iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakk…. terkejut ketiga IWB memantau perkembangan berita dari Jepang karena ada kabar yang jelas akan membikin kita semuanya kaget. Sebuah kabar yang sampeyan semuanya pasti tidak suka karena justru motor yang sedang kita bicarakan ini adalah motor yang kita tunggu datang di tanah air. Akan tetapi motor tersebut pada kondisi kritis karena prinsipel Jepang Honda dikabarkan akan melakukan tindakan radikal yakni menyetop produksi atau menyuntik mati Honda CB400 Super Four. Yang menjadi pertanyaan…kenapa dan kapan ??

Honda CB400…siapa nggak kenal motor ini. Sebuah motor legendaris yang terkenal dan sudah berumur sekitar 40 tahun namun dipaksa menyerah. Sedang engine superfour diperkenalkan hampir 31 tahun lamanya. Yup…Honda CB400 bermesin 4 silinder pertama kali perkenalkan Honda pada tahun 1991 diajang Tokyo Motorshow ke 29. Konon CB400 ini adalah turunan CB1000 Superfour yang cukup kondang masa itu. Dari kelahirannya tersebut CB400 langsung menjadi idola bikers Jepang. Alasannya simpel cak?motor sangat nyaman dikendarai dengan power yang lumayan besar. Beberapa pembaharuan dilakukan Honda termasuk hadirnya versi Hyper VTECH ditahun 1999…

Mesin baru ini membuat performa CB400 lebih baik. Dengan VTECH, performa torsi bawah membaik termasuk peningkatan efiensi bahan bakar. Ledakan atas juga semakin padat khususnya 6,750 RPM karena pada saat itu seluruh katup bekerja. CB400SF Hyper VTECH juga menggunakan suspensi milik CBR900RR sehingga handling meningkat. Honda juga merevisi wheelbase yang menjadi 40 mm lebih pendek, termasuk posisi pemasangan engine 10 mm lebih rendah. Alhasil center gravity meningkat, motor lebih stabil dan gampang dikendalikan. Hebatnya cak?justru pada gen ini motor lebih ringan 6kg..

iklan iwb

Setelah itu Honda terus memperbaharui CB400SF dengan VTECH II (2002) dilanjutkan VTECH III (2004) dan puncaknya tahun 2005 Honda memperkenalkan CB400 Super Bold?Or. Versi ini membuat suspensi CB400 bisa diseting dengan hadirnya pre-load adjuster. Versi ini juga sedikit berbeda karena Honda membekali tebeng dibagian lampu dengan model half fairing seperti halnya Fazer pada Yamaha. Pengembangan terus terjadi dan ditahun 2006 pabrikan sayap mengepak memperharui kelistrikan dengan tegangan koil yang lebih besar agar pengapian lebih stabil saat low RPM?

Ditahun 2008?Honda akhirnya melengserkan karburator dengan memperkenalkan New Honda CB400SF PGM FI. Itulah cikal bakal injeksi pada CB400 yang terus berlanjut hingga sekarang. Baru ditahun ditahun 2018 Honda dengan bangga memperkenalkan versi 25th anniversary Honda PROJECT BIG 1 (SuperFour sejak 1992). Pada generasi 2018 ini mereka merevisi throttle body supaya lebih ramah lingkungan namun sekaligus meningkatkan power menjadi 55HP. Beberapa revisi lain adalah hadirnya LED headlight termasuk update pada suspensi depan belakang plus cantolan helm dengan sistem penguncian anyar?

Dan sampeyan pasti masih ingat ditahun 2020 ini Honda memperkenalkan CB400 Limited Edition Superfour. Limited karena jumlah produksinya cukup terbatas. Perbedaan dibandingkan dengan versi reguler adalah painting yang dilabur serba silver. Termasuk pelk cak?.beda bukan lagi item namun rada gold. Nah, produk ini diproduksi secara terbatas yakni 400 unit sedunia. Sayang semuanya akan usai karena honda Jepang menghembuskan isu yang sangat kuat bahwa mereka akan menyuntik mati atau diskontinue produksi Honda CB400 SuperFour. LHoo kenapa ?

Karena alasan emisi gas buang. Honda sepertinya menyerah karena saking ketatnya peraturan tentang emisi gas buang Jepang yang akan memaksa mesin lama bakal kesulitan mengikuti nilai emisi yang dipatok. Regulasi emisi gas buang yang disebut sebagai Reiwa 2 ini memang super ketat cak sehingga jika pun mengikuti regulasi maka butuh pengembangan mesin yang benar-benar baru dan menurut informasinya dibutuhkan biaya yang sangat besar. Honda sendiri memilih untuk menyetop produksi CB400 Superfour yang direncanakan pada akhir tahun 2022. Jadi jangan kaget jika CB400 SF nantinya hanya tinggal cerita dalam sejarah yang akan diingat sebagai motor luar biasa dimasa lalu. Yup..dunia tidak ada yang Kekal, termasuk CB400 SF…sedih euy (iwb)

 

15 COMMENTS

  1. Masih bisa di-REBORN DING
    Ga usah lebay khawatir sampek sedihh terlunta-lunta kek gak kenal ngakherot

  2. Dicekek seketat apapun oleh Euro, selama masih pakai bensin, tetep aja ngluarin polusi.

  3. Pernah liat motor ini di jalanan, lampu seinnya mirip Tiger series, tumpakane angler dan suara knalpot std gak berisik kayak motor HD

  4. Hora opo opo Cak , suatu saat lahir lagingikutin zaman yang ada . jadi nambah mahal karena legenda nya , kek supercub …mongkey dll
    Mueeeehehehehhehehe ?

  5. Kalau d moge ya SF – super Four
    Kalau di mocilnya SF street fighter
    Sultan memang hebat
    Mueeeehehehehhehehe ?

Comments are closed.