iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…. Yamaha Grand Filano 125 resmi diluncurkan di tanah air melengkapi classy family Yamaha. Kelahiran Retro klasik yang memiliki desain keren ini sepertinya cukup menjanjikan dari Sisi design. Akan tetapi ada beberapa pertanyaan yang dilontarkan tentang mesin yang diusung khususnya dibandingkan dengan Fazzio 125. Karena walaupun mengusung mesin yang sama yakni 125 cc SOHC 2 katup hybrid… Ternyata powernya lebih kecil dibandingkan Fazzio. Pertanyaannya kenapa demikian ?

Jika kita membongkar spesifikasi Yamaha grand Filano maka sampeyan akan menemukan bahwa motor klasik Yamaha ini memiliki power yang sedikit lebih kecil dibandingkan dengan Yamaha Fazzio. Sama-sama mengusung mesin murni 124,86 cc SOHC 2 katup hybrid… Yamaha Grand Filano mampu memuntahkan tenaga hingga 6,1 [email protected] RPM atau setara dengan 8,2PS. Sementara untuk Fazzio powernya diangka 6,[email protected] RPM dan sama dengan 8,4PS. Tipisss cakkk…bener-bener tipis. Lalu untuk torsi sama-sama diangka 10,4Nm….

Tidak hanya itu, ternyata untuk Bobot Yamaha Filano juga lebih berat dibandingkan dengan Fazzio. Jika Filano tembus 100kg…Fazzio hanya 95kg. Yang menarik walaupun bobotnya lebih berat ternyata Fazzio memiliki kapasitas bbm yang lebih besar yakni 5,1 L. Bandingkan Filano yang hanya 4,4 L. Fix… Soal adu spesifikasi dalam beberapa aspek ternyata Yamaha Fazzio mengarahkan secara mutlak Filano. Lhooo….tapi kenapa harganya jauh banget bedanya ? kenapa Filano jauh lebih mahal ?

iklan iwb

Eittt tunggu dulu. Sebab walaupun dalam beberapa aspek Filano kalah mutlak dibandingkan dengan Fazzio, skutik yang menggunakan basis mesin dan kaki-kaki serupa tersebut banyak memiliki keunggulan dari Sisi lain. Intip saja penerangan lampu yang sudah mengadopsi ALL LED. Hal ini beda dibandingkan dengan Fazzio yang masih menggunakan bohlam biasa pada lampu belakang dan juga lampu sein. Yang kedua adalah kapasitas bagasi yang luar biasa besar….

Jika Yamaha Fazzio memiliki bagasi sekitar 17,6 liter….Filano tembus di angka 27 L. Selain itu motor ini juga sudah dibekali dengan speedometer TFT LCD dibagian bawah. Kesannya jadi terasa lebih mewah. Dan yang terakhir jelas adalah design yang lebih fresh dan terasa European look. Memang jika hanya membandingkan fitur Yamaha Filano terasa overprice dibandingkan Fazzio. Akan tetapi positioning yang dipilih Yamaha sepertinya sedikit berbeda. Filano dianggap sebagai representatif Classy Metik premium Yamaha kelas 125 cc…

Last… Jika diadu head to head perbedaan antara Filano dan Fazzio memang tidaklah signifikan. Bahkan dalam beberapa aspek motor yang dijual di angka 21 jutaan termurah tersebut terasa lebih value. Akan tetapi jika sampeyan mencari skutik dengan design Retro modern tanpa membandingkan spesifikasi mesin…. Perbedaan 6 juta tidak akan membuat kita berfikir untuk membatalkan pilihan dari Filano ke Fazzio. Karena dari opini pribadi desainnya jauh lebih matang, mewah serta keren filano. Kalau sampeyan sendiri piye cak…Fazzio 21 jutaan atau Filano 27 jutaan ? Pilih mana ? Monggo berikan opini dan pendapat nya…gazzz (iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

13 COMMENTS

  1. Comment-2 lucu…diminta pilih Filano ato fazzio jawabannya aneh aneh….tapi ya memang suka suka aja sih
    Ane kalo disuruh milih ya tetap Grand Filano…banyak yg bilang overprice dsb….tapi nanti pasar yg akan membuktikan

  2. Filano vs Fazzio , yang menang Genio Cak, Scoopy (157,9cc) makin pede…

    Mustinya yamaha release all new Fino 2023 115cc…

  3. Aku naksir spakbor depane Cak apik iki, bisa gk ya dipasang di Fazzio? Mas Ipan coba tes spakbor depan Filano pasang d Fazzio.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here