Iwanbanaran.com – Caakkk…  Selain mendapatkan gaji per musim dengan nominal fantastis, ternyata rider MotoGP mendapatkan banyak bonus terutama dari prestasi dan performanya diatas motor. Namun nyatanya tidak hanya itu cak, pembalap juga mendapatkan sumber pemasukan dari sponsor pribadi dengan catatan sponsor sebelumnya telah putus kontrak sehingga tersedia space kosong pada atribut balapan mereka cak…

Brand alias merk dapat melakukan negosiasi dengan rider untuk menempatkan logo produk mereka pada body motor, wearpack, dan helm. Namun pada tim papan atas, ruang tersebut cukup terbatas cak dan hanya tersedia pada bagian dada atas dan pada kedua lengan wearpack. Bayaran sponsor bervariasi dan pembalap bisa mendapatkan nominal yang besar jika sponsor tersebut merupakan produk terbaru yang sedang membutuhkan eksposur untuk meningkatkan pamor produknya. Menurut situs roadracing world, rider memperoleh 600rb-700rb Euro (9-10 milyar/musim) dari sponsor helmnya dan dari brand wearpack mendapatkan 300rb-400rb Euro (4-6 milyar/musim).

Selain itu, nominal stiker yang tersemat pada helm juga memiliki nilai bervariasi yang ditentukan berdasarkan ukuran dan lokasi menempelnya stiker. Sebagai contoh, brand minuman Energy dapat mengeluarkan biaya 1 juta Euro atau 15 milyar agar logo perusahaan tersemat pada helm rider MotoGP. Tentunya, mereka akan mengeluarkan biaya lebih jika pembalap punya eksistensi tinggi, seperti Marc Marquez atau Valentino Rossi. Kemudian stiker berukuran kecil pada helm memiliki nilai minimal 25rb Euro hingga menyentuh angka 200rb Euro. Meski begitu, hingga kini masih ada rider yang dibayar oleh sponsornya dengan produk gratis karena brand tersebut telah bermitra dengan perusahaan helm yang dipakai pembalap….

iklan iwb

Last… Rider MotoGP juga mendapatkan bayaran jika mereka muncul di iklan untuk mempromosikan pabrikan yang mereka bela atau bisa dari brand lainnya cak. Dengan semua sumber pemasukan mereka, rider MotoGP tidak mengeluarkan uang untuk biaya perjalanan seperti berpindah dari satu sirkuit ke sirkuit lainnya, karena biaya tersebut sudah ditanggung oleh masing-masing timnya. Termasuk biaya pengobatan yang sudah diberi jaminan dengan asuransi kesehatan dari IRTA (International Road Racing Teams Association). Jadi, kesehatan mereka sudah ditanggung cak baik saat crash dalam balapan maupun diluar balapan asalkan musim MotoGP masih berjalan. Nahhh ediann tooo ! itulah pembalap Motogp pakdee..(RA iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

5 COMMENTS

  1. Itu helmet Marc Marquez woiyyy
    Marc Marquez idola kawula muda Indonesia masa kini dan masa depan woiyyy……..pantas 15 milyar woiyyy…..
    .
    Operasi semua cedera Marc Marquez total berapa milyar?
    Ngahatjeung pisan so pasti kalau begini ini caranya budheeyy…….

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama