iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…. Sepertinya kelahiran Honda Forza 125 terbaru membuat teman-teman pada ngiler mengingat bodynya yang Bongsor dan keren. Tidak berlebihan kiranya karena Metik ini mengadopsi desain dari big matic Forza 350. Nggak heran banyak pertanyaan dilayangkan ke IWB…mungkinkah AHM merilis New Forza 125 untuk pasar Indonesia ? waahh hancur kalau benerrrr….

Seperti yang kita semuanya tahu…..Honda Eropa merilis Forza dengan kubikasi mesin yang lebih kecil dengan label Forza 125 versi 2023. Skutik ini menganut desain yang mirip dengan Forza 350 versi Thailand yang beberapa waktu lalu dirilis. Motor ini mengadopsi desain dengan lekukan tajam dan agresif pada bodinya cak. Menariknya, dual headlamp LED berdesain tajam telah tersemat mengingat sebelumnya motor ini menganut single headlamp dengan tiga reflektor. Honda juga menambahkan lampu DRL untuk versi terbarunya ini, sehingga terkesan lebih mewah….

Untuk sektor mesinnya, Forza 125 versi 2023 dibekali mesin 4 stroke 4 valve single silinder berkubikasi 125cc dengan sistem pendinginan cairan. Berkat mesin tersebut, motor ini mampu memuntahkan tenaga hingga 10.7 kW di 8750 Rpm dan torsi maksimal di angka 12.3 Nm di 6500 Rpm. Ketinggian jok Forza 125 berada di angka 780mm, kapasitas tangki bahan bakar mampu menampung hingga 11.7 liter bensin, transmisi menganut tipe CVT stepless transmission, dan untuk bobot motor mencapai 186 kg. Ediann abottt…

iklan iwb

Sekilas fitur….Forza 125 versi 2023 menganut fitur canggih yakni, lampu sein yang menyatu dengan spion, electric adjustable windscreen, Honda Selectable Torque System, smarkey system, USB Type C socket charger, dan Emergency Stop Signal. Sementara untuk pilihan warnanya cak, Honda Eropa menyediakan empat opsi warna diantaranya, abu-abu, biru, merah, dan satu warna special edition. Kuwi sekilas tentang New Forza. Yang menjadi pertanyaan… Dengan desain seganteng gitu mungkinkah AHM akan memasukkan dan memasarkan skutik ini ditanah air ?

Jika mengacu pada strategi pemasaran jelas semuanya tidak logis. Karena harga Forza 125 juga tidaklah murah. Motor ini dijual di Eropa dengan angka sekitar 55 jutaan. Sampeyan bayangkan berapa jika motor ini masuk ke Indonesia ? Dengan beban pajak impor serta CBU… Jelas harganya tidak bakal murah. Selain itu dengan mesin hanya 125cc, motor ini tidak bakal dilirik jika dimasukkan di tanah air. Di Eropa sendiri Forza 125 diracik untuk melawan XMax 125….lhaaa disini ? lupakan cak..

Last…. Secara bisa naik kelas 125 cc bakal hancurrrr jika Forza 125 masuk ke Indonesia. Tapi secara harga tentu saja kasusnya bakal berbeda. Tidak heran hingga detik ini pun IWB tidak mengendus sama sekali pergerakan AHM yang berniat memasarkan FORZA 125 di Indonesia. Bahkan jika boleh mendahului mereka tidak terpikir sama sekali mengenai Forza 125. Jadi biarlah Forza tetap berdiri ditempatnya dengan kubikasi 250 cc di Indonesia. So…Forza 125 ? coret cak….ora ono 😂 (iwb)