iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk… Motor listrik tidak hanya diciptakan untuk kendaraan harian saja cak, namun juga untuk memecahkan rekor top speed motor listrik dunia. Yup, baru-baru ini pabrikan motor listrik asal Amerika Serikat, Lightning Motorcycles dikabarkan tengah menggarap motor listrik tercepat di dunia. Lightning Motorcycles memperkenalkan motornya dengan label Lightning Tachyon Nb. Motor ini dibuat dengan misi khusus untuk menjadi motor listrik tercepat di dunia?

Dari segi tampilannya tentu sangat berbeda dan tidak seperti kebanyakan motor listrik. Mengingat akan digunakan pada kecepatan tinggi, jadi desainnya dibuat dengan sangat memperhatikan sektor aerodinamika. Dengan begitu, Lightning Tachyon Nb akan dengan mudah membelah angin saat berakselerasi pada kecepatan tinggi. Seluruh body motor ini dibuat full fairing dengan bentuk seperti peluru. Pada area depannya menganut dual headlamp sipit yang pada bagian atasnya tersemat windshield raksasa yang berfungsi untuk melindungi rider dari terpaan angin.

Menariknya cak, body yang membalut Lightning Tachyon Nb terbuat dari logam bermaterial Niobium. Material tersebut diklaim lebih tahan aus dan memiliki performa yang optimal. Selain itu, baterai yang tersemat pada motor ini juga menggunakan bahan Niobium sehingga menghasilkan kepadatan energi yang optimal daripada baterai konvensional, lithium-ion. Untuk sektor dapur pacunya kangbro, Lightning Tachyon Nb diklaim memiliki top speed di angka 250 mil/jam atau sekitar 402,3 km/jam. Sebenarnya cak, top speed tersebut lebih rendah dari motor listrik tercepat buatan Voxan Motors pada tahun lalu yang di mana, top speed-nya mencapai 283 mph atau sekitar 455,4 Km/jam.

iklan iwb

Namun sayangnya, rekor top speed yang dibuat Voxan Motors tersebut tidak tercatat oleh FIM, sehingga tidak mendapatkan sertifikasi resmi. Sementara Lightning Motorcycles hingga saat ini masih terus mengembangkan Tachyon Nb yang pengetesannya akan dilakukan pada November mendatang. Kabarnya cak, pabrikan tersebut akan melakukan uji coba di Bonneville Salt Flats. Perlu diketahui, sebelumnya rekor tersertifikasi di lokasi tersebut telah dicatatkan oleh motor listrik dengan label Mobitec EV-02A. Motor listrik ini memecahkan rekor top speed di angka 204,4 mph atau sekitar 328,9 Km/jam….(RA iwb)

 

1 COMMENT

Comments are closed.