iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…seperti yang kita semua tahu Piaggio Group akhirnya mewujudkan visi langkah strategis industrialnya, yang diumumkannya tahun lalu. Yakni pabrik baru Piaggio Group yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat, telah mulai beroperasi demi melayani pasar Tanah Air dengan lebih baik. Pembukaan ini semakin mengukuhkan komitmen Piaggio Group di Indonesia, setelah eksistensinya yang luar biasa selama lebih dari 10 tahun. Namun yang menjadi pertanyaan…apakah dengan dibukanya pabrikan baru maka harga Vespa akan turun ?

Seperti yang kita semua tahu….Chief Executive of Product and Global Strategy of Piaggio Group, Michele Colaninno, bersama dengan perwakilan Piaggio Group, Piaggio Asia Pasifik, dan Piaggio Indonesia, disaksikan Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita, dan juga Duta Besar Italia untuk Indonesia, ASEAN dan Timor Leste, H.E. Benedetto Latteri, sukses melakukan seremoni peresmian pabrik terbaru Piaggio Group di Indonesia….

PT Piaggio Indonesia meresmikan pabrik baru di Cikarang, Jawa Barat. Pabrik menempati lahan 55.000 meter persegi dan memiliki kapasitas produksi 10.000 unit per tahun. Country Head PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega mengatakan, Piaggio Group punya komitmen jangka panjang di Indonesia. Untuk tahap awal, pabrik fokus memproduksi Vespa khususnya tipe LX 125 i-Get…

iklan iwb

Executive Vice President 2-wheelers Piaggio Asia Pacific, Gianluca Fiume, mengatakan, “Melalui peresmian hari ini, kita menyaksikan ekspansi strategis untuk Asia dan komitmen yang kuat untuk Indonesia. Pabrik baru ini menunjukkan bahwa Piaggio Group berkomitmen untuk terus menghadirkan pengalaman mobilitas premium ala Italia yang unik di Asia.” serunya. Konon Piaggio mengeluarkan biaya (investasi) 20 juta dolar AS (Rp 314 miliar). Keberanian mereka melakukan investasi sebesar itu karena Vespa laris manis di Indonesia. Yang menjadi pertanyaan, dengan status CKD nantinya tidak lagi CBU…apakah harga motor Vespa akan ikut turun ?

Soal ini ternyata Piaggio tidak menjawab cak. Namun dari sisi pribadi sepertinya sangat kecil kemungkinan harga turun karena positioningnya memang sudah disana. Jadi jika dikoreksi bakal membuat pemilik lama meradang. Artinya apa ? walau CKD dan secara pajak jauh lebih murah dibandingkan CBU, IMHO harga semua motor Vespa akan tetap sama alias tidak lebih murah dibandingkan sekarang. Kuwi yang bisa IWB share kesampeyan. Apalagi pihak Piaggio juga tidak mengumumkan perihal tersebut. Nahh…dari sini wis gamblang yo. So…Pabrik baru Vespa dibangun di Indonesia, harga motor akan ikut turun ? ojo ngarepp kangmzzz, bubar-bubar wkwkwk (iwb)