iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….opo oraaa nyesek ketika mendengar bahwa Suzuki akan menghancurkan motor luar biasa Suzuki GSX-RR 2022. Motor yang luar biasa karena berhasil menutup Performa mereka dengan sangat manis lewat kemenangan luar biasa MotoGP Valencia. Alex Rins tak tersentuh dari awal hingga akhir. Namun semuanya tidak membuat Jepang urung membuang niatnya untuk menghancurkan GSX-RR 2022. Weladalaaahhh….iki kesurupan po piyeee ? ora cak…emang demikian……Motogp bike tersebut akan discrap bersama kenangan yang luar biasa dimusim 2022. Yang menjadi pertanyaan kenapa hal itu dilakukan…apa alasannya ?

Suzuki menutup musim ini dengan hasil yang luar biasa karena mereka mampu mengoleksi kemenangan dengan jarak hampir 4 detik pada balap Valencia di 6 November kemarin. Alex tak tersentuh bahkan Ducati yang terkenal tak terkalahkan juga tidak mampu berbuat banyak. Motor buatan Hamamatsu Jepang tersebut menjadi Kampium dan menutup kenangan terakhir mereka di MotoGP dengan sangat manis. Namun… seluruh pencapaian tersebut ternyata tidak serta merta membuat niat Suzuki berubah….

Mereka memastikan akan menghancurkan MotoGP bike GSX-RR 2022 setelah konfirmasi mundurnya Suzuki di MotoGP mulai tahun depan. Jelas ini adalah cerita yang sangat mengejutkan mengingat betapa luar biasanya mesin tersebut. Bahkan Suzuki dianggap jauh lebih baik dibandingkan dengan pabrikan Jepang lain yang menganut mesin serupa yakni Yamaha. Yamaha dianggap bagus karena Fabio effect jika Suzuki tidak. Bocoran akan dihancurkannya motor Suzuki GSX-RR di dengungkan oleh mantan manajer Suzuki Ecstar Livio Suppo….

iklan iwb

” Tidak semua memang karena sebagian akan dikirim ke museum Suzuki. Namun sebagian (GSX-RR) lainnya akan dihancurkan bersama dengan suku cadangnya. Sebenarnya semua pabrikan Jepang lainnya juga melakukan hal yang sama. Alasannya adalah pajak karena jika tidak motor akan dianggap masih aktif dan harus membayar pajak yang lumayan besar. Karena sudah tidak digunakan lagi maka mereka memilih untuk menghancurkan semuanya…” seru Suppo. Waaahhhh kok tragis yo cak, pertanyaannya memang berapa pajak yang harus dibayar oleh pabrikan jika motor tetap tidak dihancurkan ?

Isu yang masuk sekitar 20% dari harga motor. Ini artinya jika kita kalkulasi harga motor mencapai 30-40 Milyar…. Berarti Suzuki harus membayar 8 Milyar/tahun. Angka yang fantastis dan itulah yang dihindari oleh pabrikan Jepang. Yang menarik cak…. Berita akan dihancurkannya GSX-RR membuat Alex Rins gelisah dan ingin sekali memiliki motor tersebut. Konfirmasi juga dilayangkan oleh Rins yang secara langsung meminta GSX-RR bahkan harus membayar sekalipun…

” Aku sudah memintanya namun mereka memberitahu kudu dibeli. Jika aku memiliki kesempatan dan Ijinkan aku sanggup untuk membelinya…” serunya. Sebenarnya Suzuki sudah memberikan GSX-RR versi 2020 buat Alex Rins. Motor tersebut diserahkan pada Juli 2022 kemarin dan kini sudah nongkrong di rumah Alex di Andorra Spanyol. Setelah meraih dua kemenangan balapan lagi untuk pabrikan Jepang tersebut, pembalap LCR Honda saat ini menyatakan keinginannya untuk menambah GSX-RR 2022 ke dalam koleksinya….

“ Yang aku miliki sekarang adalah GSX-RR versi 2020 jan aku ingin menambah koleksiku. Aku sudah memberi tahu [Shinichi] Sahara pasca balapan Valencia selesai, untuk memilikinya. Tetapi dia mengatakan bahwa itu tidak mungkin dan masalah itu harus dibawa ke Jepang..” tutup Rins sedih. Rins berharap setidaknya satu nomor 42 GSX-RR selamat dari pembersihan, terutama setelah Rins membantu mengembangkan proyek GSXRR selama lima musim terakhir. Semoga saja cak….tragis tenan euy kalau nggak bisa diselamatkan….(iwb)