iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…iki jenenge bikin penasaran. Lhaa piyeee…pagi-pagi kita sudah dikejutkan dengan gerakan Honda yang membuat kita sangat curiga. Gerakan yang mengarah pada kelahiran sebuah produk walau tentu semua bukan jadi acuan baku. Akan tetapi ketika sebuah pabrikan mendaftarkan paten kekayaan intelektual disuatu negara sudah bukan rahasia umum potensi produk tsb dipasarkan sangat terbuka. Dan inilah yang saat ini kita endus dimana diam-diam ternyata AHM daftarkan Bebek Super Winner-X di Indonesia, wowww…siap gempur tanah air ??

Seperti yang kita semua tahu, AHM sekarang masih memasarkan Supra GTR150 dengan desain yang mirip dengan Malaysia. Padahal di Vietnam mereka memiliki Winner-X dengan desain yang lebih jauh garang. Nggak heran IWB sempat bertanya dulu dengan pak Thomas Wijaya (Direktur Marketing AHM) perihal bebek super Vietnam tsb. Berikut sesi interview IWB dengan pak Thomas di 2019 lalu….

IWB : Seperti yang kita tahu Honda Vietnam sudah merilis Supra GTR 150 Facelift. Kira-kira Kapan dengan Indonesia?

iklan iwb

Pak Thomas : Menurut pendapat mz gimana cocok nggak jika dibawa ke sini. Model itu sesuai dengan selera Bikers Indonesia nggak ? (tersenyum)

IWB : Positif sih Pak. Rata-rata mengatakan bagus (berdasarkan berbagai komen sampeyan semua ki)

Pak Thomas : Yang dinilai positif apanya Mas ?

IWB : Desain pak, penerimaan dari sisi desain secara umum mengatakan bagus. Bentuknya oke

Pak Thomas : Bentuk yang mananya nih, depan, samping belakang? (weh kayak survei kecil-kecilan kiiieee :mrgreen: )

IWB : Overall bagus pak. Jadi gimana pak, kapan Supra GTR facelift dirilis di Indonesia ? (IWB belokkan lagi dengan pertanyaan awal)

Pak Thomas : Kita belum melihat produknya secara detil dan kita masih mempelajari konsumen Indonesia akan seperti apa. Customer Indonesia cocok nggak dengan desain seperti itu. Penggunaan bebek terutama dengan desain di bagian depannya ya

IWB : Maksudnya depannya yang lampunya pindah ke bawah itu ya ?

Pak Thomas : Ya kita lihat secara overall cocok nggak? kita masih study itu (tersenyum). Selain itu pasarnya berbeda. Di Vietnam bebek masih menguasai dibanding skutik. Jadi kita masih pelajari?

Nahhh…kuwi interview IWB masa lalu. Dilalah 3 tahun berlalu tiba-tiba kita digegerkan dengan gerakan HONDA Jepang yang mendaftarkan nama dan desain paten dari bebek Super Winner X 150 di Indonesia. Desain motor bebek terbaru Honda ini terdaftar dalam Berita Resmi Desain Industri No. 28/DI/2022 dengan nomer A00202201460 yang diumumkan Selasa, (4/10/2022). Desain motor ini didaftarkan oleh Honda Motor Co., LTD yang beralamat di Jepang. Weeehhh, edian juga kie. Yang menjadi pertanyaan…betulkah dengan HONDA melakukan registrasi Winner X 150 maka bebek super racikan Vietnam ini akan masuk Indonesia ? jawabannya bisa ya dan tidak. Maksude ?

Karena Pendaftaran registrasi kekayaan intelektual bukan menjadi acuan mutlak produk tsb akan dirilis dinegara tsb. Sebab bisa saja langkah ini hanya untuk melindungi desain asli agar jika ditiru ada pegangan yang kuat untuk melakukan tindakan hukum. Akan tetapi bisa saja memang ada hidden agenda yang disiapkan HONDA untuk menyiapkan jalan ketika project Winner X nanti dilakukan. Walau jujur cak soal ini dari terawangan IWB masih cukup lemah mengingat geliat project bebek super dari kacamata IWB masih jauh. Apapun itu mari kita tampung dan pantau terus. Seruu nih kalau bener…..semoga saja…(iwb)

30 COMMENTS

  1. kalo buat BOCIL ABABIL,
    yang METHAKIL,
    yang bisanya motor matic tanpa SKIL,
    yang kalo di jalan pating PECICIL,
    yang punya motor dibeliin ortunya NYICIL,
    yang sukanya keluyuran ngabisin pertalite subsidi rakyat KECIL,
    yang ban nya seukuran karet PENTIL,
    jelas LEBIH MILIH AEROX, ya kan CIIIL?

  2. mesin cb125 neo cafe yang overbore dibawa kesini sekalian. tinggal naikkan ukuran piston saja. mayan kan stroke 48.4 mm

  3. Mungkin bebek manual kopling gak sesuai di Indo cak…
    Kopling pilih sport sekalian
    Otomatis pilih matic sekalian
    Bebek lebih baik kopling otomatis, kecuali supraGTR dibikin otomatis lebih laku Cak….

    • setuju nih, bebek kopling otomatis aja mestinya, biar ga bentrok ma segment motor laki dan sport, toh memang motor dalam kota

  4. Desainernya orang thailand ya kayaknya. Kalo di vietnam sama malaysia bebek sport gini emang masi laku. Kalo disini kok miris penjualannya. Bisa2 ngga balik modal. Menurut saya cuman ngamanin biar ngga dicopy mocin si.

  5. Serius ini motor ganteng, market sharenya ada kan meskipun kecil, kecil ya karna ga update2 desain sih keknya jadinya jenuh. Dulu daripada cb150x apa ga lebih baik ini aja yang dirilis? Supra gtr ga laku ya karna ugly sih dibanding mx king yang sporty banget

    • namanya di Indo sedikit2nya market share klo dihitung quantity tetep aja buanyak…aplgi bensin makin mahal mkin bnyk orng beralih naik motor, smntra pilihan sudah mulai jenuh dgn model yg itu2 saja. Klo ini dipasarkan saya YAKIN masih lebih laku dibanding CB150X. Buat di dipelosok/daerah mtor moped/kopling masih laris krn lebih fleksibel buat menjelajah di segala medan.

  6. Kalo beneran dirilis disini dipertimbangkan untuk di beli karena yang model gtr yang sekarang jujur aja jelek.

  7. mungkin tuk menghindari plagiat desain tuk motor listrik di sini yg sdng marak belakangan ini cak, keren motor listrik klo punya desain kek winner X

  8. Auto beli sih. Faktor lirik matik juga gara gara desain, kalo desain bebek di update terus, yakin bakal laku laku aja sih

  9. Wah kalo beneran terus dijual dengan harga yg sama dengan supra GTR sekarang 24 jutaan atau 25 jutaan maka bener2 bikin celengan saya bergoyang cak! atau ada versi ABS dengan harga 27 jutaan.. duh.. mantep ho’oh tenan..!!!

Comments are closed.