Iwanbanaran.com – Cakkk…..bikin geger tenan karena telah terjadi kebakaran di sirkuit Motegi. Kebakaran tersebut terjadi kemarin pada hari Kamis malam tepatnya jam 19.15 waktu setempat. Sumber kebakaran sendiri terjadi di pit Marc VDS Moto2 yang mengandalkan pembalap Sam Lowes serta Tony Arbolino. Asap ngebul pekat membuat semua khawatir komponen yang harganya milyaran bakal habis terbakar. Pertanyaannya…apakah ada korban jiwa dan kerugian materil ? simak detilnya di bawah ini…

Entah kenapa cak Motegi bikin heboh. Setelah sebelumnya dikuatirkan akan ada typhoon..dilalah Kamis sore sekitar pukul 19:15 ada alarm kebakaran di paddock Twin Ring Motegi. Setelah dicek ternyata kebakaran berasal dari pit tim Marc VDS Moto2 (pebalap: Sam Lowes, Tony Arbolino). Celakanya tidak ada sama sekali tim Marc VDS karena mereka dalam perjalanan kembali ke hotel. Untungnya dilokasi masih ada tim mekanik Suzuki Ecstar dan Aprilia Racing yang belum balik kehotel. Mereka mendobrak pintu dan gerbang yang terkunci dan segera menemukan sumber asap dan api…

Di Aprilia dan Suzuki, masih ada anggota tim yang bekerja di pit tepat di sebelah mereka, yang mampu melakukan intervensi dengan cepat. Beruntung, Suzuki selalu memiliki alat pemadam api tambahan sendiri di pit sehingga tidak harus hanya mengandalkan alat pemadam kebakaran di lintasan. Sebuah mobil pemadam kebakaran dengan cepat bergegas untuk membantu. Untunglah tidak ada korban luka, api dapat dipadamkan dengan cepat berkat intervensi cepat dari para penolong dan petugas pemadam kebakaran yang luar biasa. Waahhh untung cakkk…sik slametttt. Bayangin wae kalau sudah pulang semua….usai sudah Motogp ora jadi digelar cak. Pertanyaannya…api berasal dari mana ?

iklan iwb

Pada awalnya diasumsikan bahwa percikan api berasal dari mesin starter (alat menghidupkan engine melalui roda belakang) yang lupa dicabut atau masih terhubung ke jaringan listrik untuk dicharge semalaman. Diduga alat ini terbakar karena kepanasan. Namun kenyataannya tidak, sebab korsleting timbul pada colokan listrik….

” Ketika kami pindah ke paddock pagi ini, air yang terkumpul karena badai masuk ke dalam pit. Rupanya stop kontak mengeluarkan percikan api di malam hari, yang menyebabkan karpet dan barang-barang lain di dalam pit terbakar. Semua orang yang terlibat sangat membantu, aku ingin mengucapkan terima kasih kepada tim Suzuki. Mereka membantu dengan sangat berani, sigap dan mengesankan. Mereka masih di sana disaat tim kami telah kembali. Mereka menghabiskan dua jam untuk membantu kami. seru bos Marc VDS, Marina Rossi. Doi sendiri menegaskan bahwa mesin starter tidak tersambung ke listrik. So dugaan awal, kelembapan di dalam pit mungkin menyebabkan korsleting pada sistem kelistrikan….

Last….kejadian serupa pernah terjadi di GP Texas sembilan tahun lalu. Saat itu, terjadi kebakaran di box Yamaha Tech3 saat baterai mesin starter terbakar pada malam hari akibat overheating. Dengan insiden ini dipastikan tidak ada komponen atau motor yang rusak termasuk korban jiwa. “Tidak ada kerusakan pada motor kami. Bahkan di Suzuki dan Aprilia tidak ada motornya yang rusak. Semua tim akan dapat berpartisipasi dalam FP1 pada hari Jumat secara normal…” serunya. Wihh sik slamettt cakkk !! (iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

14 COMMENTS

    • Syappp Ready Motegi πŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻πŸ”₯πŸ’₯✨✨
      King mm93 Ready Beraksi 🀩🀩🀩🀩

  1. Luka-luka FQ20 belum juga sembuh. Akibat jungler balek di Aragon.
    Wkwkwkwkwk rasain noh
    Semakin melempam di paruh kedua

  2. terlalu bombastis caption di image pertama
    padahal pada paragraf terakhir sudah ketahuan tidak ada masalah berarti, dan semua motor siap turun di FP1.

    jualan ya jualan cak, biasa aja tapi…

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama