iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…..jika sampeyan merasakan BBM Pertalite kosong dimana-mana jangan kaget karena itu juga terjadi dibeberapa wilayah lain ditanah air. Kondisi ini memaksa kita untuk membeli bensin Pertamax. Yang menjadi pertanyaan…kenapa bensin Subsidi ini kosong ? simak informasinya berikut ini…

Dalam beberapa hari terakhir mungkin tidak mudah untuk mendapatkan Pertalite. Sebab dari informasi yang masuk Stok Pertalite di sejumlah SPBU di wilayah Jakarta dikabarkan memang makin menipis. Bahkan di sejumlah SPBU stok Pertalite terpantau kosong. Hal ini tidak bisa dihindari karena informasinya konsumsi BBM Pertalite melejit dari seharusnya. Kosongnya stok Pertalite disebabkan banyaknya para pengendara yang lebih memilih Pertalite dibandingkan Pertamax….

Yup…dengan gap banderol sangat besar dimana Pertalite dijual Rp7.650 per liter Pertamax Rp12.500 per liter membuat para pengendara pada banting stir membeli Pertalite. Hal ini membuat konsumsi Pertalite jebol cak. Dengan kuota tahun ini yang mencapai 23 juta Kiloliter, tidak mungkin cukup jika konsumsi seperti sekarang. Nggak heran ada saran agar kuota ditambah menjadi 28 juta Kiloliter. Tapi jika ditambah resikonya APBN naik. Berikut kata Menkeu ibu Sri Mulyani…

iklan iwb
” Pertalite kosong disalah satu SPBU Sleman…”

“Artinya, bakal ada tambahan subsidi di atas Rp502 triliun yang sudah kita sampaikan (jika tambah 5 juta kl). Belum harga minyaknya sendiri yang kita asumsikan di dalam APBN kan basisnya USD100 per barel. Kemarin pernah sampai US$120 per barel, jadi itu juga akan menambahkan. Itu semuanya memberikan tekanan kepada APBN kita di 2022 ini meskipun APBN-nya bagus surplus ya sampai dengan Juli 2022, tapi tagihannya ini nanti kalau volumenya tidak terkendali akan jadi lebih besar di semester dua,? seru Sri Mulyani Indrawati via Suara saat ditemui di Kemenko Ekonomi, Jakarta, Rabu (10/8/2022). Artinya apa ?

Sebagai informasi….Mengutip CNBC, Selasa (9/8/2022) minyak mentah berjangka Brent, patokan internasional ditutup USD96,65 per barel. Sementara itu, patokan Amerika Serikat, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate menetap di posisi USD90,76 per barel. Artinya dengan posisi harga minyak mentah dunia APBN tanah air yang mematok diangka USD 100/barrel, kudune aman yo…syukurlah kalau begitu. Tapi tetap cak….kosongnya Pertalite diduga adalah langkah mengendalikan bensin non subsidi….

Konfirmasi ini dimuat Suara yang menegaskan kosongnya Pertalite sengaja dilakukan agar anggaran tidak membengkak. Yup…Ibu Menteri meminta kepada PT Pertamina Persero untuk benar-benar mengendalikan volumenya jual pertalite. Jadi kalau saat ini stok pertalite tampak kosong di sejumlah SPBU artinya Pertamina sedang mengendalikan volume jualnya. Jadi ngono cak. Simpelnya kalau Pertalite kosong monggo pakai Pertamax biar Pertalite sesuai kuota, kira-kira begitu pakde. Dari sini wis clear yooo…jadi yukk bantu peringan APBN dengan pakai Pertamax yukkkk :mrgreen:(iwb)

29 COMMENTS

  1. dengan subsidi
    7.650 vs 12.500
    tanpa subsidi
    17.200 vs 17.900

    hapus aja sekalian pertalite, jual pertamax di harga 10.000HET

  2. Untung yg dulu sering demo soal kenaikan harga bbm skr dah duduk dikursi empuk, skr mereka bs tidur nyenyak tanpa terusik kenaikan harga bbm.
    Jadi tak ada lagi tangisan palsu dan ratapan puisi sampah.

    • Masih ter-ingat jelas Pak Harto lengser,demo besar besaran karna bbm naik dari 750 menjadi 1200…
      Yang terjadi sekarang kenaikan begitu tinggi aman aman wae karna apa..ya yang tadi itu ..aktor demonya dah merasakan kursi empuk

  3. ga masalah kalaupun harga naik/beralih ke pertamax.. cukup meyakini rezeki datangnya dari Allah dengan cara berikhtiar dan berdoa..

  4. Udah dari awal tahun cak pertalite mulai sering kosong. Di daerah saya banyak angkot yg terpaksa beli pertamax, bahkan ada yg rela ga narik karena takut rugi kalau pertalite kosong. Harusnya dibuat regulasi baru kalau beli pertalite harus angkutan publik atau kendaraan pribadi yg umurnya diatas 20 tahun atau keluaran 2000 kebawah.

    • gg pertalite tidak dijual di eceran pinggir jalan.. kena hukum…

      kalau gg nanti yg ada bisnis baru beli pertalite buat jual eceran..

      7.650 djual 9.000.. ongkos 350.. untung 1.000 (12,5%).. menggiurkan..

  5. Masalahe to cak, gaji UMK jateng dan tiap hari kerja keluar kota minimal jalan 70 km perhari py ra jebol dompete yen go matik isi 2 ltr perhari pertamax (25rb) sama aja sebulan keluar uang 750rb sebulan…podo karo 30% gaji buat ngurusi bensin tok cak…wes abot

    • Bener, problema sekali,

      Malah makin banyak kebutuhan yang tidak terpenuhi, belum juga sektor bahan pokok juga naik

  6. gaji orang orang yang gasampe UMR masih banyak,
    sektor RIde Hailing sangat membutuhkan BBM subsidi, karena mempengaruhi ongkos kirim,
    bikin kebijakan aja gabecus pemerintah,
    kalau punya mobil FIX pertamax
    kalau punya motor under 250cc baru boleh pertalite, dan juga kendara umum dan niaga

    gitu aja pemerintah susah ngaturnya

  7. Ujung2 nya kelangkaan pertalite adalah faktor ke sengajaan yg dilakukan pemerintah, knapa ga pertamax diturunin kaya dulu klo minyak dunia udah normal kaya dulu, pada intinya semua langkah2 pemerintah guna menutupi hutang indo yg terus bertambah,, dr uu tenaga kerja titipan investor dll

  8. Yuk yuk bantu negara yuk jangan pake pertalite terus, pake pertamax dong biar kendaraan juga bagus.. duit klean pas pasan? Kerja lebih rajin makanya lebih keras kerja kerja kerja klean !!

  9. ini kok deja vu ya?
    jadi teringat kejadian dengan bensin Premium dulu.

    pertama, mereka mengerahkan buzzer untuk mem bully dan menghina orang2 yg pakai bensin Premium, dan meminta masyarakat untuk pakai bensin Pertalite.

    kedua, supply Premium mulai dibatasi dangan jatah hanya satu tangki per SPBU (yg jelas sangat tidak cukup. truk pengirim bensin Premium biasanya datang selewat tengah malam, dan menjelang subuh biasanya sudah habis. itupun kebanyakan diborong pedagang bensin eceran, bukan konsumen langsung).

    ketiga, mereka memaksa pengusaha SPBU untuk berhenti berjualan bensin Premium dengan ancaman mengurangi profit sharing kalau masih ngotor minta jatah kiriman Premium.

    dan ketika masyarakat sudah mulai terbiasa pakai bensin lain (Pertalite), akhirnya bensin Premium pun dihapus.

  10. Ga usah pake subsidi sekalian.. alihkan subsidi menjadi BLT, pastikan tepat sasaran. Masih banyak orang dikampung2 pelosok yg ga dapat subsidi karena ga punya kendaraan, sementara disisi lain satu keluarga bisa punya 3 sampai 5 kendaraan. Mending 500 Trilyun digunakan utk program produktif.

Comments are closed.