iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk… Perlu diketahui, peraturan emisi gas buang untuk kendaraan roda dua makin ketat khususnya untuk wilayah Eropa. Hal ini berdampak pada motor segmen supersport yang mengadopsi mesin dibawah 1000cc cak. Yup, sebelumnya para pabrikan motor kerap bersaing dengan merilis supersport berkubikasi 600cc 4 silinder. Namun karena terbenturnya regulasi emisi gas buang Euro5, mereka tidak memproduksi lagi spek mesin tersebut…

Tentunya para pabrikan motor harus memutar otak agar segmen ini hidup dengan tetap memenuhi peraturan Euro5 yang berlaku. Dengan begitu, seperti yang kita tahu, pabrikan Yamaha menyuntik mati YZF-R6 dan menggantinya dengan YZF-7 yang menganut mesin 2 silinder cross-plane. Sedangkan Kawasaki menerapkan strategi berbeda dengan tetap merilis ZX-6R bermesin 4 silinder namun penjualannya hanya untuk luar wilayah Eropa. Namun baru-baru ini cak, beredar rumor yang mengatakan bahwa Honda tengah meracik mesin baru untuk mengisi segmen ini. Honda dikabarkan tidak akan mengikuti jejak Yamaha yang merilis mesin dua silinder kangbro.

Rumornya cak, menurut media Jepang young-machine, Honda tengah mengembangkan mesin baru di negeri asalnya tersebut. Dapur pacu yang sedang dikembangkan berupa mesin 4 stroke 4 silinder DOHC dengan sistem pendinginan cairan, dan untuk kapasitas mesin dikabarkan akan menggunakan mesin dengan kubikasi yang mendekati 750cc. Lebih lanjut kangbro, untuk desainnya sendiri akan mengadopsi garis desain gabungan dari sportbike dan superbike yakni, Honda CBR250RR dan CBR1000RR-R. Dengan begitu, di masa mendatang Honda akan merilis supersport baru dengan desain yang lebih sporty ketimbang CBR650R yang telah beredar di pasaran.

iklan iwb

Last.. Rumor hanya sebatas rumor cak dan hingga kini Honda masih belum mengkonfirmasi tentang mesin yang rumornya sedang diracik tersebut. Selain itu, spek mesin yang disebutkan pun masih berupa isu yang belum tentu benar. Yup, hanya waktu yang dapat membuktikan rumor ini dan kita hanya perlu menunggu apakah Honda benar-benar meracik motor baru atau tidak. Tentunya akan sangat menarik untuk melihat CBR750RR yang berdesain lebih garang, mengingat tampilannya diadaptasi dari CBR250RR dan CBR1000RR-R. Hmm…tapi biasane YM seringkali renderannya nggak akurat cak, tapi monggo ditunggu wae. CBR750RR ? piye menurut sampeyan…yess oraa kalau desainnya begini ? (iwb)

 

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

13 COMMENTS

  1. Sept yg gua dan sejarah bilang , Sultan Hnd pernah bikin 6 cylinder
    Mueeeehehehehhehehe πŸ‘πŸ˜‚

  2. Tetep Saja Di Kelas Superbike Maupun Supersport Si Ceboker Masih Ngos”an Buat Nyentul Finish Line Di Depan Kompetitor nya, Masih Mending R6 Atau R1 Nya

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama