iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk… MotoGP memang selalu tidak pernah lepas dengan crash atau dlosor. Alasannya bisa karena teknis ataupun juga mencari limit motor. Dan dari sekian perhatian kita tentu saja adalah Marquez karena dimasalalu pembalap Honda Repsol ini memang selalu menjadi raja. Aku tetapi apakah daftar king of crash MotoGP masih dipegang Marc ? Inilah daftar raja dlosor musim 2022….

Secara total keikutsertaan sepanjang balapan Marc memang bukan yang paling banyak crash cak. Sebab Marc absen dalam beberapa seri sehingga posisinya digeser pembalap Yamaha Daryn Binder. Namun secara persentase ternyata Marc tetap menjadi rider dengan crash terbanyak di musim ini cak. Yup, jatuhnya pembalap MotoGP di trek memang menjadi hal biasa mengingat para rider berusaha keras untuk ngepush motornya hingga limit. Berikut ini beberapa rider dengan jumlah crash terbanyak sepanjang MotoGP 2022…

Marc Marquez menjadi rider dengan persentase crash terbanyak di musim ini, doi jatuh 18 kali dalam 12 akhir pekan MotoGP. Artinya cak, rata-rata crash rider asal spanyol tersebut berada di angka 1,5. Uniknya, jumlah crash Marc ternyata sama dengan musim sebelumnya. Kemudian rider dengan koleksi crash terbanyak musim ini dipegang oleh Darryn Binder (WithU Yamaha RNF MotoGP Team), dengan jumlah 27 kali crash dalam 20 seri MotoGP 2022. Jika di kalkulasi, rata-rata crash-nya berada di angka 1,35. Rider berikutnya dengan crash terbanyak yakni Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team) dengan catatan 23 kali crash sepanjang musim ini. Lalu di peringkat ketiga terdapat rekan setim Marc Marquez, Pol Espargaro yang mengalami crash sebanyak 21 kali.

iklan iwb

Berikutnya, ada dua rider dengan catatan crash 18 kali yakni, Enea Bastianini (Gresini Racing MotoGP) dan Johann Zarco (Pramac Racing). Lalu jumlah crash sebanyak 14 kali ditorehkan juara dunia musim ini, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team). Namun ternyata jumlah crash tersebut juga dicatatkan oleh tiga rider lain diantaranya, Aleix Espargaro (Aprilia Racing), Remy Gardner (Tech 3 KTM Factory Racing), dan Jack Miller (Ducati Lenovo Team). Selanjutnya rider dengan jumlah crash 12 kali dicatatkan oleh Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing MotoGP) dan Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu Team).

Tidak berbeda jauh, Joan Mir (Suzuki Ecstar Team) dan Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha MotoGP) mencatatkan 11 dan 10 kali crash sepanjang MotoGP 2022. Sementara rider berikutnya mengalami crash di bawah 10 kali cak yakni, Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing), Raul Fernandez (Tech 3 KTM Factory Racing), dan Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory Racing) yang sama-sama mencatatkan 9 kali crash. Kemudian Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team), Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP), dan Alex Rins (Suzuki Ecstar Team) mencatatkan 7 kali crash. Terakhir, Maverick Vinales (Aprilia Racing) mengalami kecelakaan paling sedikit yakni 2 kali crash…(RA iwb)

Raja Crash total musim 2022

Darryn Binder, Yamaha, 27 crash
Marco Bezzecchi, Ducati, 23
Pol Espargaró, Honda, 21
Alex Márquez, Honda, 21
Enea Bastianini, Ducati, 18
Marc Márquez, Honda, 18
Johann Zarco, Ducati, 18
Jorge Martin, Ducati, 15
Francesco Bagnaia, Ducati, 14
Aleix Espargaró, Aprilia, 14
Remy Gardner, KTM, 14
Jack Miller, Ducati, 14
Fabio Di Giannantonio, Ducati, 12
Takaaki Nakagami, Honda, 12
Joan Mir, Suzuki, 11
Franco Morbidelli, Yamaha, 10
Brad Binder, KTM, 9
Raúl Fernández, KTM, 9
Miguel Oliveira, KTM, 9
Luca Marini, Ducati, 7
Fabio Quartararo, Yamaha, 7
Alex Rins, Suzuki, 7
Stefan Bradl, Honda, 6
Cal Crutchlow, Yamaha, 6
Tetsuta Nagashima, Honda, 3
Lorenzo Savadori, Aprilia, 3
Andrea Dovizioso, Yamaha, 2
Michele Pirro, Ducati, 2
Maverick Viñales, Aprilia, 2
Kazuki Watanabe, Suzuki, 1