Iwanbanaran.com – Cakkkk….sebuah terawangan dan selentingan mengejutkan masuk ke newsroom IWB. Sebuah selentingan yang menggaris bawahi anjloknya produksi dua produk andalan Honda yakni New Beat dan juga Scoopy. Kedua matic ini terancam mengalami penurunan produksi yang signifikan padahal seharusnya sebelum lebaran seperti ini biasanya produksi digenjot. Dan tahu nggak sampeyan, anjloknya forecast produksi mencapai lebih dari 70 %. Waaahhh, seriusssan kiiii…kenapa ??

Siapa menyangka produksi Honda beat serta Scoopy terancam anjlok. Isu ini awalnya datang sekilas lalu karena seperti yang kita tahu hampir semua pabrikan memang mengalami kendala produksi. Tapi ketika IWB coba terawang secara Seksama….disinilah IWB cukup terkejut karena dampak yang ditimbulkan sangatlah masif. Terutama produksi Skutik terlaris Honda yakni New Beat termasuk Honda Scoopy yang harus ditekan habis produksinya karena masalah yang kita semuanya sudah tahu…

Yup…forecast produksi terutama dari para vendor penyuplai mengalami penurunan signifikan. Vendor di sini yang berhubungan dengan hardware digital. Maksude piyeee ?Siapa lagi kalau bukan komponen chip…..

iklan iwb

Mungkin pada artikel sebelumnya IWB sudah share isu tsb namun baru pada artikel ini begitu gamblang bahkan perkiraan jumlah produksi juga bisa kita tarik. Dan isunya gara-gara masalah tersebut jumlah produksi forecast komponen pada kedua motor mengalami kendala. Jika sebelumnya bisa memproduksi 200,000 unit komponen namun gara-gara kelangkaan chip penyokong digital maka vendor hanya mampu meracik 20 ribu unit. Entahlah angka ini forecast untuk berapa lama. Yang pasti ini adalah hantaman keras yang membuat produksi tersendat. Yang menjadi pertanyaan kenapa masalah chip ini kembali mencuat ?

Sebelumnya IWB juga heran dan penasaran mengingat sepengetahuan kita chip ini disuplai oleh India. Dan seperti yang kita semua tahu sejauh ini India tidak mengalami masalah apapun karena sudah status lock down akibat covid sudah dicabut. Dan ternyata dari beberapa sumber yang IWB kumpulkan, prosesor chip digital ini ternyata juga mengambil dari Tiongkok. Dan inilah yang menjadi biang terbesar masalah sebab Tiongkok sekarang masih lock down sehingga industri juga tersendat. Praktis suplai chip ini juga mandeg dari Tiongkok ketanah air. Weladalahh ngono too jebuleee…..

Last….. Sebenarnya tidak hanya Honda yang mengalami masalah kelangkaan Chip ini. Namun ketika yang terkena dampak langsung adalah motor terlaris Honda, jelas ini menjadi tantangan terbesar grup Astra. Tapi sekali lagi semua memang masih berupa isu mengingat tidak ada konfirmasi apapun dari pabrikan. Hanya saja dari Sisi pribadi selentingan ini akurasinya cukup tinggi. So…cak, jangan kaget jika untuk membeli motor sekarang banyak Inden karena produksinya memang tersendat akibat kelangkaan Chip. Mari kita berdoa saja semoga status lock down di Tiongkok segera berakhir sehingga semua kembali berjalan normal. Amin YRA….(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

19 COMMENTS

  1. Akan jadi peluang usaha baru nih buat Astra untuk bangun pabrik chip sendiri.. Mengingat komponen ini sangat vital untuk menyuplai kebutuhan di group Astra

  2. Sbner nya bisa saja di produksi cak. Tapi semua unit gk pake speedometer.. akibat nya karyawan di liburin 1bulan cak.. info dari bestiee begitu

  3. Tap nang cilacap terutama di Desa ku honda Beat pa berdatangan likk Hinda beat CBS ISS kambi Beat Streat terutama ..aku yo lagi pesenn Beat Streat Suruh inden satu bulan likk..Beat Streat laris manis

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama