iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk… MotoGP Austria akan digelar akhir pekan ini dan sepertinya, pemuncak klasemen sementara Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) pesimis dengan race Austria. Bukan tanpa sebab, Quartararo memiliki penilaiannya sendiri terkait perubahan trek yang dilakukan di sirkuit Red Bull Ring. Yup, baru-baru ini trek Austria dimodifikasi dengan penambahan Chicane demi keselamatan para rider. Meski begitu, Quartararo menilai perubahan tersebut justru akan lebih membahayakan para pembalap cak?

Modifikasi layout Red Bull Ring memang menimbulkan pro dan kontra di antara para rider. Meski begitu, beberapa rider menilai bahwa perubahan layout akan berdampak positif. Dalam hal ini, Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory Racing) dan Aleix Espargaro (Aprilia Racing), menilai penambahan chincane akan meningkatkan faktor safety bagi seluruh rider cak. Namun berbeda dengan Quartararo, doi menilai tanggapan Aleix dan Oliveira justru keliru. Rider Yamaha tersebut menegaskan bahwa trek Austria akan lebih berbahaya dan mempengaruhi gaya balapnya.

Quartararo menuturkan modifikasi pada trek justru tidak akan membantunya dalam balapan karena pada layout sebelumnya, doi bisa mengerem sangat telat cak. Sementara dengan layout terbaru ini akan membuatnya lebih lambat sehingga doi tidak akan bisa ngepush seperti biasanya? ?Kita lihat saja bagaimana masalah keselamatan di Chicane itu, karena memberikan kesan lebih berbahaya dari pada sebelum dimodifikasi. Modifikasi yang dilakukan pada trek tidak membantuku, karena tikungan ketiga adalah titik di mana aku bisa mengerem sangat telat. Itu akan menjadi titik dimana kami jauh lebih lambat dari sebelumnya, jadi aku tidak akan bisa ngepush seperti sebelumnya,? ujar Fabio Quartararo via motosan.

iklan iwb

Perlu diketahui, pihak sirkuit memodifikasi trek karena pada musim 2020 lalu terjadi insiden crash yang sangat berbahaya cak. Crash tersebut melibatkan Johann Zarco dan Franco Morbidelli yang di mana, Zarco bertabrakan dengan Morbidelli di trek lurus sebelum mencapai mencapai tikungan ketiga. Insiden tersebut hampir mencelakakan rider lain karena motor terlempar dengan kecepatan tinggi dan nyaris menyambar Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Tentunya, insiden tersebut mengejutkan seluruh paddock dan mendorong pihak sirkuit untuk merubah layout trek Red Bull Ring….(RA iwb)

9 COMMENTS

  1. emng selama ini di sirkuit ini menguntungkan yamaha?
    dari tahun tahun sebelumnya juga yang menang pertama tetep ducati disirkuit ini

  2. Bilangnya aja lbh berbahaya dan tak bs ngepush. Ini hanyalah trik 20 utk bikin lawannya tak waspada. Pdhl dg adanya chicane tsb akan merugikan Ducati yg sebelumnya selalu unggul waktu di area tsb utk gas poll.

      • tapi dengan didukung dengan kelincahan yamaha mungkin ga akan terllau berpengaruh banget, cuman ya itu dengan keganasan mesin mesin v4 akan membuat keluar tikungan jadi makin aduhai buat mesin v4.

Comments are closed.