iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk… Beredar berita terbaru yang menyebutkan perusahaan Pierer Mobility akan mengambil alih 25 persen saham dari pabrikan MV Agusta. Perlu diketahui, Pierer Mobility adalah perusahaan induk dari pabrikan KTM, Husqvarna, dan GASGAS. Berita ini beredar beberapa waktu lalu setelah KTM Amerika Utara dikabarkan resmi mengakuisisi 25,1 persen saham MV Agusta di Amerika Serikat…

Mengacu pada siaran pers singkat yang telah digelar, kedua perusahaan tersebut sudah memberitahukan beberapa detil kerjasama yang akan dilakukan. Namun sepertinya kepemilikan saham di pabrikan MV Agusta bertujuan untuk menghasilkan motor sport eksotis dari pabrikan Italia tersebut cak. Mereka juga menjelaskan bahwa pasokan dan pembelian motor akan diambil alih Pierer Mobility untuk market tertentu. Dalam hal ini, KTM AG yang merupakan anak perusahaan Pierer Mobility akan mensupport rantai pasokan serta mengambil alih proses pembelian untuk MV Agusta. Dengan begitu, MV Agusta akan memasarkan seluruh produk motornya melalui Pierer Mobility yang tersebar di seluruh dunia.

Sebelumnya cak, Pierer Mobility telah mengakuisisi pabrikan Husqvarna dan GASGAS. Bahkan yang paling mencengangkan diakui oleh bos mereka, Stefan Pierer yang berniat untuk membeli Ducati. Sebagai informasi, Stefan Pierer membeli KTM yang bangkrut pada tahun 1992 dan mengubahnya menjadi pabrikan sepeda motor, yang berhasil menjual 270 ribu unit motor per tahun. Tentu KTM menjadi pabrikan motor yang sukses secara global setelah diakuisisi oleh Pierer Mobility. Mengingat sebelumnya, KTM adalah pabrikan yang memproduksi motor off-road dengan 150 karyawan dengan penjualan hanya 6000 unit sepeda motor.

iklan iwb

Selain itu, Pierer Mobility juga membeli Husqvarna dari BMW pada 2012 dan berhasil mengakuisisi pabrikan GASGAS yang bermarkas di Spanyol pada 2020. Tentu saja kangbro, kedepannya KTM bisa saja memposisikan MV Agusta untuk turun balap di kelas MotoGP atau menjalani branding di Moto2. Hal ini juga dilakukan KTM Group hingga pada MotoGP 2023, tim Tech3 GASGAS akan membalap di kelas MotoGP dengan ridernya, Pol Espargaro dan Augusto Fernandez….(RA iwb)

2 COMMENTS

  1. Gak kebayang, prinsip KTM tidak ada superbike, karena superbike berbahaya bakal membunuh F3 dan F4 di Mv Agusta.

Comments are closed.