena pasarnya berbeda. Dari awal Filano bukan untuk membidik Scoopy…” cetusnya tersenyum. Oke…soal ini IWB super setuju karena dengan harga termurah 27 jutaan sedang Scoopy hanyalah 21 jutaan. Gapnya jauh bener. Mungkin Scoopy lebih cocok jadi lawan Fazzio yang bermain direntang 22 jutaan. Positioning harganya nggak masuk. Belum lagi konsep desain yang berbeda total. Terus Filano buat membidik siapa ? apakah ingin main sendiri ? apa nggak takut justru ngobrak-ngabrik pasar Fazzio ?? Dan jawaban cak Steven Lugas….

iklan iwb

” Filano diracik untuk mengganggu pasar Vespa, itu targetnya. Jadi judule ganyang Vespa kangmzzz…” seru terkekeh bikin IWB juga ketawa. Waaahhh, ini menarik cak. Sebab omongan doi sebagai owner dealer pasti ada alasan khusus, tidak mungkin muncul sendiri tanpa ada brief dari pusat. Tapi soal itu memang hanya mereka yang tahu. Toh artikel ini IWB kutip hanya dari obrolan ringan yang tidak ada tujuannya interview, melainkan hanya obrolan kopdar biasa. Dan IWB bisa tangkap….target Yamaha Filano adalah mencuri porsi kue Vespa yang memang besar…

Nahh…dari sini kita stop dulu…kutipan artikel diatas sampeyan cermatin secara seksama. Apakah dengan kondisi tsb AHM diuntungkan ? apakah artikel ini juga membuat Honda gembira ?? jawabannya blas babar pisan cak…nggak ngaruh buat AHM dengan Scoopynya. Karena posisi mereka tidak akan tergoyahkan oleh kehadiran Filano sekalipun, tidak akan ngaruh pada segmen dikelas 21 jutaan. Bahkan percaya atau nggak kehadiran Fazzio pun tidak nyentil sama sekali penjualan Scoopy. Kondisi tersebut ditegaskan cak Saman owner Putra Rinjani (Jatim) yang menegaskan bahwa penjualan Scoopy malah naik. ” Nggak ngaruh, Scoopy tetap diburu dan pesanan membludak…inden banyak…” serunya ke IWB mengomentari kehadiran Fazzio. Artinya apa ?

Yamaha punya alasan khusus yang IWB nggap justru cerdas yakni differensiasi. Yamaha realistis dan paham jika membenturkan produk yang identik dan sekelas, rasanya seperti memberi garam ditengah lautan. Sampeyan pikir kenapa Yamaha sampai memberikan motor dengan kubikasi lebih besar namun harga mepet Honda kalau tujuannya bukan memberikan “value” atau nilai lebih. Intip saja..Scoopy dengan mesin 110cc dijual 21 jutaan sedang Fazzio dengan mesin 125cc hybrid harga 22 jutaan. Ediann to Yamaha. Tapi kenyataannya effort tsb pun tidak serta merta berhasil….

Terus kenapa Fino tidak diterusin dan malah lari dengan produk dan konsep desain berbeda ? Karena akan melelahkan cak. Effortnya terlalu besar jika ingin menjungkalkan Scoopy dengan produk serupa. Malah menghabiskan energy mengingat nama besar Scoopy yang sudah terbukti durable selama lebih dari 1 dekade. So…jalan cerdasnya adalah racik motor dengan konsep berbeda walau sama-sama retro yakni Fazzio dan Filano. Nah…sekarang kembali ke tema, Kenapa Yamaha Grand Filano enggan disandingkan Scoopy ? simak penuturan cak Steven Owner Yamaha SBW berikut ini..

” Yamaha pengen Filano ditarik dipasar diatasnya…jangan dibenturkan pasar dibawahnya. Karena jika itu dilakukan Otomatis akan mengangkat nama Filano sebagai matic retro premium bukan classy Yamaha dikelas 20 jutaan. Makanya target bidikannya adalah pasar Vespa bukan Scoopy (paling murah Vespa 40 jutaan). Kalau Scoopy…udah deh, jangan dilawan karena punya pasar sendiri..” serunya terkekeh. Nahhh…wis clear yooo. Lawong justru pemilihan target market ini guna mengangkat nama Filano pakde….jadi ogah disandingkan dengan skutik retro yang lebih murah dibawahnya…ngono. Tapi emang kok, kalau lagi ngobrol dengan teman-teman dealer, Scoopy tuh terlalu tangguh..no debat soal itu. Jadi piyee manehhh wkwkwk…

Last…tidak ada penggiringan opini dalam artikel karena tidak usah digiringpun Scoopy memang super laku dikelasnya. Dan bahkan sekelas owner dealer Yamaha pun mengakui ketangguhan Scoopy…bukan IWB lho ya. Tentu saja diluar plus minus motor retro Honda tsb, Scoopy memang menjadi benchmark sebuah keberhasilan pabrikan dalam memaintain market hingga terus terjaga menjadi penguasa. Nggak mudah lho cak karena mempertahankan jauh lebih sulit dari pada meraih. Intip saja Mio ataupun Vixion yang tumbang setelah bercokol sekitar selama beberapa tahun menjadi penguasa. So….Kenapa Yamaha Grand Filano enggan disandingkan Scoopy ? justru biar nama Filano memiliki image premium classy karena lawannya Vespa. Fansboy piyeee….wis mudeng oraa ? nyampe ora kiee wkwkwk…(iwb)

21 COMMENTS

      • Berdoa saja mas yg Istiqomah insyaallah brojol keluaRRR xsr250 nya omcak mas.
        Jangan lupa terusan koco-koco di kala panjatkan doa-doa 250cc Yaqin deh yaqin pasti keluaRRR

    • Yahampasss itu bermain diGudang sendiri. Semua Jualan Yahampasss itu masih ditangani oleh Mbeat sendiri mueeeehehehehhehehe

      • Ganyang jangan kasih kendor femzboy beyeh cakkk….. rasain noh beti beye hore-hore di emperan ingdong mankret 🤣 wkwkwkwkwk 😂 kesian deh luh digepret pario mbit auto kodzel-kodzel ckckckkk 🤣🤣🤣🤣

  1. Menurut saya Filano ini bagus buat memancing Vespa menurunkan harga jual karena Vespa sudah mendirikan pabrik di Indonesia.
    Masih ingat dgn jawaban Vespa yg tidak akan menurunkan harga padahal udah punya pabrik di Indonesia, jelas The Dreamers of Vespa yg pengen Vespa tapi kepentok harga mahal jadi kecewa & harus bersabar lagi buat nabung.

    • Si Grendel aka fiNo+ la ditengah nasibnya akan sama dengan Paijo Panjul ngibrit.
      Cuma keliatan 3-4 biji seminggu dijalanan.
      Mesin jahit berjalan Sincere hasil kanibal part2 produksi tahun kadaluarsa di bungkus ulang dengan balutan Plastik mainan pasar Gembrong.
      Grendel dilahirkan dengan menyuntik Mati 4 saudaranya , disinyalir umur Paijo Panjul dan si Grendel juga gak akan lama
      Mueeeehehehehhehehe

    • Dah gak berani nantang onhda cakkkk
      Wkwkwkwkwk 😂😂 kesian deh luh ploooo kmploooo rosifumo dweller di gudang 😂🤣 hahahaha

  2. Klo liat desainnya Filano mirip2 vespa, bini saya yg ga tau motor pun saya sodori gambar Filano ini, dia bilang kayak Vespa. Dan saya ikut setuju itu. Klo dibanding scoopy rasanya kurang pas, meskipun mungkin sama2 bertema neo classic..
    Dan ini mungkin solusi cerdas, buat mereka yg pengen vespa tapi ga sanggup duitnya. Ibaratnya pengen Vespa versi murah, gpp beli ini dapet baru, meskipun dapet Vespa KW super..
    Hehehe..

  3. saran aja ya cak kepada yamaha balikin lagi kualitas diasilnya pas jaman vixion yang kode blok 3c1 cak karena blok yang kode 3c1 itu sudah terbukti ketahanannya enggak seperti diasil2 yang jaman sekarang ini.

    • Harus minta sama yamaha jepang dong, kan 3C1 buatan Yamaha Jepang. Toh yg 2PV menurut saya sudah bagus kok blok silindernya di banding 1PA.

      Kan R15 V3 dan R15 V4 pakai nya blok 2PV cuman head silindernya BK6 😁

  4. ya emang sih, filano fazio ya saingannya untuk yang demen sejenis vespa
    atau piagio

    nah kalau saingannya sekupi ya ada si fino
    dari desgn dan model juga mirip2

    tapi tetep sih sekupi paling banyak, yang baru aja dah banyak ketimbang fazzio

    ya mungkin dealer honda banyak yang penting laku terjual mau beli cash atau credit, ketimbang dealer yamaha yang masih menerapkan makrup harga atau penggiringan ke kredit kl mau beli motor

  5. paijo kurang greget, penetrasi market cukup bagus, tapi kurang kenceng, bagian kepala segera direvisi deh, sebelum market jenuh,

  6. Niatnya sih nyaingin Vespa……
    Udah jelas kelas nya Genio….
    Malah harga Filano nyaingin harga Vario157cc ?

    Ah sdh lah konsumen sdh tau….

Comments are closed.