iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….ini adalah hari yang bersejarah bagi IWB karena untuk pertama kalinya selama Iwanbanaran eksis di roda dua tanah air dipercaya untuk Dakar untuk menghadiri event akbar mereka. Sebuah event terkenal dan memiliki prestige luar biasa tentu akan IWB share kesampeyan semua pengunjung warung ini. So…Hari ini IWB bertolak ke Arab Saudi hadiri undangan Rally Dakar, warung Autopilot !!

Reli Dakar (atau hanya “Dakar”; sebelumnya dikenal sebagai “Reli Paris–Dakar”) adalah reli tahunan yang diselenggarakan oleh Amaury Sport Organisation. Sebagian besar rally sejak dimulainya tahun 1978 digelar dari Paris, Prancis, hingga Dakar, Senegal, tetapi karena ancaman keamanan di Mauritania, yang menyebabkan pembatalan reli tahun 2008, acara dari tahun 2009 hingga 2019 diadakan di Amerika Selatan. Baru Sejak 2020, reli pindah ke Arab Saudi. Acara ini terbuka untuk entri amatir dan profesional, amatir biasanya berjumlah sekitar delapan puluh persen dari peserta….

Reli sendiri adalah acara ketahanan off-road. Medan yang dilalui peserta termasuk ekstrim dan serem serta jauh lebih sulit dibandingkan reli konvensional,. Karena rute yang dilewati bakal melintasi bukit pasir, lumpur, bebatuan, dll. Jarak setiap tahap yang ditempuh bervariasi dari jarak pendek hingga 800–900 kilometer (500–560 mil) per hari. Cobaaaa…kenthirrr oraaa jall…

iklan iwb
iklan iwb

Nah…khusus untuk motor, peraturan awal Dakar 2005 membatasi mesin maksimal 450cc untuk motor dua silinder…..sedang motor 1 silinder bebas. Namun pada 2011, batas kubikasi motor yang berkompetisi di Reli Dakar adalah 450cc. Mesin bebas menggunakan konfigurasi 1 atau 2 silinder pokoke maksimal adalah 450cc. Peserta sendiri dibagi menjadi dua kelompok yakni “Elite” (Grup 1) dan Non-Elite (Grup 2). Lalu yang terakhir dibagi lagi menjadi dua grup yaitu “Super Production” (Grup 2.1) dan “Marathon” (Grup 2.2) . Peserta “Marathon” tidak diizinkan untuk mengubah komponen utama seperti mesin (termasuk ruang silinder dan kepala silinder), rangka, garpu atau swing arm. Sementara untuk kelas “Super Production” dan “Elite” diperbolehkan melakukan perombakan komponen….

Dakar adalah hal baru bagi IWB karena biasanya kita fokus pada balap sirkuit. Namun ketika disodori sebuah konsep Rally Raid dimana peserta bebas memilih jalurnya sendiri tanpa dipatok jalur fix seperti halnya rally biasa, jelas undangan yang dikirim resmi oleh Dakar via Motul Indonesia ini membuat IWB exciting. Rute yang IWB kunjungi sendiri nanti adalah Jeddah (Jakarta – Arab Saudi by Garuda) dan menginap di Clarion Hotel, lanjut ke Riyad….dan cukup padat cak. Yang asyik IWB juga ada jadwal melihat dari dekat trek Dakar, termasuk situasi Club Bivouac + Dakar Activities serta makan malam di Dakar club….

Last….perwakilan KOEL dari Indonesia dikirim hanya 3 orang yakni Ziko (Garasi Drift), Cak Jeje (Jejelogy) dan representatif roda dua hanya IWB. So…pastinya IWB exciting cak. Oh ya…dalam sejarah Dakar, KTM telah mendominasi roda dua dalam beberapa tahun terakhir, meskipun Honda, Yamaha, Sherco, Husqvarna, dan Gas Gas juga bersaing saat ini. BMW dan Cagiva juga menikmati kesuksesan di masa lalu. So…warung autopilot, tunggu report IWB dari ujung Timur Tengah, gazzzz !! (iwb)

7 COMMENTS

  1. Jadi ingat th 1991 Tinton Suprapto ikutan Rally Paris Dakar. Sayang habis itu nggak ada yg ikutan lagi

Comments are closed.