iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….asli seneng bin bungah rasanya ketika membaca berita terbaru Kompas kemarin (13/7/2022) bahwa harga minyak mentah dunia turun signifikan. Bahkan saat IWB baca….penurunan tersebut mampu menekan harga minyak mentah turun dibawah USD 100/barrel atau tepatnya menjadi USD 99,49/barrel. Angka ini jauh dari patokan awal yang disebut USD 120/barrel. Waahh…ada harapan turun lagi dong ya minyak non subsidi setelah naik….

Seperti dilansir Kompas via CNBC, dikonfirmasi bahwa harga minyak mentah berjangka Brent untuk kontrak September 2022 mengalami penurunan hingga 7,1 persen. Penurunan cukup besar ini membuat harga minyak mentah dunia juga mengalami penurunan yang lumayan drastis menjadi 99,49 dollar AS per barrel (data 13/7/2022). Demikian juga dengan minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) yang turun 7,9 persen sehingga  turun dilevel 95,84 dollar AS per barrel. Tentu berita ini membuat IWB tersenyum…wah ada harapan dong yo BBM non subsidi turun ?

Tentu saja harapan ini tidak berlebihan mengingat harga BBM non subsidi memang mengikuti harga pasar dunia cak. Ketika harga minyak mentah dunia naik maka BBM pun kudu mengikuti sebab banderol yang dipasang mengikuti mekanisme harga pasar dunia. Jika tidak bisa jebol cak….namanya wae BBM non subsidi. Dan kenaikan BBM kemarin tidak bisa dihindari karena minyak mentah dunia sudah tembus diangka USD 120/barrel. Sebagai informasi…Pertamina per 10 Juli 2022 baru saja menaikkan semua banderol bensin non subsidi. Cara ini ditempuh karena harga minyak mentah dunia sudah tembus diangka USD 120/barrel. Kenaikannya juga sangat signifikan….

iklan iwb

Pertamax Turbo (RON 98) naik Rp 1700/liter dari semula Rp 14.500 per liter menjadi Rp 16.200 per liter. Kemudian Dexlite naik Rp 2.050/liter dari semula Rp 12.950 per liter menjadi Rp 15.000 per liter. Dan yang paling edian Pertamina Dex naik Rp. 2,800/liter dari sebelumnya Rp 13.700 per liter menjadi Rp 16.500 untuk wilayah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Luarrr biasaa cak kenaikannya, ini adalah harga BBM tertinggi dalam sejarah Indonesia. Makanya ketika ada informasi minyak mentah dunia anjlok perkemarin menjadi hanya 95,84 dollar AS per barrel…wihhh asli seneng pakde. Soale ada harapan…bener horaaa…

Last…harga minyak mentah memang fluktuatif karena dipengaruhi banyak kondisi. Oleh karena itu update harga dengan cepet sebenarnya sangat dibutuhkan cak. Dan IMHO sistem yang ada di Malaysia perlu dicontoh karena memang bagus. Update harga BBM mereka termasuk instan sebab seminggu sekali sehingga pergerakan lebih real time. So…ketika harga minyak mentah dunia naik dan turun, semua bakal berubah dalam seminggu. Update banderol BBM yang dishare laman KPDMHEP (Kementerian perdagangan dalam Negeri dan Hal Ehwal Pengguna) Malaysia menjadi acuan baku. IMHO Tidak usah malu mengikuti jika ada sistem yang lebih bagus, bener nggak. Pokoke tetap semangat bekerja dan pantang menyerah untuk lebih maju…gazzzz (iwb)

 

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

23 COMMENTS

  1. kayak yg susah buat turun ” , dulu pas harga minyak anjlok parah , di negara tetangga pada turun , wakanda tetap tidak turun, dgn alasan A sampai Z.. kalo naik Cepat alasan harga minyak dunia Sedang naik.

    • Ekekekek….
      Om juga klo udh naik males turun
      Nunggu loyo baru mau turun
      MuuuuUUUuuuuehehehe……

    • Nah, 2 tahun pandemi harga minyak dunia dibawah 50 usd setara pertalite harga 5000, gak ada turun2 nya

  2. Bbm selain pertamina (shell, BP, dll) cepet update harganya mengikuti harga minyak dunia, klo harga naik mereka ikut naik, klo turun ya ikut turun, beda sama pertamina yg lama update harganya. Dulu harga shell bisa cuman selisi 500 rupiah dari pertamina, tapi semenjak ada peraturan ESDM jadi udah gak bisa mepet lagi harganya

  3. jangan berharap banyak sama petanimah, klo udah naek susah turunnya lagi,kaya yg gatau negri wakanda aja

  4. Ekekekek…..
    Untung HONDA irit BBM
    jd gk begitu terasa banged kyk punya sebelah
    🤭🤭🤭😃😂🤣

  5. Emoh aku tuku honda.. motor loyo.. star duluan, ending tetap kalah karo yamaha.. contoh pcx.. lari duluan, begitu 60km/jam lgs disalip karo nmax.. makanya laris manis tanjung kimpul. Honda yg laris kelas embit.. wkwkkw

  6. Waoww….habis naek kok turun..??
    Laiknya piston aja yakk….??
    Naek turun… mak slog oselog oselog oselog gitu budheee gitu pakdheee……

  7. Jgn ngimpi, tahun 2020 aja minyak dunia dibawah 20 dollar harga BBM gak turun. Tahun 2011 minyak dunia diatas 100 dollar bung. Tapi bBm jaman itu murah. Klo skrg Indonesia sudah banyak utang. Dan dikuasai mafia…. Indonesia cuma nama doang. Aslinya negara Indonesia udah bubar…

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama