iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkkk…..seperti yang sampeyan ketahui IWB pernah turing akbar  di Malaysia dalam rangka touring Honda Asian Journey. Di jalanan dari Melaka Bukittinggi hingga Genting. Banyak sekali hal yang IWB perhatikan ketika berada di Negeri Jiran. Baik tentang para bikernya hingga pernak-pernik yang nempel di motor. Dan dari sekian perbedaan IWB cukup tertarik dengan plat nomor yang digunakan oleh Malaysia khususnya materialnya cak. Dan IWB harus akui…. materialnya memang jauh lebih aman dibandingkan dengan menggunakan plat metal. Lhooo emange bahannya apa?…

Di Malaysia sampeyan akan melihat plat nomor menggunakan huruf dan angka yang lumayan jelas. Jadi kalau sampeyan dekati plat nomor ini terkesan model tiga dimensi sebab huruf atau angka timbul dari permukaan nomor polisi. Nomer atau huruf ini ditempel terpisah dari papan sehingga jelas. Dan yang paling menarik lagi adalah materialnya cak. Bahan yang digunakan sebagai nomor polisi tidak menggunakan plat atau seng kayak ditanah air. Namun bahan digunakan adalah semacam acrylic. Opo kuwiii??…

Ya acyrilic cak, kayak bahan plastik gitu. Warna dasar mengadopsi hitam sementara untuk angka warna putih. Lebarnya juga tidak terlalu besar namun sangat jelas terlihat. Kuwi bagian belakang. Sementara di bagian depan sampeyan jangan kaget jika tidak ada dudukan untuk plat nomor pada motor. Untuk alasan safety pemerintah Malaysia hanya mewajibkan pemasangan stiker yang ditempel pada bagian spakbor supaya bisa terlihat oleh Polisi. Tentu saja harl ini beda dengan tanah air….

iklan iwb

Di tanah air hingga sekarang kita masih setia menggunakan bahan plat. Dari sisi manapun plat mungkin kurang efisien. Selain berbahan tajam, sebenarnya plat nomor cost harusnya lebih mahal karena dibutuhkan pengecatan yang tentu akan menjadi biaya tambahan pada saat produksi. Dan cat dari waktu kewaktu akan memudar karena umur. Bahkan seringkali karena usia dan kualitas cat, angka dan huruf jadi tidak terbaca. Sedang acrylic awet tidak pudar karena tidak mengandalkan cat dan memang sudah warna dasar dari material itu sendiri…

Last…..tiap negara punya regulasi. Namun jika ada yang positif sebenarnya boleh tuh dipertimbangkan untuk dicontoh. Apalagi dari pengalaman masa lalu kita juga sempat kehabisan bahan material sehingga plat nomer sangat lama turun. Disisi lain acrylic juga awet tidak kalah dengan bahan plat. Bahkan bahan termasuk lentur dan kuat selama tidak dihantam keras oleh object sangat keras. Itu belum termasuk nopol depan dimana Malaysia hanya mengandalkan stiker bukan plat demi alasan safety saat crash. Piye cak menurut sampeyan, mending plat apa acrylic untuk bahan nomer polisi ? (iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

21 COMMENTS

    • di malaysia kerja apa ngepet mas?

  1. Setuju lek, harusnya pemerintah move on karena yg pake Plat nomor depan Plat cm negara wakanda sm indihe, negara lain cm pake sticker bahkan ngga pake demi safety reason.

  2. Tetap kuat yang bahan plat besi. Kalau kesenggol di parkiran bengkok bisa diluruskan lagi. Kalau bahan plastik kesenggol langsung pecah. Malaysia jangan dibandingkan sama Indonesia jumlah pengguna sepeda motornya. Jauh sekali. Makanya parkiran penuh sekali sepeda motor. Kalau pakai yang plastik tiap hari pecah kena senggol di parkiran apa mau beli terus-terusan?

  3. org indo ga usah ngomongin safety deh. bullshit.
    masalahin plat depan biar safety, helm aja msh asal asalan makenya.

  4. √kalo demi ngirit cost produksi, gw setuju banget
    √demi tampilan ganteng motor, gw setuju banget
    ×demi safety, belum pernah denger orang celaka gara² plat nopol depan

  5. Yaa emang amannya gitu cak. Temen saya tabrakan tangannya luka dalam jadinya harus dijahit soale kena plat nomor depan punya motor dia sendiri. Mau pake cover plat ya sami mawon, pasti akan ttp ada luka juga. Solusinya emang paling bener pake stiker utk nopol depan motor.

  6. Sedangkan disini mah munafik, nyuruh make sendal
    Padahal plat nomor aja lebih berbahaya Gamau dia ilangin

  7. kl mending2.. saya lebih milih indonesia kembali dijajah negara maju aja..
    biar mindset dan alur kerja orang2 lama di pemerintahan bisa dimusnahkan.. wkwkwk

  8. Minimal plat depannya yg harus direvisi, karena pernah kejadian temen nyerempet orang sampai luka sobek dipaha orang gara2 plat nomor

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama