iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…Putaran ketiga FIM Endurance World Championship berlangsung di sirkuit Suzuka dengan format balapan 8 Jam. Team HRC ngacirr dan keluar sebagai pemenang diikuti Kawasaki Racing Team dan Yoshimura SERT Motul (Suzuki)….

Untuk pertama kalinya Suzuka 8 Hours kembali digelar setelah dua tahun terakhir batal akibat pandemi Covid-19. Setelah dua putaran awal yang berlangsung di Le Mans, Prancis dan Spa, Belgia, sang jawara bertahan Suzuki – Yoshimura SERT Motul masih memimpin klasemen dengan 106 poin disusul F.C.C TSR Honda France dengan 91 poin dan YART – Yamaha Austria Racing Team dengan 76 poin.

Seri ketiga Suzuka nampak sulit bagi tim Reguler untuk bersaing memperebutkan kemenangan karena tim Wildcard selalu tampil luar biasa di kandang sendiri cakkk. Yupss, hal itu dibuktikan langsung sejak sesi Free Practice hingga Qualifying dimana Team HRC dan Kawasaki Racing Team benar benar tampil sangat kuat dengan para bintang dari World Superbike dan Local Heronya.

iklan iwb

Balapan pun dimulai pukul 11.30 waktu setempat, Team HRC memulai balapan dari pole position disusul Kawasaki Racing Team dan YART – Yamaha. Pasca start, F.C.C TSR Honda justru langsung memimpin dengan Josh Hook. Diikuti Team HRC dan Kawasaki Racing Team.

Balapan baru berjalan dua lap, insiden terjadi antara Astemo Honda dan SDG Honda yang sedang bertarung memperebutkan posisi pertama. Kedua tim harus segera membawa motor ke pit untuk diperbaiki karena balapan masih panjang. Untungnya keduanya masih bisa melanjutkan balapan cakk.

Dua puluh empat menit balapan berjalan, Kawasaki Racing Team ambil alih posisi pertama disusul Yoshimura SERT, Team HRC, F.C.C TSR Honda dan BMW Motorrad yang melengkapi lima besar. Beberapa saat kemudian Team HRC ambil alih pimpinan balapan. Tidak lama kemudian SRC Kawasaki dlosorr saat memperebutkan lima besar dan Randy De Puniet langsung membawa motornya ke pit untuk diperbaiki.

 

Satu jam pertama, Team HRC memimpin dan telah melahap 25 Laps diikuti Kawasaki Racing Team, YART Yamaha, Yoshimura SERT dan F.C.C TSR Honda. Sementara itu Honda Asia Dream yang diisi salah satu pembalap Indonesia, Gerry Salim menuntaskan jam pertama di posisi ketiga belas dengan Zaqhwan Zaidi.

Dua jam balapan berlangsung, setiap tim telah memasuki pit untuk mengganti ban, mengisi bahan bakar dan juga berganti pembalap. Team HRC masih memimpin dengan mantan pembalap Moto2, Tetsuta Nagashima diikuti Kawasaki Racing Team yang memasukkan Jonathan Rea untuk stint keduanya setelah Leon Haslam dan Yoshimura SERT melengkapi tiga besar dengan local hero Kazuki Watanabe.

Tiga jam balapan berlangsung, HRC belum tergoyahkan dengan Iker Lecuona yang masuk untuk stint ketiga. Kawasaki Racing Team bertahan diposisi kedua dengan Alex Lowes dan Yoshimura SERT juga masih melengkapi tiga besar dengan Gregg Black. SERT sendiri hanya tampil dengan dua pembalap cakkk, karena Sylvain Guintoli mengalami cedera saat menjalani tes beberapa hari sebelum Free Practice.

Jelang empat jam pertama, Kawasaki Racing Team lowside dengan Jonathan Rea. Untungnya tidak parah cakkk sehingga Rea bisa segera ke pit untuk diperbaiki motornya oleh para kru. Sementara itu BMW Motorrad yang berjuang untuk lima besar terpaksa harus mundur lebih awal karena alami masalah dengan Motornya dan tidak bisa diperbaiki lagi. Apess..

Empat jam dua puluh menit balapan berlangsung, Team HRC anteng di depan sementara itu posisi kedua kini diambil alih oleh YART Yamaha dan Kawasaki Racing Team turun keposisi tiga setelah membutuhkan waktu sedikit lebih lama di pit hingga motornya benar benar sehat cakkk.

Lima jam balapan berlangsung, Team HRC tanpa lawan dan kini telah unggul 1 lap dari posisi kedua. Kawasaki Racing Team kembali keposisi kedua pasca mengovertake YART – Yamaha. Yoshimura SERT bertahan diposisi keempat dan S-Pulse Dream melengkapi lima besar.

Enam jam balapan berlangsung, Team HRC belum tergoyahkan. YART Yamaha kembali keposisi dua dan Kawasaki Racing Team turun keposisi tiga. Yoshimura SERT dan S-Pulse Dream bertahan dilima besar. Sementara itu Honda Asia Dream naik keposisi sembilan. Juoss.

Tujuh jam balapan berlangsung, satu jam menjelang finish. Team HRC benar benar tampil sempurna dan sejauh ini mereka telah menempuh 188 Laps. Kawasaki Racing Team kembali merebut posisi kedua dan YART Yamaha turun keposisi tiga. Lima besarpun belum ada perubahan cakkk.

Namun hanya dua menit setelah pergantian jam, YART Yamaha terlibat clash dengan Akeno Speed ketika Marvin Fritz ingin mengoverlap Maiki Abe. YART segera bangkit dan bergegas ke pit dan untungnya mereka masih bisa melanjutkan balapan cakkk.

Setengah jam jelang finish, lima besar ditempati Team HRC, Kawasaki Racing Team, Yoshimura SERT, Toho Racing dan S-Pulse Dream. Sementara YART Yamaha turun keposisi tujuh. Perebutan posisi empat berjalan cukup menarik antar dua tim Wildcard. Battle terus berlanjut hingga balapan berakhir.

Bendera finish berkibar, Team HRC menjadi pemenang setelah menuntaskan 214 Laps. Kawasaki Racing Team dan Yoshimura SERT Motul mengunci podium.

Sementara itu Honda Asia Dream Racing dibawa yang menurunkan Gerry Salim dijam terakhir hingga finish, menuntaskan balapan di posisi ke-11 dengan gap 6 Laps dari Team HRC….(CB iwb)

TOP 10 SUZUKA 8 HOURS 2022

1. Team HRC #33 – 214 Laps?
(Tetsuta Nagashima, Takumi Takahashi, Iker Lecuona)
2. Kawasaki Racing Team #10 – 213 Laps
(Jonathan Rea, Alex Lowes, Leon Haslam)
3. Yoshimura SERT Motul (Suzuki) #1 – 212 Laps
(Gregg Black, Kazuki Watanabe, -)

—–

4. S-PULSE Dream Racing #95
(Hideyuki Ogata, Takuya Tsuda, Atsumi Cocoro)
5. TOHO Racing #104
(Ryuichi Kiyonari, Osamu Deguchi, Yoshihiro Konno)
6.Honda Dream RT Sakurai #72
(Yuki Kunii, Daijiro Hiura, Sodo Hamahara)
7. YART – Yamaha #7
(Niccolo Canepa, Marvin Fritz, Karel Hanika)
8. Team ATJ with Japan Post #40
(Yuki Takahashi, Kazuki Ito, Tomoyoshi Koyama)
9. Team KODAMA #50
(Yuuta Kodama, Kenji Nagao, Kengo Nagao)
10. F.C.C TSR Honda #5
(Josh Hook, Mike Di Meglio, -)

11. Honda Dream Asia #88 – 208 Laps
(Gerry Salim, Zaqhwan Zaidi, Helmi Azman)

13 COMMENTS

  1. Kemenangan Sultan di MotoGP udah bejibun , dan kemenangan Total sang Sultan Hnd disemua kejuaraan paling banyak diDunia , rival terdekat separuhnya pun gak sampe
    Mueeeehehehehhehehe ?

  2. Mau bilang kasih kesempatan ngondah untuk juara hiburan di tahun 2022.. tp nanti ada yg baper… wkwkwkkw hiburan di tengah dahaga prestasi balapan… monggo thailancung tak ada yg bisa..

Comments are closed.