iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…. Ternyata respon sampeyan pada saat itu membahas tentang bbm luar biasa positif. Artinya rasa penasaran yang sangat tinggi terhadap perkembangan harga bbm. Dilalah banyak juga pertanyaan dilontarkan ke Iwanbanaran Prihal berapa harga bbm Malaysia sekarang. Apakah lebih mahal dari Indonesia atau justru tetap lebih murah ? Simak update harga terbaru BBM Malaysia berikut ini…

Seperti yang kita semua tahu pertamina baru saja menaikkan harga bbm Pertamina Dex, Dexlite dan Pertamax Turbo. Pertamax Turbo (RON 98) naik Rp 1700/liter dari semula Rp 14.500 per liter menjadi Rp 16.200 per liter. Kemudian Dexlite naik Rp 2.050/liter dari semula Rp 12.950 per liter menjadi Rp 15.000 per liter. Dan yang paling edian Pertamina Dex naik Rp. 2,800/liter dari sebelumnya Rp 13.700 per liter menjadi Rp 16.500 untuk wilayah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Kesemuanya merupakan bbm non subsidi dan kenaikan akibat tekanan harga minyak dunia yang sekarang terkerek hingga $ 120/barrel. Terus gimana dengan Malaysia ?

Harga update BBM Malaysia per 12 Juli 2022

iklan iwb

Beda dengan Indonesia bbm Malaysia selalu diperbaharui seminggu sekali. Jadi fluktuasinya benar-benar mengikuti harga bahan bakar minyak mentah dunia. Ada tiga jenis bbm di Malaysia yang saat ini beredar yakni paling rendah adalah bensin RON 95. Bensin jenis ini memang jauh lebih bagus dibandingkan dengan pertalite bahkan Pertamax yang masing-masing memiliki oktan 90 dan 92. Malaysia sudah upgrade cukup lama dan menghapus RON tsb cak…

Ediannyaa…. Untuk bensin RON 95, update banderol terbaru yang dishare laman KPDMHEP (Kementerian perdagangan dalam Negeri dan Hal Ehwal Pengguna) di Malaysia per 12 Juni 2022 dijual di angka RM 2.05/liter atau jika dikonversi kerupiah jatuhnya adalah Rp. 6.961/liter. Kok semurah itu ? karena Untuk jenis BBM RON 95 ini memang disubsidi oleh pemerintah Malaysia. Subsidi terus dilakukan untuk menekan harga jual BBM RON 95 yang menjadi bbm utama bagi kelangsungan hidup rakyat Malaysia. Terus gimana dengan bensin diatasnya ?

Langsung melejit cak. Untuk BBM RON 97…..atau nyaris setara Pertamax Turbo (RON 98), harga terbaru dipatok di angka RM 4.80/liter atau jika dikonversi ke rupiah jatuhnya adalah Rp. 16.301/liter. Ini adalah bensin nonsubsidi. Namun dari sekian yang mengejutkan adalah harga BBM diesel. Karena dengan kualitas bahan bakar diesel setara Pertamina Dex ternyata di Malaysia dijual hanya RM 2.15/liter atau jika dikonversi ke rupiah jatuhnya adalah Rp. 7.300/liter. Bandingkan dengan Pertamina Dex yang tembus di angka Rp. 16.500/liter. Wowww….

Padahal pendapatan perkapita penduduk Malaysia adalah $ 12.500 atau setara dengan Rp 180 jutaan/tahun. Sementara Indonesia adalah $ 4.3 atau setara dengan Rp 62 jutaan/tahun (data 2021). Yup….Tidak ada separuhnya cak. Artinya dengan harga bensin segitu penduduk Malaysia seperti membeli bensin dengan harga nyaris seperempatnya dibandingkan dengan ratio pendapatan perkapita disana dibandingkan dengan kita. Wis BBM nya muraahhh, pendapatan penduduknya tinggi….wihhhh…

Jelas ini tantangan kita untuk terus maju dan semangat bekerja. Ojo gelem kalah atau ketinggalan karo Malaysia….iyo ora cak. Nah…. Untuk memberikan gambaran berikut harga BBM terbaru Malaysia yang di update oleh KPDMHEP (Kementerian perdagangan dalam Negeri dan Hal Ehwal Pengguna) per 12 Juni 2022….(iwb)

Rincian harga BBM di Malaysia per liternya (Update 12 Juli 2022) :

Bensin RON 95: Rp. 6.961/liter (subsidi)
Bensin RON 97: Rp. 16.301/liter (harga pasar)
Diesel: Rp 7.300/liter (subsidi)

BBM Pertamina yang dijual di Indonesia untuk wilayah Pulau Jawa (Update 12 Juli 2022) :

Pertalite (RON 90): Rp 7.650/liter (subsidi)
Pertamax (RON 92): Rp 12.500/liter (non atau subsidi ???)
Pertamax Turbo (RON 98): Rp 16.200/liter (harga pasar)
Dexlite (diesel): Rp 15.000/liter (harga pasar)
Pertamina DEX (diesel): Rp 16.500/liter (harga pasar)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

59 COMMENTS

  1. Pertamax kayaknya subsidi cak, tapi alokasinya tidak sebanyak pertalite.

    Secara makroekonomi kita memang tdk bisa head to head dengan malaysia cak, ngga apple to apple.

    Pertama, jumlah penduduk malaysia tidak ada sepersepuluhnya dari penduduk indonesia, subsidi bbm tentu lebih ringan buat pemerintah sana.

    Kedua, negara kita kepulauan yang sangat luas. Distribusi bbm butuh biaya yang tidak murah.

    Jadi jangan asal membandingkan begitu saja, karena tidak adil dan tidak kontekstual. Takutnya rakyat jadi terprovokasi.

    • Klo ngebandingin ma malaysia aja gak apple to apple . Kog pejabatnya malah ngebandingin ma jerman & eropa??? MIKIRRRRR KERASSS…..

    • Lha trus mau apple to apple ma negara mana? Ga ada lagi negara di dunia ini yg banyak pulaunya dan enduduknya sgini banyak.
      Makanya nyari presiden tuh yang bener. Ini UMR aja ga boleh naik. GDP mampet ga naik2 dari ribuan tahun yg lalu

      • @Kutukupret What, maksud anda gross domestic product (GDP)? Anda pernah tau istilah pertumbuhan ekonomi? Coba tunjukkan datanya kapan realisasi pertumbuhan ekonomi indonesia 0% year-on-year kalo dibilang GDP gak naik2 sejak ribuan tahun lalu?

        • Mau di bolak balik bagaimanapun faktanya adalah Malaysia lebih maju dari Indonesia,kenapa bisa begitu?? Tanya pleciden & para pejabat, kerja udah bener & jujur gak ??

          • Apa malaysia juga sudah jujur?gak dengar skandal besar itu?utangnya juga cukup banyak

          • @ wong celek :

            Kita bisa lebih maju dari Malaysia dan Singapura, namun emang Mental pejabat kita aja mental miskin, gilaa KORUPSI !!!

            belum lagi Masyarakatnya gampang dihasut dan diadu domba..
            Bhineka Tunggal Ika hanya Semboyan doank

            ya uda gini2 aja negara kita, gak maju2..

      • Nama Kutu Kupret, pastinya kurang faham tapi ngomongnya tinggi bener apalagi sdh masuk ranah Presiden walahh walah hanya org dengan gangguan jiwa selalu nyerempet2 Presiden dan kita fahamlah itu. Ukur sesuatu itu jangan dari satu sisi saja biar ente terbuka juga. Sebegini luas indonesia banyak kemajuan sejauh ini kok. Kecuali ente hanya mau hidup enak tapi ogah kerja beda lagi. Mikir super kerasss….

      • @kutukupret yg ga boleh naikin UMP siapa?yg gugat siapa?yg mutusin siapa?
        Wong naikin aja dgn melanggar UU kok…kok sak penak udele dewe

    • mumpung ngomongin Indonesia VS Malaysia.
      ini ada data perbandingan kedua negara.
      silahkan dicerna sendiri.

      Perbandingan jumlah kendaraan:
      – Malaysia 33 juta kendaraan
      – Indonesia 135 juta kendaraan

      Perbandingan konsumsi BBM
      – Malaysia: 700,000 barrel per hari
      – Indonesia: 1,623,000 barrel per hari

      Perbandingan subsidi BBM
      – Malaysia 90 triliun.
      – Indonesia 80 triliun.

      dah,
      cuma mau nulis itu saja.

      • Ga lu tulis luas daerah kekuasan, jumlah tambang yg dipunya jga? Ahh situ mah cm ambil data yg lu suka aja mirip junjungan situ.
        Indonesia tambang batubara ada, emas ada tembaga ada . Bahkan minyak ada . Sawitpun number one . Kurang nya apa negri ini dibanding negri tetangga yg cm seuprit gitu. Ah sekali lg data yg lu ambil cm yg lu suka aja.

      • -Malaysia
        bbm subsidi : 90T
        jml kendaraan 33Jt
        Subsidi per kendaraan : 2.7Juta
        -indonesia
        bbm subsidi : 80T
        jml kendaraan 135Jt
        Subsidi per kendaraan : 590 Ribu

        Kesimpulannya dana subsidi di malaysia 4x lebih besar daripada di indonesia, dan konsumsi bbm di malaysia lebih boros dari pada indonesia. Pantas orang malay makmur2, boros bensin tapi dapat subsidi besar dari pemerintahnya😅

  2. Jelas dari jumlah penduduk dan luas wilayah ga sebanding dgn indonesia, pendapatan malaysia jg sdh tinggi jd ga aple to aple lah… nyesatkan orang awam aja yg ga paham, jelasin masalah ini jg lah…..

    • Wah PLESIDEN JUGA NYESATIN KLO gitu soalnya ngebandingin BBM +62 sama singapura /jerman. Ahhh klo cebong mah bebasss ajaa

  3. Tuliskan juga cak perbandingan populasi penduduk dan jumlah kendaraan yang beredar di masyarakat, karena itu bisa jd yg mempengaruhi total konsumsi bbm perhari atau perbulan bahkan pertahun buat menghitung besaran subsidi yg sanggup diberikan pemerintah masing2 negara

  4. Baru kali ini ada yg membandingkan dg pendapatan per kapita, dr dulu gatrl bngt karena enggak ada yg membandingkan dg kemmapuan rakyat…. Bilangnya disini murah tp klu dibanding dg pendapatan perkaputa, jatuhnya mahal

  5. Klo cebong akut pasti komennya ” klo gak suka sana pindah malaysia aja” .. padahal junjungannya malah suka ngebanding2ke ma negara maju. Ingat kita tuh negara berflower gaezz..

    Nyanyiin lagunya denny caknan aja OJO DIBANDING2KE😅

    • Kalo cebong biasanya lawannya kadrun, apakah kamu kadrun? Soalnya kamu mencebong-cebongkan lawan diskusimu.

    • Dah gada cebong2an kampret2tan Dul,kalo mau kritis2 aja ga usah kemana2,malu lah bosnya aja dah pada akur kok malah masih baperan.

    • Ra usah nyenggol cebong ame kadrun.
      Yg selalu berbeda pendapat dg pemerintah jelas merasakan, yg membela pemerintah jelas gengsi mengakuinya meski hatinya pedih

      • kaum penyembah pilpres itu terbagi jadi 3:
        1. cebong
        2. kadrun
        3. kampret
        kalo si @Lotre ini mesti kampret ini, memanfaatkan pertempuran cebong dan kadrun

        • Adi saputra 12 July, 2022 At 16:00

          Mpoot, masih aja hobi nyalahin orang lain demi menyembunyikan borok sendiri. Ingat sudah hampir 10

          Ternyata bukan cm gue yg menilai begitu.
          Nyalahin orang lain cm utk menutupi kebodohan sendiri.

  6. Dimanapun, ngitung oendapatan perkapita iyu sama….. Analoginya km orang kaya akan merasa murah dan orang miskin akan merasa kemahalan

  7. Jangan bandingkan dengan malaysia cak. Bandingkan dengan sri lanka aja yang Penduduknya banyak, kendaraan bermotornya pun banyak. Efeknya negara jadi bankrutt.

  8. Sudah lupa aku sama rasanya isi bensin. spbu ku ada di stop kontak teras rumah dekat kandang si bruno.

  9. Kiblat kita ke negara kaya, ngapain negari miskin jadi perbandingan wan.
    Terbukti bbm kita lebih murah dari amerika dan eropa, jadi pengelolan bbm kita lebih baik dari eropa dan amerika.

  10. MOCROTTTT Cak IWB…..iku wes ora ojo gelem kalah sama ojo ketinggalan sama Malaysia…….masalahe…..CUKONG Indonesia lebih DAHSYATTT ! dari pada Malaysia….wes UMUM ngerti kabeh…..sek Jelas disana CUKONGE kalah sama Aturan jelas Pemerintah Malaysia…..AREP DIGANTUNG GELEM PO !…..neng kene….whhhhh…..tikus akeh Cak !

  11. Kl emang dana subsidi tak memungkinkan, harusnya yg dikasih bbm bersubsidi adlh sektor transportasi umum (ojek motor n mobil tidak disubsidi), sektor pertanian & perikanan. Dan semua kendaraan plat hitam harus pake bbm non subsidi.
    Krn selama ini sektor transportasi umum dituntut dg harga jasa minimal, dan sektor pertanian & perikanan juga dituntut jual dg harga yg ditentukan.
    Tp apa pemerintah berani, mengingat pemilu sebentar lg???.
    Aku rindu tangisan si oneng

    • yang gak berani naikin bbm itu SBY tong. buat pencitraan, dia subsidi bbm yg bikin rakyat jadi ketergantungan dan bobolnya apbn. dia lempar kenaikan bbm ke presiden berikutnya.
      hayo, sekarang siapa yg berani didemo dan citranya buruk gegara naikin bbm ?

      • Lupa ato menolak ingat??
        Siapa saja yg mewek saat sby menaikkan harga bbm, pdhl waktu itu cm naek 200 perak. Jejak digitalnya masih ada.

        Ditempatku ada nenek2 beserta anak dan teman anaknya mewek krn saat itu sby naekin bbm 200 perak.

        Aasssuuuudah..lahhh…..
        Sbg rakyat kecil bsnya cm nonton

      • Mpoot, masih aja hobi nyalahin orang lain demi menyembunyikan borok sendiri. Ingat sudah hampir 10

  12. Harusnya naikan jadi juga pertalite dan pertamax jadi Rp.15000/Liter..harga BBM tersebut sekarang sdh seperti ampas, sangat murah… Sehingga habis dipakai oleh alay, bocil dan org tuk keluyuran gk jelas dan cm bikin macet…

  13. pada teriak bbm naik, bhakan tertinggi sepanjang sejarah. lha presiden yg dulu pada gak berani naik, takut didemo. strategisnya adalah limpahkan kenaikan bbm pada presiden selanjutnya.

  14. Mpoot mpoot udah disini bukan tempat kampanye buzzer blas nggak mutu
    Disini tempat fbh vs fby bertempur lu nggak penting juga lu koment sesuai perintah atasan lu
    Yang koment disini otak nya jauh diatas lu nggak ada pengaruh nya apa yang lu tulis mau lu bilang paling hebat paling apapun ya ora urus

  15. Mau bela sana bela sini jilat sana jilat sini sampe KEMpoot ….. bbm ma cabe dan bawang gak tau knapa bisa mahal… ntah apa lagi nanti yg mahal juga… tapi kalau pake uang pree dari jilat ya semua itu ga mahal ….

  16. netizen sok pinter. wkwkwkw Naik Naik.. gua tanya kalian Menderita ga? sejauh ini tempat Ngopi Yg rata” Kopinya 20-50rb masih rame, KFC masi rame, Mcd Masi rame, Sunmori Masih Rame wkwkwkkw Tandanya ekonomi kita masih Stabil.

    jgn bandingkan sekarang sama dulu, Dulu BBM terkesan Murah tapi kenaikannya langsung Mempengaruhi Drastis perekonomian, Beda sama sekarang, udh bbrp kali naik tp Stabil” aja, Buktinya Cafe Makin Menjamur, Warung Nasi Menjamur, Motor Makin Menjamur padahal Harganya udh naik jauh dri dulu..

    Pandangan gua salah kah? engga kan? liat aja dah d jalan,masih banyak Ngabres, sunmori, Nongkrong, masih banyak Belanja Online..

    • ya.. termasuk lu yg sok pintar.. zaman sekarang stabil.. karena kebanyakan era digital.. bnyk ank muda kreatif memanfaatkan momen jadi vlogger, konten creator, dll, dan dimulai dari e commerce dan transportasi online mendukung era belanja online.. jadi pengangguran terselamatkan.. cb lu cek berapa peningkatan karyawan ojol.. itu korban PHK lo..
      terus bnyk yg kreatif dgn mengadakan seminar2 berbayar tentang usaha akhirnya menjamur merk2 baru yg menarik dgn ubah nama produk seperti pentol mercon, burger setan, seperti yg lu bilang warung menjamur di pinggir2 trotoar, semua korban phk sekarng udah berani menjadi pengusaha.. termasuk gw..

      coba kayak zaman dulu pengangguran ga ada pelarian sumber pendapatan lain.. dan harga2 naik.. bakal di demo turun tu presiden..

    • Tahun 98 udah hidupkah??? Klo udah harusnya anda tahu tahun2 sebelum nya negri ini aman sentosa gemah ripah lohjinawi dan tiba2 di tahun 97 98 balon hijau meletus duuuorrr . Kengerian negri tak terbayangkan kriminal dimana2 aparat pejabat kebingungan .. klo anda gak mengalami berarti anda masih abg labil. Tp klo anda mengalami harusnya anda sudah bisa waspada mulai dr sekarang bukan mlh membanggakan diri masih bisa hura2

  17. …yang pasti dijaman begini harapan dan doa semoga ga bernasib seperti srilanka kedepannya….semoga indonesia kedepannya di pimpin oleh seseorang yang Jujur Amanah dan takut sama siksa kubur ,siksa api neraka

    • Lah kemarin copid aja buat bancakan gk da kelanjutanya . Mark up alat tes pcr jg nguap gitu aja ..

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama