Iwanbanaran.com – Cakkk….. Seperti yang sudah pernah IWB bahas sebelumnya pada artikel khusus tentang langkanya chip semi konductor, saat ini para pabrikan berusaha keras untuk mengimpor chip semikonduktor sesegera mungkin. Khususnya Honda yang benar-benar terdampak luar biasa terhadap kelangkaan Chip sehingga membuat mandegnya produksi motor Honda khususnya Scoopy dan juga Beat. Namun yang menjadi pertanyaan… Bagaimana jika Semikonduktor tetap langka dan apa yang terjadi dengan market dua dua tanah air. Dan setelah dianalisa….waahhh jebule ngeriii cak, sebab dampaknya bakal luarrr biasa. Simak detilnya berikut ini…

Chip semikonduktor menjadi salah satu masalah terbesar produksi motor Honda saat ini. Mungkin semua pabrikan tetap terdampak akan tetapi porsi yang mereka alami tidaklah semasif Honda sebagai raja market roda dua ditanah air. Honda sendiri terbesar mengalami masalah dengan produksi Beat dan Scoopy…lalu PCX160, Vario 160 dan banyak produk lainnya. Sedangkan Yamaha yang paling terdampak adalah Aerox 155. Untuk Kawasaki hanya ZX25R sementara Suzuki tidak tergali cak. Chip yang banyak mengalami masalah adalah untuk meracik speedometer….itulah kenapa hingga detik ini produksi mandeg tidak banyak pergerakan. Terus bagaimana perkembangan sekarang?

Dari informasi yang IWB kumpulkan…. Pabrikan terus Ngepush agar pengiriman chip semikonduktor bisa dilakukan dengan cepat. Hal ini karena lock Down yang terjadi di Shanghai sebagai produsen terbesar chip sudah mulai dilonggarkan. Namun yang menjadi kendala adalah proses pengiriman yang ternyata butuh waktu yang cukup lama mengingat distribusi chip dilakukan melalui laut. Jika dipaksakan melalui udara tentu saja cost yang dikeluarkan akan jauh lebih besar dan ini bakal mempengaruhi harga jual motor tersebut. Makanya dilema cak….

iklan iwb

” Belum bisa maksimal karena pekerja di Shanghai, Chip juga masih tidak optimal akibat lockdown…” seru narasumber IWB yang enggan membeberkan identitasnya. ” Yang pasti jika akhir Juni 2022 ini tidak kelar masalah chip ini…. Akan sangat berat pagi semuanya. Mulai dari pabrikan….dealer dan juga bikers. Karena mereka harus membayar karyawan yang jumlah ratusan bahkan ribuan. Pengeluaran terus terjadi di saat pemasukan sangat minim. Untuk Biker tidak bagus juga karena harga jual motor bekas makin melambung tidak realistis. Belum lagi inden panjang untuk membeli motor baru….” serunya. Waahh…mumet juga euy. Ini ini artinya jika chip terus bermasalah apakah bisa membuat kiamat bagi roda dua tanah air ?

Disinyalir demikian cak karena tidak adanya keseimbangan. Semua sektor terpukul….ini yang tidak kita harapkan. Kita sendiri berdoa semoga saja kelangkaan chip semikonduktor segera terselesaikan Secepat mungkin. Apalagi rumornya beberapa pabrikan sudah merumahkan sementara para pekerja di pabrik mengingat tidak adanya produksi motor akibat mandegnya suplay chip dari luar. Semoga saja segera kelar cak…..(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

24 COMMENTS

  1. Alternatif, lain masih banyak sih cuma harus makan waktu buat penelitian, kecuali klo mau putar balik kebelakang, alias karburator

    • Ekekekek……
      Anak kecil aja bisa bikin suling
      Pabrikan kurang inovasi
      MuuuuUUUuuuuehehehe……

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama