iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…siapa nggak tahu CFMoto. Pabrikan yang lekat dengan brand KTM dan telah memiliki hubungan dekat sejak 2013 tersebut makin agresif. Kolaborasi yang terus terjaga hingga sekarang. Terbukti pabrikan China tersebut menggunakan mesin KTM untuk model 800 MT, 700 CL-X, dan grand tourer 1250 TR-G. Dan yang terbaru kini ternyata CFMoto mencoba berdikari dengan mengajukan paten untuk racik mesin V4 Superbike. Woww….

Perusahaan Cina ini memang agresif cak. Sebagai informasi CFMoto tidak hanya melakukan debut Kejuaraan Dunia Moto3 pada tahun 2022, tetapi juga meluncurkan konsep SR-C21 pada November 2021. Pada April 2022, CFMoto membuka pemesanan untuk model 450SR. Wis puas sampai disitu ? oraaa cakkk. Karena CFMoto juga memiliki ambisi lain yakni meracik mesin besar. Fakta ini terendus dari langkah mereka yang mengajukan paten meracik mesin V4 yang diduga bakal sangat powerful. Woww….emange bisa tembus berapa HP ??

Menurut outlet Jerman Motorrad, CFMoto mengajukan permohonan paten untuk superbike bertenaga 1000cc V4 pada Juni 2022. Mesin ini berpotensi bersaing dengan pabrikan Jepang dan Eropa karena diduga mesinnya berkisar 204bhp-nya. Namun, pertanyaannya tetap…apakah CFMoto mengembangkan mesin ini sendiri atau mengambilnya dari pabrikan lain seperti KTM ? Sebuah konsep yang telah ditinggalkan oleh sebagian besar pabrikan terkenal – kecuali Ducati dan Aprilia – mengingat biaya dan kerumitan mesin jenis ini. Soal ini memang belum bisa dikonfirmasi cak….

iklan iwb

Yang pasti berdasarkan gambar di paten ini, mesinnya adalah V4 dengan sudut kemiringan terlihat seperti 75°, mirip dengan mesin KTM di Super Duke dan Super Adventure, meskipun pada prototipe MotoGP saat ini pabrikan Austria menggunakan konfigurasi 90° V4 (hingga 2017 sudutnya adalah 75°). So…ada kemungkinan pabrikan China mengandalkan teknologi mesin Austria untuk membuat V4-nya, judule share teknologi cak….berbagi pengetahuan dengan mitra China-nya…mungkin lho ya…

Last…semua memang masih berupa gambar paten yang belum tentu berubah menjadi masspro. Akan tetapi sangat menarik ketika pabrikan Cina sudah mulai berani berkompetisi dikelas yang mengumbar power. Sejauh ini perkembangan teknologi mesin memang terus melesat cak khususnya pada merk non Jepang atau Eropa. Intip saja bagaimana Hero mampu menjadi jajaran kelas atas di Rally Dakar. Kita lihat saja perkembangan selanjutnya….(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

3 COMMENTS

  1. Indonengsa cumak bagh beughh bagh beughh….jambakan kuntilanak kek…..torsi mumpuni kek….bantingan ciamik kek…..
    Hobi berdoa dan nge-vlog
    China mah rajin membaca firman Allah yang terhampar tak berbatas di alam semesta sehingga kapable bingitz melahirkan produkts yang bermanfaat bagi banyak umat manusia di dunia yang fana ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here