iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….buanyakkk yang penasaran dan memang luput dari perhatian, sebenarnya berapa kali sih rantai Motogp diganti selama race. Mengingat rantai adalah komponen kunci yang tidak bisa diremehkan. Apalagi dengan motor yang begitu besar tenaganya rantai dipandang “core” diluar ban ataupun mesin. Nah…untuk menjawab pertanyaan tersebut IWB langsung tanyakan kepada ahlinya seperti apa rantai Motogp… Dan berapa kali diganti pada saat Race pada pejabat tinggi Regina Chain. Dan inilah jawabannya…

Ada beberapa pertanyaan yang IWB lontarkan pada Frederico (Regina Chain) perihal rantai MotoGP. Sebagai pejabat yang terlibat langsung dalam dunia racing MotoGP Frederico memastikan bahwa rantai yang diracik memang khusus. Ada beberapa poin yang terpenting adalah…. Rantai harus minim gesekan karena itulah kunci performa motor bisa Tersalurkan dengan baik. Untuk menggali tentang rantai tersebut IWB melakukan sesi Podcast dengan Frederico. Hasilnya ? banyakkkk pengetahuan yang bisa kita gali. Berikut hasil interview iWB :

IWB : Aku dengar rantai MotoGP adalah hand made atau buatan tangan, apakah itu benar ?

iklan iwb

Frederico (Regina chain) : Betul banget karena ada beberapa komponen yang tidak bisa dijangkau oleh robot. Di sini peran manusia sangat besar. Karena setiap komponen memiliki tingkat toleransi yang sangat minim dan memang harus demikian. Khususnya Regina kami menggunakan seal yang sangat tipis untuk Motogp. Seal tiap sambungan menggunakan komponen khusus sehingga kuat dan minim gesekan serta rantai mampu menterjemahkan power dari crank ke roda dengan baik. Dan itu semua dipasang dengan tangan bukan robot..

IWB : Apakah secara material rantai MotoGP berbeda dibandingkan dengan motor harian?

Frederico (Regina chain) : Soal material, percaya nggak bahwa material yang kami gunakan di MotoGP sama dengan yang kami gunakan untuk Rantai Regina harian. Hanya saja ada sedikit perbedaan karena rantai harian harus tahan lama bisa sampai di atas 30000 km. Sementara di MotoGP tidak…

Di MotoGP kalian harus fokus pada Performa only, life time nomer sekian karena rata-rata rantai MotoGP digunakan hanya maksimal 2000 km. Walau tentu saja kami tidak berani mengambil resiko. Biasanya setiap 500 km sudah kita ganti baru karena tidak ada kompromi di MotoGP..

IWB : Ini artinya apakah tiap sesi selalu mengganti rantai ?

Frederico (Regina chain) : Oh tidak… Rantai diganti setiap seri. Jadi pada saat free practice pertama dan kedua….saat sesi kualifikasi dan bahkan Race akan menggunakan rantai yang sama. Kecuali terjadi Crash yang membuat motor jatuh ke Gravel maka kami tidak berani mengambil resiko dan kita ganti baru. Sebab ketika sudah ada kerikil masuk ke dalam seal sambungan, menurut kami tetap beresiko. Oleh karena itulah rantai tetap digunakan pada satu seri kecuali jika terjadi sesuatu yang di luar normal…

IWB : Kalau boleh tahu berapa harga rantai MotoGP ?

Frederico (Regina chain) : (Tersenyum) pertanyaan yang bagus namun sangat sulit untuk dijawab…. Sebab nilai tersebut sangat mahal. Sayang aku tidak bisa mengatakan secara nominal tapi bisa aku pastikan bahwa harganya memang mahal…(tersenyum)….

Yess… Itulah sekilas informasi buat sampeyan semuanya tentang rantai MotoGP yang luput dari pembahasan di seluruh media ataupun YouTube. Dengan mendapatkan informasi langsung dari sumbernya jelas ini adalah sebuah pengetahuan dan ilmu yang sangat berbeda. Kita bahas tema lain pada next artikel….(iwb)

 

1 COMMENT

Comments are closed.