iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….Menuai perhatian luas sejak pertama kali dipamerkan pada ajang EICMA 2021 – pameran sepeda motor dan aksesori berskala internasional- di Milan, Italia dan dengan sukses diperkenalkan di Indonesia pada putaran kedua MotoGP Mandalika 2022, Aprilia SR-GT akhirnya resmi memasuki pasar Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pelanggan atas kendaraan roda dua yang memberikan performa lebih, berkemampuan unggul, nyaman, dan lincah dikendarai, namun tetap memberi tampil stylish sekaligus sporty di jalanan….

Skuter premium sporty ini didesain untuk menghadirkan rangkaian teknologi terdepan yang memberikan keseruan dan kenyamanan dalam berkendara di berbagai medan jalan, mulai dari permukaan aspal, beton, jalan berbatu, hingga jalur tanah. Keunggulan tersebut merupakan buah dari desain yang terinspirasi oleh Enduro World, sehingga menjadikannya teman ideal untuk berpetualang di baik di jalur perkotaan maupun di jalur dengan kondisi tidak terduga.

Marco Noto La Diega, Managing Director & Country CEO PT Piaggio Indonesia mengatakan, “Setiap brand di Piaggio Group selalu memiliki ciri khas, karakteristik, kepribadian dan alasan yang menjadikannya dapat diandalkan. Setiap brand menyuarakan kekhasan Italia dalam hal gaya, ekspresi, mewarisi sejarah yang kaya akan pencapaian dan tonggak sejarah, dan tentunya memiliki tren teknologi modern terkini.”

iklan iwb

Melalui sejarah panjang dan pengalaman DNA balap tersebut, PT Piaggio Indonesia akhirnya mengkonfirmasi awal dari tren baru skuter premium sporty di Indonesia, dengan menghadirkan Aprilia SR-GT 200. Kehadiran produk terbaru dari Aprilia bertujuan menggebrak pasar melalui desainnya yang menarik, menyenangkan untuk dikendarai, serta memberi pengalaman perjalanan yang seru, setiap hari, di mana saja.

“Brand Aprilia selalu berupaya membawa aura dan semangat dari sirkuit MotoGP yang kompetitif dan bergengsi ke jalanan di Indonesia. Salah satunya dengan menghadirkan Aprilia SR-GT 200 sebagai produk terbaru dan paling luar biasa dari keluarga Aprilia yang tetap setia pada esensi brand Aprilia yaitu ‘designed for racers, built for riders’, namun tetap relevan untuk berkendara sehari-hari, sehingga dapat menjawab kebutuhan akan skuter matik premium yang unique, stylish, serta sporty,” tegas Marco.

Stang lebar berdesain terbuka pada Aprilia SR-GT menawarkan kontrol tertinggi, yang didukung oleh suspensi perjalanan panjang dan ground clearance yang ditingkatkan untuk memastikan segala rintangan dengan mudah diatasi saat berkendara di jalanan kota. Begitupun pada ban, dengan penampang melintang yang luas dan desain tapak “tangguh”, memungkinkan pengendara untuk bertualang di berbagai permukaan jalan, mulai dari aspal hingga bebatuan dan jalan tanah. Kemampuan ini ideal untuk berkendara di jalanan kota Indonesia, di mana mobilitas sehari-hari merupakan tantangan tersendiri dengan berbagai kondisi jalan yang berubah-ubah serta rutinitas monoton.

Semua ini dipadukan dengan desain sporty khas Aprilia, mesin i-get terbaru lengkap dengan sistem Start & Stop untuk kinerja premium, serta kelengkapan berkendara yang mumpuni mencakup lampu LED penuh, dan instrumentasi LCD.

Ketangguhan Aprilia SR-GT langsung terlihat pada detail gayanya, dengan referensi kuat pada karakter balap motor sport Aprilia sekaligus tampilan premium yang sangat terlihat.

Dari samping, Aprilia SR-GT terlihat langsing dan ramping, dengan overhang yang dikurangi dan garis-garis dinamis tegas yang menekankan karakter sporty-nya. Selain untuk menampung tangki, kolom tengah juga berfungsi untuk menghubungkan bagian depan dan belakang, memberikan SR-GT tampilan sepeda motor yang gesit. Selain itu, dengan fokus menghadirkan pengalaman berkendara yang menyenangkan, jok pengendara Aprilia SR-GT sedikit ditarik mundur, sehingga memberikan kesan ‘active and ready” dibandingkan skuter pada umumnya.

Berlanjut pada bagian depan yang menonjol adalah klaster tiga lampu full LED, yang merupakan ciri khas dari motor-motor sport dari brand Aprilia, serta fairing ganda yang muncul di sisi pelindung. Ada pula penambahan kaca penahan angin dan stang lebar terbuka yang berkontribusi pada kemampuan kontrol total, terutama saat bermanuver dengan kecepatan rendah di lalu lintas kota.

Menyenangkan untuk dikendarai, Aprilia SR-GT dirancang untuk membuat setiap perjalanan sebagai sebuah sensasi yang seru dan menyenangkan untuk setiap pengendara. Pengembangan rangka dijalankan sepenuhnya oleh teknisi Aprilia dalam menciptakan sasis, jaminan laju dinamis yang presisi. Rangka dudukan ganda dalam tabung baja berkekuatan tinggi dipasangkan dengan suspensi jarak jauh baru yang dikembangkan khusus untuk model ini.

Dengan sasisnya yang canggih, bobotnya hanya 148-kilogram saat tangki penuh serta pelek alloy ringan -berukuran 14 inci di depan dan 13 inci di belakang- dengan ban penampang lebar (110/ 80 dan 130/70), Aprilia SR-GT menawarkan lebih dari kelincahan dan kendali yang sangat baik saat berlalu lintas, tetapi juga stabil pada kecepatan yang lebih secara berkelanjutan.

Sistem pengereman menggunakan cakram depan petal 260 mm, yang terasa lebih ringan dan lebih mampu membuang panas, sehingga menjadikan performa lebih baik. Sementara bagian belakang dilengkapi cakram 220 mm (berbentuk kelopak untuk versi Sport).

Aprilia SR-GT juga tampil menonjol dengan ground clearance minimal 175 mm, pencapaian nilai yang belum pernah ada sebelumnya untuk segmen skuter premium. Hal ini memungkinkan pengendara dengan mudah mengatasi setiap gundukan di jalan dan turunan apapun. Semua karakteristik tersebut, bersama dengan ban “segala medan” yang memiliki tapak sedikit menonjol, membuat Aprilia SR-GT sangat fleksibel dan cocok untuk segala kondisi perjalanan.

Mesin i-get generasi terbaru, untuk kinerja kelas atas

Aprilia SR-GT juga menandai skuter premium sporty dengan tenaga dan efisiensi mesinnya. Berada dalam keluarga besar mesin i-get, dengan injeksi elektronik, empat katup dan pendingin cair, ini adalah produk terdepan dari pusat litbang Piaggio Group untuk mesin skuter.

Bersama dengan silinder tunggal 174cc i-get, Aprilia SR-GT 200 menawarkan 13 Tenaga kW pada 8.500 rpm dan torsi 16,5 Nm pada 7000 rpm. Nilai referensi mutlak, yang memastikan elastisitas, tarikan yang cepat, dan pengendaraan yang mulus di segala kondisi jalan.

Sementara itu, semua model di jajaran Aprilia SR-GT dilengkapi dengan sistem Start & Stop yang dikenal dengan RISS (Regulator Inverter Start & Stop System). Sistem ini menghilangkan starter tradisional, yang diganti dengan perangkat listrik tanpa sikat yang dipasang langsung di poros engkol. Ini juga secara otomatis mematikan mesin 1 sampai 5 detik setelah skuter berhenti (tergantung pada apakah mesin telah mencapai suhu operasi yang benar atau tidak). Sedikit putaran throttle sudah cukup untuk menghidupkan kembali mesin secara instan, dalam keheningan total, karena tidak ada starter tradisional.

Versi desain sporty dan berani turut dihadirkan

Selain versi yang lebih kontemporer, Aprilia SR-GT juga menawarkan versi Sport, yang menawarkan grafis dan sentuhan akhir yang lebih berorientasi olahraga melalui tampilan tangguhnya.

Aprilia SR-GT tersedia dalam tiga warna, Aprilia Black, Street Grey, dan Infinity Blue, masing-masing dipasangkan dengan foot peg, side, dan pegangan tangan penumpang berwarna abu-abu keperakan. Roda dan sadelnya tampil dalam balutan warna hitam dengan jahitan abu-abu.

Sementara untuk versi Sport, hadir lebih dekat dengan corak khas motor sport Aprilia SR-GT ditawarkan dalam skema warna matte Street Gold, Iridium Grey dan Red Raceway. Semuanya berpadu dengan velg bercat merah dan sadel dua warna hitam dan abu-abu yang dilengkapi dengan jahitan merah. Foot pegs abu-abu keperakan menampilkan huruf Aprilia, sedangkan kolom tengah dan samping berwarna hitam matte, dengan pegangan penumpang yang serasi dengan motor tersebut. Sebuah ‘a’ besar untuk fitur Aprilia juga ditambahkan di sisi perisai. Harga sendiri untuk versi standart adalah Rp 60 juta sementara versi sport adalah 61,5 juta. So….apakah SR GT akan mengganggu ADV160 ? secara segmen mungkin iya, tapi harga sih nggak cak….piye, tertarik oraa ? (Aprilia PR)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

12 COMMENTS

  1. Cak wan, wsbk toprak pake R1 juara 1 kok blm di rilis artikelnya.. thailancung dan tak ada yang bisa kan pengin tahu info terjuozzz… wkwkwk

    • Ekekekek…..
      Yg gk punya adventure pengen mengalihkan topik artikelnya
      MuuuuUUUuuuuehehehe……
      MuuuuUUUuuuuehehehe…….

  2. Tetap hora arep tuku, matic yo tetep nmax yg paling nyuaman… pcx sama adv tetep harus syungkem masye… hua..ha..ha..ha..ha..

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama