iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…..banyak yang heran dengan manuver pabrikan garputala yang getol tes jalanan walau unit produk hanya berstatus minor facelift casing misalnya. Ada yang mengatakan hanya strategi marketing biar terjepret dijalanan…namun ada juga yang yakin ada alasan tertentu. Nah…mumpung ketemu dengan salah satu sosok internal Yamaha yang memiliki hubungan dengan proses R & D……IWB segera bertanya alasan pastinya. Dan berikut penjabarannya…..

Ora usah membahas all new. Kita bahas yang simpel-simpel wae mzbro. Sampeyan pasti ingat bagaimana R25 terbaru wira-wiri dijalanan sebelum dirilis resmi. Hanya dengan mengganti shape headlamp, tebeng dan juga suspensi USD……..YIMM rajin menggeber motor tersebut dijalanan. Nah….pertanyaannya apakah hanya akting agar mendapatkan perhatian para biker??. Atau memang ada alasan lain?….

iklan iwb

Oh nggak. Engineering nggak ada urusan sama jualan mz. Tentu ada alasan teknis. Untuk produk facelift sekalipun jika memang ada sedikit perubahan pada casing kita akan tes ulang. Tujuannya untuk mengetahui kekuatan mounting-mounting atau dudukan casing. Bergetar atau tidak setelah digunakan diatas 10 ribu kilometer misalnya. Bagaimana kekuatan baut serta casing….semua kita teliti. Jadi kita harus pastikan produk betul-betul lulus uji semua yang dipatok…”serunya ke IWB. Ealahh…ngono to….

Seperti yang kita tahu bentuk muka fairing depan memang beda. Dan inilah salah satu alasan juga YIMM ngetes ulang pada jarak puluhan kilometer. Yup…YIMM sejauh ini memang pabrikan yang konsen dengan kekuatan material. Bahkan IWB sempat mendengar salah satu vendor yang mengaku rada puyeng kalau musuh YIMM. “Kurang presisi sedikit reject mz. Terus pengecekan kudu lebih teliti kalau dikirim keYamaha karena mereka rada bawel soal finishing. Makanya kita lebih capek..”tuturnya ke IWB. Hhhmm….menarik juga kita informasinya….

Last….setiap produk pasti ada kelemahan. Begitu juga Yamaha. Namun soal casing sejauh ini memang harus kita akui…..Yamaha selalu terlihat solid. Bukan berarti engine tidak diperhatikan namun yang jelas sisi tersebut lumayan menonjol. So……kenapa Yamaha rajin uji jalanan produknya, facelift sekalipun??. Itulah alasan aslinya. Nah…wis gamblang to…..(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

27 COMMENTS

  1. Ekekekek……
    Alasannya yg pasti gk punya sirkuit
    MuuuuUUUuuuuehehehe…..

    Anak kecil aja tau……

      • Ekekekek…..
        Tes kekuatan casing
        Yimimi takut klo casing y lepas kelihatan rangka y yg keropos

        MuuuuUUUuuuuehehehe…..

        • Belum ada buktinya Cung….
          Yang terbukti Rangka Honhon tuh yg gampang patah”,,
          Masak Mbeeet Ber rangka nya patah gitu, ckckck

  2. pantesan motor saya keker banget baut bautnya…….beda jauh sama scoopy saya…..lampu depan udah oplok oplok mau copot

    • Motor lampu telor gasampe setahun udah patah itu dudukan lampu, wkwkwkwk

      belom lagi mesin ngorok khas Metikh Honday.

      Amit – amit produk honda sekarang wkwkwkw, kek beli mainan kw

  3. Nahhhh innniiiiiiiiii… Artikel kesayangan beyeeee… Terima kasih lek webeh, seru beye riang..😁

  4. Bener tuh cak, quality is number one
    btw : Thailancung salah server kau comment disini…wakakaka

  5. Ya bener sih, kekuatan bodynya emang jempolan. Pernah mx saya jatoh dari yang pelan sampe pas ngebut, cuma baret/terkikis gitu. Dan gk ada geter2 juga. Sedang vario atau beat teman yg jatohnya pelan aja, kok pecah, pecahnya bolong lagi. Bahanya lebih kaku.

    • Honda modal desain,, tapi kualitas body dan mesin kek krupuk,, mau fakta??? cek aja di grup grup Vario & Pcx , wkwkkwwkwkwk

      • ngapain mesti awet,1-2thn dah keluar model baru,ganti motor lg,yahaha wajar mesti awet,jarang keluarin model baru,sekalinya keluar malah elek….

  6. PMA Jepang memang seperti itu cak, sangat teliti , dituntut rapi dan harus sesuai request mereka. Itulah kenapa industri,manufaktur, building, farmasi, dll yg dipegang mayoritas PMA jepang pasti para vendor pada pusing dan kerja keras, ga boleh asal2an hasilnya πŸ‘πŸ½

  7. Vario 160 , Pcx 160 pada ambrol kena jalanan gravel,,

    karena waktu tes cuma di internal sirkuit, kan Bod0 namanya,, wkwkwkwkw

    yang bilang kualitas honda bagus? Fix Mab0k

  8. mau tes jalanan bagaimanapun yang harganya tinggi dan paling dicari dan bisa buat investasi cuma RX KING dan 125Z/ZR

  9. Iya bener juga waktu jaman gw pake Supra x. baru 1 tahun tuh gw pake, Head lamp udah oglak- oglak. apa lagi lampu belakng. casing samping belakang. casing stang. semuanya pada oglak, ujung-ujungnya di ganjel pake double tape gabus. Beda banget sama motor abang gw yg waktu itu pake jupiter gak ada satu pun body yg goyang padahal umurnya 3 tahun lebih tua. yg gw anehnya kenapa gak ada revisi sama sekali, padahal semua pemakai motor honda semua ngeluh. gak mungkin teknisi Honda gak tau akan hal itu

    • Karena mereka juga ada target jualan sparepart mas
      Jangankan Supra mas sekelas PCX/adv aja banyak yang geter batoknya
      Apalagi kalau udh dibongkar body jadi ga bisa rapet lagi

  10. Yapz… Bodi Yamaha memang terkenal kekar, engine pun bandel. meski ada beberapa produk yang gagal.

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama