iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk… ..Suzuki dikabarkan akan menghentikan penjualan GSX-R1000 mulai tahun 2023. Bahkan, Suzuki sudah tidak mencantumkan motor ini di situs resminya. Dengan begitu, pabrikan Hamamatsu hanya akan menghabiskan stok yang tersedia hingga akhir tahun nanti. Waduhh..kenapa ??

Bukan hanya GSX-R1000, sebelumnya Suzuki telah menarik dua motor dari peredaran untuk market Eropa yakni GSX-R600 dan GSX-R750. Dan ternyata cak….biangnya adalah aturan emisi gas buang. Yup…semua produk tersebut karena terbentur regulasi Euro5. Meski begitu, Suzuki masih menjual line up GSX-R seriesnya untuk market Amerika Serikat. Tapi, karena tekanan untuk mengurangi polusi makin menguat, maka banyak negara lain yang akan menyusul untuk memberlakukan regulasi Euro5. Infonya, beberapa wilayah lain akan menyusul untuk memberlakukan regulasi ini seperti California, Cina, dan India. Sehingga tidak menutup kemungkinan jika kedepannya akan banyak negara bagian lain yang ikut memberlakukan regulasi tersebut.

Perlu diketahui, regulasi Euro5 mulai diberlakukan di Eropa pada Januari 2021 lalu namun dengan tetap memberikan moratorium, sehingga motor yang telah diproduksi masih dapat dijual. Dengan demikian, Suzuki GSX-R1000 dibebaskan dari regulasi tersebut hingga akhir tahun ini cak. Indikasi Suzuki untuk menarik superbike-nya dari peredaran di Eropa makin menguat karena hingga kini, mereka belum melakukan update apapun untuk mematuhi peraturan emisi gas buang Euro5. Bahkan seperti yang telah disinggung sebelumnya, Suzuki telah menarik GSX-R1000 pada situs resminya.

iklan iwb

Suzuki memiliki kemungkinan untuk menjual kembali GSX-R1000 di masa mendatang, mengingat mereka memiliki teknologi Variable Valve Timing (VVT) yang telah dipatenkan pada 2019 lalu. Maka dari itu, teknologi ini dapat menjadi jawaban bagi Suzuki untuk menghadapi Euro5, asalkan VVT di update lagi ke yang lebih canggih cak. Sementara itu, kabarnya pada 2024 mendatang regulasi Euro5 akan direvisi menjadi Euro5+ dan hal ini menahan Suzuki untuk melakukan update pada GSX-R1000. Dengan begitu, kemungkinan besar Suzuki akan merilis superbike-nya tersebut dengan pembaruan yang mematuhi regulasi Euro terbaru. Strategi ini sebenarnya sudah diterapkan Suzuki pada hyperbike-nya, Hayabusa yang sempat menghilang dan comeback dengan mengadopsi teknologi modern….(RA iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

5 COMMENTS

  1. VVT Suzuki itu paling top technology nya. Padahal secara tehnis merupakan ilmu yang sederhana. Akan tetapi kejelian Suzuki yang membuatnya menjadi technology muthakir
    Ciaooo coiaaaa…..

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama