iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….menyambung artikel sebelumnya berjudul Hot update !! Kawasaki New ZX-4R Moulding Unit, fix bukan omong kosong !!!, kini yang terbaru isu menyeruak dari ujung Jepang bahwa ternyata ZX4R ini sudah menunjukkan polanya akan menjadi mesin 400cc The Most Powerfull ini clas. Konfirmasi tersebut dilayangkan Youngmachine yang secara berani memberanikan analisanya betapa seramnya power ZX4R nanti. Bahkan jika saat IWB intip dari artikelnya, media kondang Jepang tersebut menuturkan beberapa alasan yang menguatkan bahwa New Kawasaki ZX4R mesinnya bakal setara dengan mesin 600cc. Waaahhh seriusss ? simak detil artikel YM dibawah ini…

Di Jepang sudah beredar isu sangat kuat bahwa power New Kawasaki ZX4R bakal masuk dikisaran angka mencengangkan yakni 75PS. Ini sebuah angka yang bahkan ditempati mesin 800cc untuk tahun 1980-an bukti bahwa teknologi makin berkembang. Pertanyaannya…mungkinkah angka tersebut dicapai pada New Kawasaki ZX4R ??

Dengan teknologi..pengetahuan yang lebih mumpuni dan kelistrikan yang makin yahud secara teori memang bisa. Seperti yang kita tahu ZX-25R 4-silinder 250cc, yang dikabarkan menjadi basis ZX-4R, memiliki rasio kompresi 11,5. Kompresi tersebut diseting agar bisa menenggak bensin biasa (RON rendah). So…dengan mengangkat kompresi termasuk kubikasi dll, secara umum bakal mampu mengatrol power cukup besar. Ingat cak…iki mesin 4 silinder yang lebih fleksibel soal top end..

iklan iwb

Tentu saja, penting juga mengatur nilai bore dan stroke untuk putaran tinggi. FYI…Replika Kawasaki 400 ZXR400 di tahun 90-an adalah 57 x 39mm, sedang, bore dan stroke ZX-25R adalah 50 x 31,8mm. Dengan asumsi bahwa benar lebih dari 70ps, desain mesin ZX-4R harus sangat berbeda dari ZX-25R dalam hal rasio kompresi, bore dan stroke. Masalah penting lainnya adalah regulasi gas buang. Tentunya kendaraan yang akan dirilis di masa depan harus lolos dari regulasi Euro 5 ….

Last….untuk membuat ZX4R powerfull memang tidak mudah karena karakter masing-masing kubikasi berbeda. Dengan mesin 400cc 4 silinder Kawasaki harus meracik ECU yang lebih canggih pastinya karena segala kontrol dan ledakan mesinnya berbeda. Apalagi sasis yang dipakai nanti isunya mengambil basis dari ZX25R yang tentunya dibarengi sedikit pengembangan minor agar frame tetap rigid dan menyenangkan dikendarai. So…mesin terbaru ZX4R ? prediksi sementara bakal tembus diangka 75PS yang ini artinya bakal mengalahkan mesin 600cc 2 silinder yang seringkali hanya dikisaran 65-70PS. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya perihal New ZX4R…seruu kieee (iwb)

20 COMMENTS

  1. Suka sek beli kemudian.
    Insyaallah bisa buat gawe latihan supersport race ke depan. Sekadar hobi just for kick, bikos ora suka kompetisi.

  2. Kemaren gw sarapan soto ayam di Bintaran bareng sama orang yang nunggang ZX25RR. Jadi gw tau suaranya gimana. Keren sekali motornya cuiy. Ngebikin sapa aja yg liat jadi pengen nyoba dahh

  3. Mo beli tapi gak ada uang. Bagaimana biar uang segera datang keluar ???
    .
    Koco-koco dulu …….. Hey heyyy

  4. Standar lah power segitu .
    250 1 cyl Hnd – Ktm d moto3 aja dah 55-60 hp , kalo d bikin 4 cyl gmn coba

  5. Kalau ngikut bore x stroke lama 57×39, kompresi bisa jadi malah naik ke 1:12.5 bahkan 1:13 kalau kawi mau ngejar target power 70PS lebih, tapi rasanya g mungkin refer ke zxr400 lama karena ubahan di blok bawah bakal terlalu banyak seperti main crankshaft, engine balancer, bearing yg diameternya harus lebih besar/berat dimensinya, bila dibandingkan dengan engine zx25r yg sekarang. Otomatis mengebiri max rpm dan ujung2nya power ga tercapai segitu. Kecuali kalau kawi konservatif target power di maksimum 65PS. Power max di rpm tinggi >13000 rpm hanya mungkin bila stroke piston lebih pendek dan bore lebih besar.

Comments are closed.