iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…dunia kini tersenyum. Lhaaa piyeee….setelah sebelumnya minyak mentah dunia sempat menembus di angka US$ 140/barel dan membikin gonjang-Ganjing tanah air, yang terbaru minyak mentah dunia justru anjlok dan menyentuh pada level terendah diangka US$ 90,38/barel !! Angka ini berarti harga minyak mentah dunia seperti pada harga awal bulan Februari 2022. Konfirmasi ini membuat kita tersenyum lega mengingat akibat kenaikan kemarin Pertamina segera menaikkan harga BBM dengan angka yang sangat signifikan. So…. Inilah harga terbaru minyak mentah dunia seperti dilansir Tempo serta CNBC…..

Harga minyak mentah dunia terus mengalami penurunan pada posisi yang ideal setelah sempat tertekan karena perang Rusia dan Ukraina sehingga menembus angka USD 140-150/barel. Bahkan saat itu dikuatirkan bakal tembus di angka USD 200/barel. Angka tersebut membikin ketidak seimbangan yang luar biasa sehingga hampir semua perusahaan minyak terpaksa menaikkan harga jual BBMnya. Termasuk perusahaan Plat merah Pertamina. Namun memasuki bulan Agustus 2022 ternyata tren penurunan harga minyak mentah terus terjadi dengan sangat signifikan….

iklan iwb

Indikasi penurunan sebenarnya sudah terjadi sejak akhir Juli 2022. Saat itu harga minyak mentah dunia sudah memasuki level USD 100. Dan tren ini ternyata terus terjadi. Puncaknya per 4 Agustus 2022 harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman September turun US$ 3,76 menjadi US$ 90,66 per barel di New York Mercantile Exchange. Ini adalah level terendah sejak 10 Februari 2022. Saat itu harga minyak mentah dunia mencapai US$ 90,38 per barel….

Tidak hanya itu, harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Oktober juga turun ย signifikan menjadi US$ 96,78 per barel di London ICE Futures Exchange. Angka tersebut adalah harga terendah sejak 21 Februari lalu. Ini artinya harga minyak mentah dunia sudah kembali pada posisi semula. Penurunan ini diprediksi karena OPEC menaikkan produksi minyak mentah dunia atas hasil lobi Amerika Serikat. Selain itu Libya dikabarkan juga menaikkan produksi minyak mentahnya sehingga membuat keseimbangan harga minyak di pasar dunia…

Last….turunnya harga minyak dunia seyogyanya direspon seluruh perusahaan minyak dunia pula untuk melakukan koreksi harga bbmnya. Karena acuan kenaikan yang digunakan mereka sudah tidak lagi relevan. Disisi lain kita juga merasa sangat lega sebab negara tidak lagi dibebani subsidi yang konon jumlahnya luar biasa besar. Lawong harganya balik ke posisi semula cak….logikanya kan ngono ๐Ÿ˜ƒ, syukurlah kalau begitu. Btw…jika mengacu pada minyak mentah dunia pada bulan Februari 2022, ini berarti harga BBM seharusnya kembali ke posisi semula seperti pada tabel terlampir di bawah. Semoga segera dikoreksi jika memang Acuannya adalah harga minyak mentah dunia. Koreksi harga khususnya Pertamax juga penting untuk mencegah para pemilik kendaraan ramai-ramai pindah menggunakan Pertalite akibat melambungnya harga Pertamax….bener ora cak…(iwb)

Data Harga BBM Februari 2022

Harga BBM Pertamina:
Pertalite (RON 90): Rp 7.650 per liter
Pertamax (RON 92): Rp 9.000 per liter
Pertamax Turbo (RON 98): Rp 13.500 per liter
Dexlite: Rp 12.150 per liter
Pertamina Dex: Rp 13.200 per liter

Harga BBM Shell:
Shell Super (RON 90) : Rp 12.990 per liter
Shell V-Power (RON 95): Rp 13.550 per liter
Shell V-Power Diesel: Rp 13.270 per liter
Shell Diesel Extra: Rp 12.500 per liter
Shell V-Power Nitro+ (RON 98) : Rp 13.750 per liter

Harga BBM VIVO
Revvo 95: Rp 12.500 per liter
Revvo 92: Rp 11.900 per liter
Revvo 89: Rp 8.900 per liter

Harga BBM BP
BP RON 90: Rp 12.500 per liter
BP RON 92: Rp 12.990 per liter
BP RON 95: Rp 13.550 per liter
BP diesel: Rp 12.990 per liter

Harga BBM Juli 2022

Pertamina

Pertalite: Rp 7.650
– Pertamax: Rp 12.500
– Dexlite: Rp 17.800
– Pertamina Dex: Rp 18.900
– Pertamax Turbo : Rp 17.900

 

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

19 COMMENTS

    • Masih fluktuatif Cak , beberapa hari akan bisa naik lagi…..jadi , untuk menurunkan harga gak boleh tergesa gesa ๐Ÿ˜‚

    • kalau melihat pengalaman2 sebelumnya dari sejak 2015 sampai sekarang, biarpun harga minyak dunia turun sampai minus pun, yg di sini akan mati2an cari seribu alasan untuk tidak menurunkan harga BBM.
      bahkan beberapa waktu yg lalu justru bisa dibilang rakyat yg gantian mensubsidi pemerintah

    • Rugi krnapa lek…???
      Konsumen beli scr cash, tak boleh utang
      Bbm bersubsidi selisih penjualannya diganti pemerintah, artinya sbenarnya pertamina jual semua bbm sesuai harga pasar.
      Trus bs rugi itu kalkulatornya merk apa???

    • Koq iso lek???
      Pertamina jual semua jenis bbm sesuai harga pasar, khusus bbm subsidi selisih harganya ditanggung pemerintah
      Konsumen beli scr cash, tak boleh kridit.
      Kl rugi, kalkulatornya merk apa..???

      • Ada subsidi gg mungkin rugi..
        Tapi kas seret, karena nalangi dulu…
        subsidinya dibayar tahun depan..

        Modal 9.000
        Harga 10.000
        Jual 8.000

        Masih untung 1.000..
        Tapi tekor kas 1.000..

        Karena 2.000 nya,
        baru diganti pemerintah tahun depan…

  1. Pertamina ya memang salah satu perusahaan Plat merah yg sering dijadikan sapi perahan… Rakyatnya yg dikorbankan.. seakan2 semua minyak yg dipasarkan itu 100% import. Padahal negara kita juga penghasil minyak. Walaupun mungkin kapasitas produksi blm bs memenuhi kebutuhan nasional. Ampun deh..

    • Makanya kudu pintar jd Makelar kek Singapore Cak , beli di indo …suling diluar , jadi minyak Jadi …jual LG k indo ๐Ÿ˜‚

  2. Data drmana singapura beli minyak dr indonesia trus di suling dan di jual lagi ke indo? Berapa yg mereka beli dr indo? Berapa yg di jual lg ke indo?? Sementara indo beli minyak mentah dr negara lain utk menutupi kekurangan kebutuhan nasional..

  3. Walaupun harga minyak dunia turun drastis, yakin dah perusahaan minyak gak bakalan turunin harganya seperti bulan februari 2022. Nanti ada aja alasannya seperti Dollar naik, PPN naik. cwkcwcwk. Seperti kata pepatah “kalau harga sudah naik, akan susah turunnya”

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama