iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…sampeyan pasti ingat selain Mandalika, Finlandia adalah salah satu negara yang getol banget ingin menggelar Motogp. Mengandalkan sirkuit baru KymiRing…namun siapa menyangka kabar terbaru dirilis speedweek bahwa sirkuit yang belum jadi tsb dikabarkan mengalami kebangkrutan dalam proses pembangunan. Dipastikan ownernya terlilit utang sehingga Motogp di Finlandia hanya ada dalam mimpi. Waladalaahhh ikiiii bikin shock pakdeee…

Seperti yang kita semua tahu….Pada tahun 2020, 2021 dan 2022, operator KymiRing harus membatalkan Motogp Finlandia. Alasan Penghentian konstruksi berulang kali terjadi sehingga proyek terbengkalai. Bahkan kabarnya dua bulan sebelum Grand Prix yang seharusnya digelar pada tanggal 10 Juli 2022, paddock, akses jalan dan jalur ambulans tidak diaspal. Itu sebabnya Dorna, FIM dan IRTA membatalkan GP Finlandia pertama setelah 40 tahun. Yang menjadi pertanyaan apa yang sebenarnya terjadi ?

Info awal akan diundur cak. Dorna memberikan perpanjangan waktu pekerjaan konstruksi yang harus diselesaikan pada 20 September 2022, kemudian KymiRing akan dimasukkan dalam pada kalender Motogp 2023. Rencana awal sih begitu. Tapi sepertinya semua rencana tersebut akan bubar. Karena update info menyeruak bahwa jadwal Motogp tidak akan pernah terjadi sebab pemiliknya telah bangkrut. Yup….dikonfirmasi bahwa trek balap sepanjang 4,6 km, yang dibangun di dekat Iitti, sekitar 110 km timur laut Helsinki, mungkin tidak akan pernah menjadi tuan rumah perlombaan kejuaraan dunia….

iklan iwb

Surat kabar harian “Iltalehti” melaporkan via situs webnya bahwa perusahaan konstruksi Maanrakennus Pekka Rautiainen ky dan Macra oy mengajukan petisi kebangkrutan terhadap KymiRing di Pengadilan Distrik Päijät-Häme. Infonya kreditur telah membuat klaim terhadap KymiRing dalam jumlah sekitar EUR 370.000 dan EUR 264.000 (total kisaran 7 Milyar) yang harus dibayar maksimal 13 Juni, tetapi pemilik KymiRing tidak dapat membayar utangnya. Sepertinya memang terjadi masalah serius cak. Korupsi mungkin ?

Bisa jadi karena informasinya negara Finlandia sudah mengucurkan dana subsidi sirkuit 6,5 juta Euro atau setara 100 Milyar ke operator sirkuit. Itu belum termasuk duit sekitar 30 juta Euro atau setara dengan 469 Milyar yang juga tenggelam ditengah konstruksi yang terbengkalai. Belum lagi promosi Motogp yang dibatalkan dimana Manajer KymiRing diperkirakan menerima dana dari Lahti Events Oy (milik kota setempat) sejumlah 500.000 Euro atau setara 7,8 Milyar. Menguapnya duit juga termonitor dari penjualan tiket Motogp yang batal dan termurah dijual 379 Euro. Belum tergali apakah duit tiket tersebut dikembalikan kepenonton. Sing jelas mawuttt tenan kiee cakk…

Last….KymiRing sirkuit menjadi contoh betapa rentannya duit proyek jika tidak disupervisi dengan baik. Dan dengan info bangkrutnya KymiRing, maka dipastikan Motogp 2023 tidak akan digelar di Finlandia bahkan mungkin tidak akan pernah cak. Kecuali ada keajaiban dari pemerintah setempat untuk mengambil alih dan meneruskan project yang terhenti. So…tahun depan balap Motogp berarti akan digelar selama 20 balapan tanpa Finlandia. Good bye Motogp Finland….(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

7 COMMENTS

  1. Gk ngaruh lek……
    Skrng penggemar MotoGP jg dh bosan nonton
    Selama MM93 absen MotoGP sepiiiii…..

    Mendingan nonton di YouTube th 2000 – 2018

    • Jahaha….kacunk dow ngo akut, elu aja kali yg ga pengen nonton motogp, lha wong oon dah sama markeset sekarang cuma sam vah motogp doang, cuma bawa sial doang…..😂
      memang teramat sakit rasanya cunk 🤣, udah gw ingetin ribuan kali smua ada masanya, nikmati aja cunk 🤣🤣🤣

    • mandalika mah udah jadi tinggal ngelola yang bener, kalo kymi ring kan belum jadi dana ludes…

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama