iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…kegelisahan luar biasa dirasakan Marc Marquez yang melihat bahwa peran pembalap di Motogp semakin tersingkirkan. Konfirmasi ini dilayangkan Marc yang menyebut bahwa skill rider seakan seperti dikebiri dan itulah yang membuat Marc kuatir. ” Kita sedang menuju kearah sana (F1), motor dulu lebih manual tapi sekarang rider termanjakan. Electronic dan aerodinamika membuat Motogp seperti F1. Aku sudah peringatkan mereka (Dorna) karena balap roda dua rider harus tetap diutamakan…” cetus Marc. Waahh….

Seperti yang sampeyan ketahui….dalam beberapa tahun terakhir MotoGP telah mengalami perkembangan yang cukup besar dari sisi aerodinamika termasuk hadirnya hole shot pada motor. Untungnya mulai tahun 2023 hole shot depan dilarang dan ini juga membuat Ducati protes karena dianggap tidak sportif. Padahal dari sisi tontonan sekalipun…seluruh perangkat yang nempel pada Motogp sekarang dianggap mengurangi rasa seru akibat sulitnya menyalip saat race…

Marquez mengungkapkan bahwa dia telah menyampaikan keprihatinannya di komisi keselamatan MotoGP. Menurut Marc kini tiap seri berisiko menuju ke arah di mana pembalap hanya bisa mengandalkan electronic. Motor sekarang lebih mirip F1, dan itulah yang dikuatirkan Marc….

iklan iwb

“ Pembalap dan motor top saja yang akan mengisi posisi teratas pastinya. Tapi aku memang merasakan betul bahwa tiap tahun….mesin jadi lebih penting dibandingkan pembalap. Menurutku peran pembalap jangan sampai diambil alih dan itulah yang aku inginkan. Tapi sekarang tidak mungkin karena kalian bergantung penuh pada mesin. Sebagus apapun kalian secara skill tanpa motor yang sempurna tidak mungkin bisa menang…

Memang Motogp belum seperti Formula 1 yang jauh lebih ekstrim, namun kita sedang menuju kesana. Itulah yang kami harus hati-hati. Aku sudah mengatakan ke komisi keselamatan (Dorna dkk), bahwa kita harus berhati-hati karena pada akhirnya kita harus mempertahankan pembalap lebih penting daripada motor. Masalahnya sekarang semuanya lebih setara, karena batasnya adalah motor bukan skill pembalap….

Jika kamu diatas motor Motogp sekarang…kalian akan segera mengerti maksudku. Sebagai gambaran pertama kali aku di MotoGP, saat kalian menggunakan gear 4  masuk trek lurus, kalian tidak bisa seenaknya membuka gas penuh, karena motor akan wheelie, torsi yang meledak sangat besar sehingga kita juga harus mengatur posisi body.

“Sekarang, dengan Motogp bike kalian bisa keluar tikungan pada gear dua dan tiga secara pede…dibantu [perangkat] holeshot, aerodinamis, kalian bisa membuka gas lebar dan torsi penuh. Rasanya betul-betul seperti nyetir motor Moto3. Jadi, Motogp sekarang kurang manual. Itulah alasan aku sebut motor sekarang lebih setara. Padahal jika lebih manual seperti masa lalu maka kalian akan mudah melakukan kesalahan dan lebih sulit untuk mengambil keuntungan dari motor. Disinilah pembalap diuji karena selalu on limit….” tutup Marc…(iwb)