iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….sekarang ini dunia sedang dipush untuk garap motor listrik. Semua pabrikan demikian walau yang paling getol adalah produsen Cina. Namun sekarang Jepang mulai menggeliat contohnya Kawasaki. Hanya saja beda dengan pabrikan lain, geng ijo sangat fokus untuk meracik motor listrik powerful dengan label ZEV (electric vehicle) serta HEV (Hybrid electric vehicle). Nah….dari sekian informasi, IWB cukup tertarik dengan panel stang yang ternyata banyak tombolnya. Salah satunya adalah tombol ” Walk”….wahh buat apa ikii ??

Motor listrik memang beda dibandingkan bensin. Terkesan lebih kaya tombol cak. Seperti dishare Youngmachine kita akan menemukan adanya tombol Walk. Tombol ini juga muncul pada versi HEV. Jadi untuk ZEV dan HEV…dua-duanya ada tombol dan satu lagi cak….disebelah kanan ada tombol e Boost. Pertanyaannya…apa fungsi tombol ini ?

Jadi cak..untuk tombol Walk ini berfungsi menahan laju motor agar tidak membahayakan ketika berjalan dikepadatan lalu lintas. Karena dengan tenaga besar dan spontan, mesin listrik pasti membutuhkan bukaan yang presisi. Disinilah tombol Walk berperan, tinggal pencet maka seberapapun bukaan gas maka motor hanya akan berjalan pelan. Juozz tenan ki idenya. Yang kedua adalah tombol E-Boost…

iklan iwb

Sesuai dengan namanya, tombol disebelah kanan stang ini berfungsi untuk memberikan tambahan tenaga ketika kita melakukan overtaking misalnya. Jadi lebih ngacir cak. Yang menarik diarea kiri stang untuk Ninja HEV, kita menemukan tombol MT/AT. Khusus untuk Ninja HEV ternyata ada simulasi gear atau transmisi layaknya motor bensin. Jadi jika kita milih MT maka akan ada sensasi macam motor dengan transmisi, sedang AT masuk auto mode macam motor matic. Weladalahh boleh juga kieee cak…

Itu diluar mode mundur atau reverse yang juga hadir disana termasuk riding mode sport dan Eco serta select plus hazzard. Beberapa tombol lain adalah engine kill dan start. Jelas ini adalah sesuatu yang bikin penasaran karena memang Kawasaki menawarkan sesuatu yang berbeda. Motor listrik rasa sport dan biasanya jika sudah pabrikan Jepang terlibat, rasa dan feel ridingnya pasti berbeda lebih ” level up”. Ninja HEV ? IWB kok masih sulit menerima yo cak, lhaa piyee punya Green tukijo wae ganti knalpot biar gahar, lhaa iki malah senyap…amsyong tenan wkwkwk (iwb)