Iwanbanaran.com – Caakkk… Baru-baru ini beredar rumor bahwa Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) meminta nilai kontraknya dinaikkan hingga 20 juta Euro atau jika dirupiahkan sekitar 324 milyar. Namun tahukah sampeyan, berapa gaji sebenarnya yang dikantongi para rider MotoGP per musimnya mengingat selama ini kita hanya disuguhkan rumor belaka yang beredar di internet cak…

Menurut media roadracing world, sebenarnya dalam kontrak antara pabrikan dan rider terdapat ketentuan untuk tidak membeberkan kesepakatan nominal gaji ke publik. Beberapa pihak menyebutkan bahwa hal tersebut dilakukan karena untuk menjaga agar gaji rider tidak mengalami kenaikan. Dengan begitu, rider yang baru naik kelas ke MotoGP tidak memiliki acuan dari rider sebelumnya untuk meminta bayaran lebih tinggi dari pabrikan. Menariknya kangbro, roadracing world berhasil menjangkau sumber terpercaya di paddock MotoGP yakni rider, manajer pembalap, hingga pimpinan tim. Tapi karena informasi sangat sensitif, jadi identitas mereka disembunyikan.

Gaji rider MotoGP bervariasi cak mengingat nominal ditentukan berdasarkan prestasi, ketenaran, hingga performanya pada saat race. Rider papan atas yang telah memenangkan balapan dan termasuk kandidat perebutan gelar juara dunia menerima gaji sekitar 6-8 juta Euro atau sekitar 92-122 milyar per musim. Namun dalam kasus Marc Marquez dibayar hingga dua kali lipatnya mengingat doi telah mengantongi 6 gelar juara dunia MotoGP. Sedangkan untuk rider yang berpotensi menjuarai balapan menerima gaji 1-5 juta Euro (15-76 milyar/musim). Lalu untuk rider rookie yang baru naik kelas dan berada di tim satelit mendapatkan gaji 250rb-500rb Euro (3-7 milyar/musim). Kendati demikian kangbro, ternyata rider dengan gaji rendah bisa mendapatkan bonus yang lebih besar daripada rider dengan bayaran mahal.

iklan iwb

Misalnya, rider dengan gaji kecil yang memenangkan balapan mendapatkan bonus 250rb Euro hingga 263rb Euro. Sedangkan rider dengan bayaran mahal mendapatkan bonus lebih kecil, 10rb Euro untuk satu kali kemengangan dan untuk bonus juara dunia sekitar 1,05 juta Euro. Tidak hanya dari memenangkan balapan dan juara dunia saja cak. Namun bonus rider juga didapatkan dari podium 2-3, pole position, rekor time lap, hasil kualifikasi di row depan, perolehan poin, dan posisi akhir klasemen sementara….(RA iwb)

 

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

6 COMMENTS

  1. Wahhhh asik beud nek gini ini caranya cakkk
    Semua sektor dihargain decht lahhh…..
    Orang barat memang suka menghargain kerja keras pihak lain or rekan kerja
    Sungguh mulia hati orang bule cakkkk
    Djaminan surga dunia ngakherat nek gini ini caranya cakkk

  2. Apakah mereka menganut kilapah, kok mereka sangat menghargai usaha n kerja keras para rider dengan pencapaian tertentu?

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama