Iwanbanaran.com – Cakkkkk…..sugeng enjing sedoyo semuaaaaa, semoga kita semua diberikan kesehatan dan keimanan, kesuksesan dll. Pokoke yang apik-apik wae cakkk…..semangattt terus walau chip semi konduktor bermasalah sehingga produk tersendat. Nahhh….bertepatan dengan teman chip cak, siapa menyangka IWB mendapatkan undangan resmi dari Kawasaki Indonesia perihal peluncuran produk baru yang akan dilakukan tanggal 9 besok. Undangan yang membuat IWB mengerutkan dahi….kiro-kiro opooo ikiii ?? apakah Ninja ZX4R ? mungkinkah versi 400cc 4 silinder ZX25R ? ediann kalau bener. Eitttt tapi tunggu dulu….ini analisa IWB !!!

Siapa menyangka Kawasaki Indonesia diam-diam sedang menyiapkan produk baru. Konfirmasi ini berdasarkan undangan resmi Kawasaki Motor Indonesia ke newsroom IWB. Isi undangan dengan subject sangat singkat padat dan jelas yakni….Surat Undangan Launching PT KMI !! wihhhh mantaappp kieee. Tapiii sebagai Blogger ahli terawang IWB rada broken heart cak…lhaaa piyeeee, IWB tidak mengendus jig mesin baru. Tapi kenapa ada produk baru ?? Apakah motor ini benar-benar baru atau hanya versi facelift? ini analisa IWB…..

  1. Kawasaki ZX4R

Seperti yang sampeyan tahu Kawasaki menjadi pusat perhatian dunia setelah mereka berhasil secara sukses meluncurkan Ninja ZX25R. Motor 250 cc konfigurasi empat Silinder merupakan salah satu gebrakan luar biasa dari Kawasaki mengingat motor ini tidak lagi dilirik oleh pabrikan Jepang lain. Alasan Kawasaki untuk meluncurkan konfigurasi mesin di atas adalah salah satu upaya mereka menjaga pride para konsumen mereka yang memang berbeda. Geng ijo juga membuat kejutan karena berhasil merakit mesin 250 cc yang tembus di angka 51ps, ini luar biasa cak. Kenapa ?

iklan iwb

Karena mesin 4 silinder 250cc old gen hanya pada kisaran 45PS. Kawasaki sendiri menegaskan bahwa mesin yang dicangkokkan pada ZX25R adalah mesin pengembangan baru. Semua dikembangkan berdasarkan efisiensi, performa serta fitur premium. Tidak heran Kawasaki ninja ZX25R menjadi produk favorit di kelas 250 cc dan mampu menekan eksistensi mesin 250 cc dua Silinder. Kondisi ini ternyata juga menjadi perhatian para media Jepang yang sangat yakin bahwa Kawasaki akan meracik generasi 400 cc dengan basis engine ZX25R…

Isu di Jepang mengatakan ZX4R baru akan dirilis sekitar 2023. Power Mesin ini nantinya diprediksi bisa melejit hingga pada kisaran 70-80PS. Sebuah angka yang cukup mengerikan. Namun jika sampeyan nanya apakah undangan tanggal 9 nanti adalah New ZX4R yang sedang kita bicarakan ? jawaban IWB berdasarkan terawangan ilmu lampah lumpuh serat Jiwa adalah negatif cak. Jadi setelah melewati serangkaian semedi topo broto jengking mlumah murep…IWB tidak menemukan indikasi sosok Ninja yang kita bicarakan

2. Skutik Kawasaki J series

Hingga detik ini banyak yang bertanya, kenapa Kawasaki Indonesia tidak mencoba untuk bermain disegmen skutik. Pasar gurih yang pastinya menawarkan profit yang lebih besar dibandingkan market sport mengingat persentase skutik yang luar biasa besar. Apalagi Kawasaki juga memiliki skutik keren berlabel J series mulai dari J125 hingga J300. Yang menjadi pertanyaan mungkinkah skutik ini yang akan dirilis besok ??

Jika mengacu konfirmasi dari pejabat tinggi Kawasaki pak Mic yang IWB interview dimasa lalu sepertinya potensi ini negatif. ” Tidak, kita tidak tertarik bermain skutik…” ujar pak Michael C. Tanadhi (PT KMI). Jadi kita coret cak

3. Z250 2022

Pada tanggal 6 November 2018 secara resmi Kawasaki Eropa meluncurkan generasi terbaru Z250 yang juga dirilis dalam kapasitas berbeda yakni 400cc. Motor yang memiliki tenaga hingga 45PS untuk Z400 serta 39PS untuk versi Z250 jelas membuat Z ini menjadi salah satu Street Fighter yang patut kita perhitungkan. Apalagi dalam pengerjaan Kawasaki juga memberikan beberapa sentuhan seperti layaknya komponen big bike Z900 contohnya…

Intip saja bagian speedometer yang mengadopsi RPM digital. Dengan backlight warna Dark blue membuat Z250 ataupun 400 mewah tenan. Apalagi basis pengembangan keduanya emang nyomot mentah-mentah Ninja 250 FI. Intip saja di bagian suspensi yang sudah mengadopsi model teleskopik berukuran besar yakni 41mm. Kemudian sasis juga dirombak dan meninggalkan bentuk lawas yang diklaim lebih ringan namun tetap rigid. Kawasaki menyebutnya sebagai Ninja H2 technology. Yang menjadi pertanyaan mungkinkah produk ini yang akan dirilis ?

Sekali lagi setelah melewati serangkaian semedi topo broto jengking mlumah murep…IWB tidak menemukan indikasi sosok Z250 yang sedang disiapkan Kawasaki. Lhooo terus opo ??

4. New KLX230 2022

Pada tahun 2019…secara resmi Kawasaki memperkenalkan sosok trail dengan mesin yang cukup besar yakni 230cc. Mengusung label KLX230….motor trail ini secara umur memang sudah masuk kategori harus facelift cak. Motor yang fun to ride namun cukup banyak yang berharap Kawasaki melakukan refreshment. IWB sendiri pernah memberikan masukan pada Kawasaki untuk merubah sektor headlamp. Karena dibandingkan dengan KLX lain generasi KLX230 terasa kurang maksimal. Termasuk suspensi USD pada varian tertingginya karena adiknya saja KLX 150 sudah ada versi USD. Jadi kalau sampeyan nanya potensi ? ini adalah prediksi IWB terbesar !!

5. New KLX230 versi Supermoto…D-Tracker 230 ??

Nahhh….ini yang sangat menarik. Dari hasil terawangan pribadi, IWB rasa logis jika Kawasaki akan mengisi ceruk pasar road namun basis off road bike seperti yang mereka lakukan terhadap KLX dengan D-Tracker 150. Dan menurut IWB ini adalah pasar yang belum digarap pabrikan lain. Walau Kawasaki sudah memiliki D-Tracker 250, tapi dengan banderol saat ini mencapai 69 jutaan, IMHO tetap menarik jika Kawasaki memasarkan model Supermoto dengan banderol yang lebih murah lewat D-Tracker 230 ? atau versi Supermoto KLX230 ? setidaknya itulah terawangan IWB

6. Motor listrik anak-anak?

Pasti sampeyan bingung dengan prediksi IWB ini cak. Terkesan ngawur namun IWB nggak sembarangan sebab ketika IWB pantengin twitter Kawasaki USA, sampeyan akan menemukan adanya teaser menarik seperti ini..

Dalam teaser tersebut sampeyan akan menemukan sosok anak kecil mengenakan helm dan riding gear lengkap kemudian pada penutupan teaser tertuang kalimat Kawasaki electric. IWB nggak paham, apakah teaser ini ada hubungannya dengan Indonesia besok. Namun jika melihat timing teaser yang menyebut peluncuran USA adalah hari ini ? IWB tetap masukkan motor listrik anak-anak ini sebagai potensi diajang PRJ nanti. Karena semua pabrikan Jepang sekarang sedang getol ngepush electric bike diseluruh dunia. So…apakah Indonesia akan menyusul ? terawangan IWB yessss…

7. Ninja 250 FI Facelift ?

Sejauh ini Ninja 250 FI dua silinder memang masih menjadi motor idola disamping CBR250RR yang sama-sama memiliki power besar. Namun menilik mandeknya RND Yamaha R25, serta santainya Honda….IWB rasa potensi versi facelift Ninja 250 FI 2022 sangat minim potensinya. Jadi IMHO coret wae cak Ninja dari radar tanggal 9 nanti..

Nahhh…kuwi cak prediksi dan analisa IWB. IMHO ZX4R masih negatif dari radar…termasuk skutik Kawasaki dan juga Ninja 250FI facelift bahkan Z250. So…radar IWB menangkap kuat…dari hasil terawangan adalah KLX series, entah versi faceliftnya atau justru versi Supermotonya. Atau tepatnya KLX 230 yang dari terawangan IWB sudah menggunakan suspensi USD plus perombakan lainnya. Ikiii hanya terawangan pakde…..benar atau tidaknya kudu kita tunggu tanggal 9 nanti. So..pantau terus warung ini soale IWB juga penasaran puollll kieee. Undangan Peluncuran produk baru Kawasaki ?? monggo berikan prediksi sampeyan cak…..seru kieeeee (iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

12 COMMENTS

  1. Menurut ku Headlamp KLX 230 udah keren, bahkan lebih keren dari yg 250.
    Semoga New KLX 230 tetap mempertahankan ciri khas yg lama, headlamp beda sendiri dari yg lain.

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama