iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk….akhirnya kelar juga IWB mencicipi New ADV160. Generasi terbaru matic adventure Honda yang menggunakan mesin baru cak. Mengusung mesin 156,9cc 4 valve yang disebut Honda sebagai 160 version, IWB mendapatkan beberapa poin penting….baik plus ataupun sisi minus sang matic. Namun dari kesemuanya….fix, ini baru kencang jauh meninggalkan generasi sebelumnya. Nahh…apa kelebihan dan kekurangan sang kuda besi ? simak review IWB berikut ini….

Ergonomi riding

Awalnya kita sudah menebak bahwa perombakan yang dilakukan Honda untuk generasi terbaru ADV 160 masih bakal tetap nyaman. Karena mereka lumayan teliti di mana ketika jok sedikit diturunkan ternyata juga diikuti Raiser yang di Pendekin. Terbukti ketika kita nongkrong atas ADV 160, feel yang kita rasakan adalah mirip !!

iklan iwb

Yup…. Mirip dengan generasi ADV 150 yang terkenal memiliki ergonomi riding sangat nyaman dan pas. Ini juga IWB rasakan pada ADV160. Rileks dan kita bisa menjangkau stang dengan santai. Hal ini sangat diperlukan apalagi jika kita menggunakan untuk harian. Yang menjadi kekuatan lain adalah manuver. Dengan posisi riding serileks tersebut…. ADV 160 memiliki kelincahan yang sangat bisa diandalkan. Sejauh ini rating cukup tinggi berikan pada ADV 160

Nilai 9

Mesin

IWB sudah pernah tekankan berkali-kali bahwa Honda sepertinya sekarang ingin melayani tantangan Yamaha di mana sebelumnya filosofi yang diusung untuk peracikan maticnya hanyalah nyaman serta efisien tanpa terlalu mempedulikan Performa. Honda menganggap Performa harian sudah cukup dan itu dipertahankan selama bertahun-tahun lewat mesin dua katupnya. Namun tekanan rivalitas membuat semuanya berubah. Mulai dengan lahirnya PCX 160 yang kini sudah memiliki katup serupa dengan kompetitor terdekatnya….

Walau minus Variable Valve (kalau bahasa paten Yamaha VVA, Honda VTEC)…. hal ini ternyata tidak mengebiri kemampuan mesin terbaru. Menggunakan konfigurasi 4 Valve… Dengan komplikasi yang lebih besar 1,9cc…. Performa ADV 160 melompat dibandingkan generasi 150. Mesinnya responsif…ringan namun tetap minim getaran cak. Soal ini memang menjadi kelebihan mayoritas matic HOnda yakni minim vibrasi disegala rentang RPM..

Kendati secara akselarasi tidak sesigap Vario 160 Ataupun PCX 160….performa ADV160 melompat dibandingkan dengan ADV 150. Tendangan bawah lebih ngisi….pertengahan dan atas cukup kuat. Sayang pengetesan tidak mampu menggali top speed karena lintasan lurus yang sangat pendek (estimasi 300 meter). Semua semakin menyenangkan karena sampeyan kini bisa melihat Tendangan RPM dengan hadirnya Tachometer. Yang asyik… Ternyata display speedometer negatif LCDnya jelas terbaca di bawah sinar terik matahari. Ini penting cak….

So… Secara first impression, IWB memberikan acungan jempol untuk mesin terbaru yang sejauh ini improvenya cukup memuaskan dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Btw… Untuk mengkonfirmasi Impresi ini IWB sangat penasaran jika menggunakan di jalanan atau Turing jarak jauh. Apakah setangguh saat kita betot-betot di trek khusus ? perlu kita buktikan lagi….

Nilai : 8,5

Handling

Honda ADV 160 menggunakan komponen suspensi yang sama. Memiliki stroke suspensi depan yang panjang membuat Ayunannya mantap tenan. Sementara belakang Honda juga sudah menjejali suspensi model sub tank garapan Showa. Namun jangan salah kendati mengadopsi komponen yang identik namun Honda Merombak ulang karakter dari suspensi tersebut….

Langkah ini dilakukan untuk mengakomodasi mesin yang lebih power full serta perbedaan sasis termasuk Bobot motor. Dengan Bobot melar 2 kg dari sebelumnya 131 kg menjadi 133 kg Honda mengubah karakter suspensi depan menjadi lebih lembut namun bagian belakang justru dikerasin. Langkah tersebut untuk tetap menjaga handling agar balance seperti sebelumnya. Gimana efeknya ?

Nyaris tidak ada perbedaan. Handling tetap stabil dan lincah. Bahkan ketika motor IWB bawa rebahan high speed sampai dek bawah gasruk…semua bisa dilayani dengan tenang. IWB juga tidak merasakan suspensi depan Mantul berlebihan. Rasanya pas sehingga agilitynya terjaga dengan sangat baik. Asli depannya nyamannn puolll cak. Tapiii ?? Satu hal yang memang ada perbedaan adalah karakter suspensi belakang. Walaupun Honda menyebut perubahan karakter menjadi lebih keras untuk mengakomodasi Bobot yang melar 2 kg namun secara kenyamanan untuk berkendara sendiri memang terasa jomplang antara suspensi depan dan belakang…

Nilai : 9

Suspensi

Yup…belakang lumayan kerasnya terasa cak. Walau masih tergolong nyaman jika dibandingkan skutik sekelasnya, namun karena depannya jiannn kenyut-kenyut tenan…belakang jadi terasa atos tenan. Eittt tapi jangan kecewa dulu. Kerasnya suspensi belakang langsung terasa pas ketika digunakan untuk boncengan. Ora ambles dan ayunannya berubah nyaman. Yahh mungkin itu cak maksude….wis dihitung sama pabrikan balancing terbaiknya. So..suspensi belakang buat sendiri keras kecuali buat boncengan baru pas. Overall nilai untuk suspensi skutik ini IWB berikan score tertinggi karena memang nyaman banget khususnya area depan

Nilai : 9,5

Built Quality

Nahhh ini yang banyak ditanyakan sampeyan semua terhadap New ADV160 ini….piye dengan built Quality cak IWB ?

Sebenarnya cak….sejak PCX150, built quality Honda sudah meningkat sangat baik. So…ADV160 pun demikian. Casing tebal serta sambung-sambungannya juga presisi rapet. Begitu juga dengan painting…sangat baik. Coating tebal dan kinclong. Disini IWB merasa AHM sepertinya memang berusaha memberikan kualitas berbeda ketika segmennya naik. Intip saja CBR250RR. Cakep cak….ibarat boso Inggrise “You get what you pay”. Manteppp to. Tapiiiii ?? satu bukannya tanpa cela karena ada satu hal yang menurut IWB perlu di improve yakni….

Plastik kasarnya. Yup…dari pengalaman pribadi, plastik-plastik hitam tersebut mudah baret atau scratch jika kena sesuatu. Lalu umurnya juga tergolong pendek jika diparkir ditempat terbuka sebab lama-lama memutih cak. IMHO bisa jadi masukan buat Honda agar sisi ini di improve. Namun secara overall Built Quality Honda new ADV160 tidak mengecewakan..

Nilai : 7,5

Vibrasi mesin

Nilai kenyamanan selalu disumbang vibrasi atau getaran. Dan sejak dulu matic Honda selalu kuat diarea ini cak. Vibrasi disini maksude ketika diukur dari rasa ditangan, kaki dan jok ketika motor running konstan ataupun digeber cak. Dan sekali lagi untuk urusan getaran mesin Honda kembali menunjukkan konsistensinya bahwa ADV160 juga halus. Getaran normal baru terjadi saat idle diam namun hilang saat motor sudah berjalan. Disitulah kenyamanan bakal memanjakan sampeyan

Nilai : 8

Fitur dan harga

Soal fitur sekali lagi improve juga banyak cak karena ADV160 sudah dibekali dengan HTSC atau traksi control serta ESS alias emergency stop signal (ABS). ESS ini akan memberikan kedipan cepat pada lampu sein kiri-kanan sebagai alert untuk pengendara dibelakang kita. Fitur yang awalnya hadir pada Gold Wing…lalu diturunkan pada CBR series serta PCX dan sekarang turun juga pada ADV160. Dilalah cak…dengan segala tambahan tersebut termasuk power mesin dll…banderol hanya naik tipis yakni 800 ribuan…

Artinya…untuk harga termasuk oke dari kaca mata IWB. Lhooo tapi kan ABS nya tembus 39jutaan cak IWB ? memang cak, ini segmen berbeda. Komponen yang dicangkokkan juga beda. Printilannya berbeda bahkan dibandingkan dengan PCX sekalipun….suspensi, sasis dan feeling riding memang berbeda. Pasti lebih mahal…tidak bisa dibandingkan. Singkatnya ngomong motor ADV160 ini IMHO jauh lebih nyaman cak. Mungkin itulah harga yang harus kita bayar. Apalagi produksi juga tidak banyak. Dari beberapa informasi yang IWB kumpulkan proyeksi produksi ADV160 jauh dibandingkan PCX. Dan ini pasti berpengaruh pada ongkos produksi…

Nilai 8

Kesimpulan

Honda ADV160 fix merupakan versi upgrade dari ADV150 karena hampir semua sektor meningkat. Yahhh..sebagai owner ADV150 saat IWB jajal ADV160 pasti bergumam…asyemm tenan :mrgreen: jadi ngiri. Tapi itulah strategi pasar. Produk baru memang harus lebih baik dibandingkan sebelumnya dan ternyata memang terbukti dengan hadirnya ADV160. So….jika sampeyan mencari motor adventure (walau Honda tidak pernah klaim demikian) bertampang ala moge, suspensi depan enakkk puoll, ground clearance tinggi yang membuat kita pede dimanapun kondisinya..ADV160 merupakan matic yang cocok buat sampeyan. Semoga mencerahkan dan IWB sarankan sampeyan jajal motor ini langsung sebelum membeli. Tapi ati-ati celengan obah-obah bin goyang-goyang cak karena godaannya aboottttt :mrgreen: ….(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

17 COMMENTS

  1. Mongtor ‘ Masterpiece ‘
    Indonesiah , Asiah , dan Amerikah
    Jika sudah dapat Izin dari PCX….Adv 160 akan Siap menguasai Ngeropah….
    Mueeeehehehehhehehe 😂

  2. 4 klep Yahampasss memang sejajarlah sama 2 klep Hnd. Masih bisa dicucuk 2 klep diputaran atas , entah tekh 2 klep Hnd yang Spektakuler…atau tekh Yahampasss yang memang Samvah 😂
    Sekarang Yahampasss auto Semavut meladeni 4 klep Sultan Hnd .

  3. Sejak adv150 brojol , target jualan dalam negeri cuma 10 rbu unit saza perbulan…gak tinggi. Capaian target berjalan muluzzzzz….eh ternyata sambutan ngeksportnya yang bikin Zumringah .
    👍😂

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama