Iwanbanaran.com – Cakkk…..siapa menyangka kelangkaan chip Honda ternyata berkah buat Yamaha. Menjadi pabrikan yang tidak merasakan pukulan sebesar Honda yang kelimpungan akibat tersendatnya masspro ternyata Yamaha justru bisa tersenyum senang. Hal ini dikonfirmasi dealer besar Jabodetabek yang justru merasakan peningkatan permintaan khususnya untuk skutik entry levelnya yakni Gear. Wihhhh…..

Fakta ini diutarakan cak Steven owner Yamaha SBW saat ngobrol santai dengan IWB. Walau tidak bisa disimpulkan secara pasti dan entah kebetulan atau tidak penjualan Gear trennya memang sangat positif selama beberapa bulan kebelakang. Hal ini jelas membuat mereka gembira. ” Penjualan Gear sangat bagus dalam beberapa bulan terakhir…trennya terasa…” serunya sumringah. Apakah hal ini karena konsumen yang membeli Beat sulit kemudian beralih shifting pada motor yang ready stok ?

” Nggak tahu ya, tapi yang pasti Yamaha selalu berikan yang terbaik dan produk kita memang bagus. Hanya saja diakui atau tidak kosongnya stok merk sebelah memang ngaruh. Gear sekarang ludes…tiap datang langsung laku. Kalau boleh buka-bukaan data jika dikomparasi growth kita bulan lalu mengungguli sebelah. Jadi secara tidak langsung kelangkaan chip berkah buat kita…” serunya terkekeh. Wahhh ini menarik cak…

iklan iwb

Memang jika IWB lihat di dealer Yamaha, distribusi pabrikan garputala cenderung lancar. Kondisi ini berbeda dengan Honda yang memang cukup menderita. Yang menjadi pertanyaan….apakah chipset semi konduktor problem ini tidak berpengaruh terhadap Yamaha ?

” Ngaruh sih, tapi nggak semua unit. Yang paling kena dampaknya hanya Aerox…lainnya cenderung lancar. Jadi untuk pertama kalinya klaim Yamaha SBW sebagai dealer yang alwys ready kali ini tidak berlaku sementara karena Aerox kosong. Kita sudah minta ke pusat tapi memang lagi susah. Sampai sekarang belum dikirim…” tuturnya…

Masalah stok memang tetap tergantung dari dealer. Yamaha SBW sendiri selama ini menjadi dealer besar Jabodetabek yang memiliki stok lengkap…setidaknya dari pengalaman IWB. Bahkan ketika dealer lain tidak mendapatkan MT25….mereka punya. Termasuk MX King 150 kosong didealer lain…mereka ready. Namun untuk Aerox ternyata beda. Matic Yamaha tsb benar-benar kosong gara-gara chipset ? ” Sepertinya demikian…” ujar cak Steven..

Last….langkanya chipset menghantam keras pemimpin pasar dan itu adalah Honda. Sedang Yamaha….karena jumlah produksi yang tidak semasif Honda, pabrikan ini cenderung jauh lebih aman dibandingkan pabrikan sayap mengepak. Bisa jadi karena mereka juga masih punya stok chip berlimpah ? tidak ada yang tahu. Yang jelas, chipset semi konduktor ini memang menghantam semua pelaku industri otomotif. Hanya saja level tiap pabrikan berbeda-beda. So…Kelangkaan Chip Honda adalah berkah buat Yamaha ?! sepertinya demikian….piye dengan sampeyan sendiri para sales digarda terdepan ? terasa oraaa kiieee hehehe (iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

13 COMMENTS

  1. Ya jelas karena y produksi / bulan cuma 10 rbuan sedangkan h dari beat aja bisa berlipat lipat mass produksinya. Dengan kelangkaan chip sangat berpengaruh sehingga indent jadi ngaret yg ga sabar pasti beralih ke sebelah

  2. ‘Growth’ lebih baik cm bahasa marketing aja itu sih, biasa jual 1000 perbulan naik jd 1050 berarti naik 5% lha kompetitor biasa jual 100rb lebih skrg anjlok krna supply sparepart terganggu otomatis growth nya jd minus

  3. Wkwkwkwkwkkkkk bawa2 barokah Tuhan.
    Honda tuh dewa. Hamper setara tuhan 😁

  4. Gear 125 ini spedometer nya full analog cak, jadi komponen elektroniknya tidak sebanyak spedometer digital+analog seperti pada beat/skupi. Karena Aerox yg pakai spedo full digital saja jga kena imbas kelangkaan Chip/semikonduktor.

  5. Pake Namex setahun…kampas hbis, kampas ganda kena, seal bocor…padhal pemakaian tidak pernah sampe jauh…hadeeehhh…kok gampang meeeen…

  6. Makanya suruh industri elektronik jepang bikin pabrik semikonduktor di indo biar ga tergantung sama china terus!

  7. Ekekekek…….
    Lumayan buat kesempatan cuci gudang / produk yg laku2
    MuuuuUUUuuuuehehehe……

  8. Berkah buat mio saja, lexy nmax aerox juga menderita…. Ya sama saja…. Menderita kan pebjyalan Yamaha paling banyak kelas 155cc….

  9. Berkah Ndalem Yamaha.. Klo Lele mana Laku… Dealer Pada Tutup..wkwkwkwkwk

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama