Iwanbanaran.com – Cakkk…bungkamnya Suzuki ternyata membuat isu liar bertebaran atas rumornya mundurnya Suzuki dari Motogp secara tiba-tiba. Salah satu yang saat ini sangat santer alasan mundurnya Suzuki adalah hadirnya skandal mesin diesel Suzuki yang terjadi di Eropa. Sik-sik…maksude piyeee ikiii ???

Suzuki memang pelan-pelan seperti mengundurkan diri dari hingar-bingar racing cak. Mereka tidak ikut Kejuaraan Dunia Superbike sejak 2015, dan baru di 2018 GSX-R1000RR benar-benar absen dari grid SBK. Suzuki hanya muncul melalui wildcard di kejuaraan dunia WSBK sesekali. Misalnya Gino Rea dari Inggris dan Bradley Ray yang berpartisipasi dalam SBK di Donington 2018. Yang mengejutkan, Suzuki ditahun 2021 sempat menurunkan Naomichi Uramoto dalam debut Kejuaraan Dunia Superbike 2021 di Circuito de Navarra pada bulan Agustus. Rider Jepang ini nunggang GSX-R1000 dari JEG Racing….

Di Kejuaraan Dunia Motocross (MX2 dan MXGP), Suzuki juga membuat keputusan mengejutkan pada akhir September 2017 untuk mundur di akhir tahun. Dan kini di Kejuaraan Dunia MotoGP, Suzuki tiba-tiba merencanakan penarikan kedua dalam sebelas tahun di Motogp. Padahal Suzuki Ecstar bertahan dengan sangat baik. Alex Rins meraih tiga kemenangan untuk Suzuki. Joan Mir satu, dia juga meraih juara Dunia 2020, disaat Rins finis ketiga. Tahun lalu, Mir finis ketiga di musim MotoGP dengan enam podium dalam 18 balapan. Ini jelas hasil yang sangat baik untuk tim dengan budget kecil. Terus apa yang terjadi dan kenapa tiba-tiba mereka memutuskan mundur?

iklan iwb

Rumornya….Presiden Suzuki Motor Corporation Hiroshi Tsuda memohon agar tim MotoGP tetap dilanjutkan, namun dewan direksi tiba-tiba menginstruksikan mundur dari Motogp. Seperti dilansir MSN, instruksi ini sekaligus memutus suplai dana ke tim Motogp dan inilah yang membuat mereka harus mengikuti. Dari informasi speedweek, keputusan mendadak ini memang patut dicurigai. Dan dari analisa mereka bisa saja Suzuki terpaksa melakukan ini akibat skandal mesin diesel yang menimpanya. Maksude ?

Ternyata cak…..Beberapa hari yang lalu, atas perintah kejaksaan, terjadi penggeledahan yang dilakukan pihak berwenang di cabang Suzuki Jerman, Italia dan Hongaria sehubungan dengan skandal diesel di industri mobil. Suzuki dikatakan telah mengakali peraturan gas buang di UE dengan perangkat ilegal, seperti banyak pabrikan mobil lainnya. Kantor kejaksaan di Frankfurt sedang menyelidiki kecurigaan bahwa Suzuki menjual 22.000 kendaraan diesel dengan perangkat penekan emisi gas buang ilegal ini….

Sebenarnya tidak hanya Suzuki karena Volkswagen AG juga terkena skandal ini termasuk Fiat Chrysler Group juga dicurigai. Atas alasan itulah cabang Suzuki di Heidelberg, Corbetta (Italia) dan Esztergom (Hongaria) digeledah dalam beberapa hari terakhir bulan April. Pihak berwenang dikatakan telah menyita data, perangkat lunak dan dokumen penting. So….karena mundurnya MotoGP terkesan sangat mendadak, kini timbul pertanyaan…apakah keputusan dewan direksi Suzuki mengubur proyek MotoGP sebagai persiapan untuk membayar denda yang diperkira masuk kisaran tiga digit juta Euro ? kita tunggu saja konfirmasi Suzuki yang direncanakan akan memberikan pernyataannya dalam 30 jam kedepan….(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

19 COMMENTS

    • Sy pernah punya karimun estilo 2012, selama 3 tahun dg Km 60-an rb, mobil ini sangat handal.. irit dan ga pernah jajan aneh2.. jgm meragukan kualitas suzuki.. lihat saja suzuki Carry… handal sampai sekarang..

  1. Pengen beli GSX 150 cuman takut pabrikanya pailit, entar nasib gue kayak owner Pulsar & Minerva kalo nyari2 sparepart 🤣

    • Banyak kali sekarang di market online, tinggal kita yang smart.. apa yang gak ada sih di market online?

  2. Makanya , lihat n baca nickname gue….
    Mau kendaraan ???
    Baca nickname gue…….

  3. Sekalian jg tuh geledah tim desainer motor suzuki, modelnya indihe semua, pake sari guard segala, gw curiga jgn2 ada kkn pake desainer org indihe smua, dimari model gtu gmn mw laku coba

  4. Sujuki ini Bikin Motor jualan aja carut marut gak sip modelnya Bikin Mobil ada Satu yang Bagus si Jimny yah gak di produksi di Indo Emang dongo gak bisa memanfaatkan apa yang di punya

  5. Pantesan management parah gitu. Bisa buat mesin tidak becus bikin baju. Terpaksa fans Suzuki harus beli mesin dengan baju ala kadarnya.

  6. Klo yg ane baca di berita, mungkin ada hubungannya dgn skandal emisi diesel suzuki di EU. Tapi klo dicermati mungkin tidak seluruhnya salah suzuki, coz mereka pakai mesin diesel yg disupply oleh Fiat. Harusnya Fiat ikut kena.. Perangkat ECU jg dari MM, harusnya kena jg.

  7. Klo yg ane baca di berita, mungkin ada hubungannya dgn skandal emisi diesel suzuki di EU. Tapi klo emang bener bisa dicermati mungkin tidak seluruhnya salah suzuki, coz mereka pakai mesin diesel yg disupply oleh Fiat. Harusnya Fiat ikut kena.. Perangkat ECU jg dari MM, harusnya kena jg.

  8. Honda dan Yamaha di Indonesia yg kena gugat Skandal KARTEL aman2 saja. Malah mio dan beat makin MAHAL

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama