Iwanbanaran.com – Cakkk….viral cak, heboh tenan kabar dari Sukoharjo dimana seorang pemotor yang juga petani disana melintas dijalanan persawahan kena tilang ETLE. Informasi yang dishare melalui cegatan Sukoharjo tsb memberikan keterangan bahwa petani yang melintas tanpa menggunakan Helm tersebut ditindak menggunakan tilang elektronik atau ETLE berbasis kamera handphone (HP), yang disebut ETLE mobile. Waahhh….

Baru-baru ini heboh dan viral adanya seorang pemotor melintas di jalan Persawahan sepi mendapatkan tilang. Berdasarkan informasi tilang ETLE dilakukan diwilayah Sukoharjo Jateng. Sontak hal itu membikin pro kontra cak. Seperti dilansir kompas beberapa komen muncul atas tindakan tilang yang dilakukan petugas. Betul cak karena tilang ETLE yang digunakan adalah ETLE Mobile. Kamera ini nempel di Helm petugas. Jadi bukan ETLE camera statis seperti dijalanan Tol atau protokol….

iklan iwb

” Ya Alloh, dalan kampung iku, gawe aktivitas masyarakat nak sawah (jalan kampung itu, untuk aktivitas masyarakat ke sawah),” tulis seorang warganet. “Lha nyen Nyang sawah PO Yo ditilang lur (Apakah kalau mau ke sawah bakal ditilang),” tanya warganet lainnya. Namun demikian, ada juga warganet yang memaklumi hal ini. “Sak ngertiku biyen wis ono sosialisasi tentang kamera cctv keliling sing di pasang neng helm, memang dasare wae masyarakat sing kurang tertib berkendara di jalan (Sepengetahuan saya, dulu sudah ada sosialisasi tentang kamera cctv keliling yang dipasang di helm, memang dasarnya masyarakat yang kurang tertib berkendara di jalan),” seru mereka. Nahh jadi ramai to cak. Yang menjadi pertanyaan kenapa dan gimana itu terjadi ?

Dipastikan menurut kepolisian tindakan tersebut sudah benar. Karena menurut konfirmasi Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iqbal Alqudusy…walaupun berprofesi sebagai petani…status pemotor saat kena ETLE bukanlah petani yang hendak meladang….

” Pengendara motor tersebut bukan petani yang hendak meladang lho, dan yang bersangkutan sudah mengakui kesalahannya. Bapak tersebut langsung menghubungi Satlantas dan membayar denda melalui Briva,” serunya seperti dilansir dari detikJateng. Si bapak dikenai Pasal 291 juncto Pasal 106 ayat (8) karena tidak menggunakan helm standar nasional Indonesia (SNI). Ditempat terpisah, Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor (Kasat Lantas Polres) Sukoharjo Ajun Komisaris Polisi (AKP) Heldan Pramoda Wardhana yang menandatangani surat tilang elektronik menegaskan….

” Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iqbal Alqudusy “

“Perlu diketahui, bunyi Pasal 106 ayat 8 adalah setiap orang yang mengemudikan sepeda motor dan penumpang sepeda motor wajib mengenakan helm yang memenuhi standar nasional Indonesia. Ini Penjelasannya Pelanggar akan kena tilang bahkan ditindak pidana Kemudian, lanjutnya, Pasal 291 ayat (2) merupakan aturan yang merujuk pada kedisiplinan setiap pengendara motor dalam menggunakan alat keselamatan saat berkendara. Jika ada pengendara yang melanggar aturan ini, tentu saja bisa kena tilang bahkan ditindak pidana sesuai pasal yang berlaku,” serunya. Nahh sebenarnya dari sini memang wis clear cak…penegakan berdasarkan aturan, wisss ora iso ngeles lek ngono pakde…

Last….kabarnya pemotor yang kena tilang diatas sudah mengakui kesalahannya dan membayar denda ETLE Mobile via BRIVA. IWB sendiri sangat paham perasaan sampeyan, kenapa motor melaju di tengah Persawahan yang notabene sangat sepi harus menjadi sasaran tilang ETLE ? kenapa tidak dilihat situasi dan kondisi ? namun jika merujuk undang-undang lalu lintas, apapun alasannya selama kita nunggang motor tanpa dilengkapi dengan riding gear lengkap tetap menyalahi aturan. Jadi sekarang tinggal kita yang harus merubah habit. Keluar naik motor kudu lengkap pakde riding gearnya..ora iso ditawar. Dan ojo lali…kuwiiiii sandal jepite, pensiunkan juga tiwas kena 😃. Jadi sekarang sampeyan kudu waspada karena dijalanan kecil sekalipun kamera ETLE mobile mengintai, demi safety judule cak…okrekkk 😃👌🏻 (iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

29 COMMENTS

  1. Biarpun kesawah kita harus tetep pakai helm Arai dan wearpack Alpinestars ya guys, tetap semangat

  2. Bagi yang tidak setuju dgn aturan lalu lintas yg telah diterapkan ini silakan minggat dari Indonesia

    • Besok klo situ gak setuju minggat juga ye….. Jadi orang kog gitu amat.. ini negri indonesia bung. Orang bebas berpendapat bahkan dijamin undang2 . Justru kliru nyuruh orang minggat cm karena beda pendapat

      • Indonesia dulu di bangun oleh orang2 hebat dg landasan nilai2 agama & budaya nusantara yg luhur….

        Suatu saat mungkin akan trjadi naik motor ke masjid/Musholla, helm’an sarungan sepatuan dalam gang 🤣

        • Gembel , klw aturan yg dpatuhi, kecuali ente jln kaki …..alasan orang hebat atau ngk , klw otak gembel ya brontak apapun hingga wajib sarungan

  3. Pejabat lg getol nyari tambahan diluar pajak, gak heran klo muncul aturan yv makin lama makin aneh karena ya emang ujung2nya duit.

  4. Kudu sharing sepatu kita2 bikers sejahtera ini mah atuh. Kesian mereka secara ane jugak keturunan petani kiyeeee…… Ayuk kita sisihkan duit kita at least sejuta tiap bulannya so pasti baroqah getoh lochhh

  5. Pulis sana nggragas2. Sudah rahasia umum, ada yg mencari2, main calo SIM, bahkan sampe setor jatah ke level atas2.

  6. Josss gandossss👍🏻👍🏻👍🏻teruskan kelakuanmu ! Maka ketertiban gak akan terwujud dengan aturanmu !

  7. klo yang langgar aturan huruf belakang platnya RFP, QH, QZ di jepret juga pake ETLE Mobile ga tuh??

  8. Kalo ga mau kena tilang ETLE sebaiknya naik sepeda atau naik kuda aja lebih ramah lingkungan. Untuk pengendara sepeda motor helm itu selain berfungsi melindungi kepala juga berfungsi melindungi isi dompet.

  9. Aku setuju dg aturan helm,dll itu. Tapi tolong sosialisasi dan penerapannya jangan terkesan dipaksakan, di jalan raya yg padat kondisi lalu lintasnya masih banyak tuh pelanggar lalin coba petugas ETLEnya suruh bollak-balik atau nongkrong dari pagi sampai sore pasti panen deh. Itu jalanan sawah sepi gt jadi target jg, sekalian aja ke hutan

  10. Kejadian ini memperlihatkan kesan ke rakyat bahwa Indonesia memang sedang tidak baik-baik saja, seperti yg dikatakan tokoh-tokoh negeri ini,negara kelimpungan bayar bunga hutang luar negeri lalu menaikan pajak-pajak dan mencari sumber pendapatan baru mirisnya dengan cara memeras rakyat.

  11. Siapin hp kalian kalo ada oknum pol yang gak pake helm jangan lupa di foto terus di tilang juga….. hahahaha….. oiya yang punya surat tilang kan mereka ya…… kita rakyat jelata bisa apa….. ngikit aja dah…..

  12. kalau saja petugas ETLE Mobile nau nongkrong di Indomaret yg lokasinya deket komplek perumahan, pasti bakal langsung panen tilang nih

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama