Iwanbanaran.com – Cakkk…Race putaran kelima MotoGP Portimao, Portugal menjadi milik Fabio Quartararo. Menang ngacirr. Johann Zarco dan Aleix Espargaro melengkapi podium hari ini….

Portimao sangat menyulitkan banyak pembalap di sepanjang akhir pekan. Yupss cakkk, sejak hari pertama Jumat trek Portimao selalu basah di setiap sesinya sehingga memperumit para pembalap untuk tampil all out. Meski begitu, beberapa pembalap justru menyukai kondisi ini. Banyak pembalap berjatuhan dan untungnya mereka tidak mengalami cedera yang serius kang broo.

Sejauh ini, Ducati sangat strong di trek basah baik tim pabrikan maupun satelit yang sangat konsisten berada di lima besar sejak Free Practice 1. Bahkan dalam kondisi mix saat Qualifying 2 Johann Zarco (Pramac Racing) sukses mencetak pole perdananya musim ini cakk.

iklan iwb

Kandidat kuat lain juga datang dari Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) yang sukses menyodok posisi kedua sekaligus menandai capaian Qualifying terbaiknya dikelas MotoGP. Aleix Espargaro (Aprilia Racing) yang kesulitan di sepanjang akhir pekan berhasil menutup front row setelah merampungkan Qualifying di posisi ketiga.

Namun, kondisi hari ini benar benar berbeda cakk dimana trek Portimao kini full kering dengan cuaca berawan dan sedikit mendung. Tentu saja ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi semua pembalap karena tidak memiliki base set up kering. Jika melihat catatan tahun lalu, Yamaha, Ducati dan Suzuki diprediksi bakalan kuat jika dalam kondisi kering. Bukan tidak mungkin akan terjadi juga hari ini cakkk.

Langsung wae kang mas…Race dimulai pukul 13.00 waktu setempat dan berlangsung selama 25 Laps.

Selepas start, Joan Mir langsung memimpin diikuti Johann Zarco, Fabio Quartararo, Jack Miller dan Alex Marquez. Tidak lama kemudian Fabio Quartararo naik ke posisi dua dan Alex Marquez naik ke posisi empat.

24 Laps To Go, Joan Mir langsung ngacir dan terus mencetak gap dengan Fabio Quartararo 0.6 detik. Jack Miller naik ke posisi tiga dan Alex Marquez turun keposisi lima, Johann Zarco keempat. Jelang tikungan terakhir Johann Zarco rebut lagi posisi tiga dari Jack Miller.

23 Laps To Go, Fabio Quartararo cetak fastest lap dengan catatan waktu 1 menit 40.091 detik dan kini gap dengan Joan Mir semakin dekat cakkk, kurang dari 0.5 detik. Inline cukup kuat kie kang broo. Johann Zarco, Jack Miller dan Alex Marquez masih mengunci lima besar.

22 Laps To Go, Fabio Quartararo cetak fastest lap dengan catatan waktu 1 Menit 39.836 detik dan langsung mengambil alih pimpinan balapan jelang tikungan pertama. Disisi lain grup perebutan posisi empat kian seru dimana Miguel Oliveira, Alex Rins, Pol Espargaro dan Marc Marquez mulai memiliki gap yang cukup dekat.

21 Laps To Go, Fabio Quartararo mulai ngacir dan meninggalkan Joan Mir dengan gap 0.8 detik. Disisi lain Jorge Martin dlosor di sector terakhir dan tidak bisa melanjutkan balapan. Lima besar belum ada perubahan hingga sejauh ini.

19 Laps To Go, Fabio Quartararo kembali perlebar gap menjadi 1.5 detik dari Joan Mir. Sementara itu battle lain tersaji antara Marc Marquez dan Pol Espargaro untuk posisi ke sembilan, Enea Bastianini dan Brad Binder juga berada dalam satu grup.

18 Laps To Go, Battle untuk lima besar juga terjadi antara Alex Marquez, Aleix Espargaro, Miguel Oliviera dan Alex Rins. Keempat rider saling berganti adu overtake cakk.. Seruu. Hingga akhirnya Aleix Espargaro yang berhasil memimpin grup untuk posisi lima.

16 Laps To Go, Fabio Quartararo kini memiliki gap 2 detik dari Joan Mir. Sementara itu, Johann Zarco mulai mengancam posisi dua milik Joan Mir, keduanya hanya terpaut 0.3 detik. Jack Miller bertahan diposisi empat. Sementara itu Enea Bastianini dlosor di Sector 2 dan tidak bisa melanjutkan balapan.

15 Laps To Go, Fabio Quartararo kembali mencetak fastest lap dengan catatan waktu 1 menit 39.435 detik, doi kian ngacir dengan gap 2.8 dari Joan Mir. Disisi lain Takaaki Nakagami juga tumbang pasca ada kontak dengan Brad Binder di sector 3-4, namun doi bisa melanjutkan balapan.

13 Laps To Go, Fabio Quartararo kian melebar dan kini doi unggul 3.3 detik atas Joan Mir. Sementara itu, Francesco Bagnaia yang start dari posisi buncit kini sudah berada di posisi kedua belas meski dengan kondisi bahu yang masih sakit akibat crash di Qualifying 1 kemarin.

11 Laps To Go, Battle perebutan posisi kedua masih cukup rapat, Jack Miller bergabung dengan Joan Mir dan Johann Zarco. Sementara Aleix Espargaro masih bertahan diposisi kelima. Gap Quartararo dengan Mir juga makin lebar, kini mereka terpaut 4 detik. Wehh menang kie Quartararo cakkk.

10 Laps To Go, Johann Zarco overtake Joan Mir jelang tikungan pertama. Sayangnya doi melebar sehingga Joan Mir kembali merebut posisi dua. Jack Miller bertahan dalam grup. Aleix Espargaro juga mulai geber gass untuk mengejar tiga pembalap di depannya cakkk.

9 Laps To Go, Johann Zarco akhirnya mampu menyalip Mir dan masuk tikungan pertama dengan rapi. Aleix Espargaro mendekat dan gap dengan Jack Miller kini hanya 0.6 detik. Sedangkan Fabio Quartararo tanpa lawan dan unggul 5.3 detik dari Johann Zarco.

7 Laps To Go, Drama terjadi antara Jack Miller dan Joan Mir. Miller yang memaksa masuk tikungan 1 dari dalam kehilangan grip ban depan dan dlosor sekaligus menyeret Joan Mir. Keduanya harus menyelesaikan balapan lebih awal. Eman tenan cakkk.

5 Laps To Go, Fabio Quartararo meninggalkan Johann Zarco dengan gap 5.5 detik. Aleix Espargaro, Alex Rins dan Miguel Oliveira kini mengisi lima besar. Nampaknya pengisi podium sudah bisa ditebak dari sini cakkk.

3 Laps To Go, Aleix Espargaro mulai mendekati Johann Zarco. Sementara itu Battle lain juga berlangsung antara Alex Marquez dan Marc Marquez untuk posisi keenam. Pun begitu dengan Pol Espargaro dan Francesco Bagnaia yang mulai memperebutkan posisi delapan.

Last Lap Lima besar bertahan, sementara itu perebutan posisi enam masih terus berlanjut cakk. Pol Espargaro dan Francesco Bagnaia bergabung dalam grup.

Hingga finish, Fabio Quartararo keluar sebagai pemenang. Diikuti Johann Zarco, Aleix Espargaro, Alex Rins, Miguel Oliveira, Marc Marquez, Alex Marquez, Francesco Bagnaia, Pol Espargaro Dan Maverick Vinales melengkapi sepuluh besar. Fabio tak tersentuh namun yang luar biasa adalah Alex Rins karena start dari posisi 23 bisa finish ke 4…ediann !!. Praktis dengan kemenangan Fabio kini title klasemen ditangan Yamaha dengan 69 poin namun ditempel Alex RIns dengan poin yang sama. Berikut hasil lengkap race Portugal…(CB iwb)

MOTOGP PORTIMAO, PORTUGAL – RACE RESULTS
POSRIDERNATTEAM
1Fabio QuartararoFRAMonster Yamaha (YZR-M1)
2Johann ZarcoFRAPramac Ducati (GP22)
3Aleix EspargaroSPAAprilia Factory (RS-GP)
4Alex RinsSPASuzuki Ecstar (GSX-RR)
5Miguel OliveiraPORRed Bull KTM (RC16)
6Marc MarquezSPARepsol Honda (RC213V)
7Alex MarquezSPALCR Honda (RC213V)
8Francesco BagnaiaITADucati Lenovo (GP22)
9Pol EspargaroSPARepsol Honda (RC213V)
10Maverick ViñalesSPAAprilia Factory (RS-GP)
11Andrea DoviziosoITAWithU RNF Yamaha (YZR-M1)
12Luca MariniITAMooney VR46 Ducati (GP22)
13Franco MorbidelliITAMonster Yamaha (YZR-M1)
14Remy GardnerAUSKTM Tech3 (RC16)*
15Marco BezzecchiITAMooney VR46 Ducati (GP21)*
16Takaaki NakagamiJPNLCR Honda (RC213V)
17Darryn BinderRSAWithU RNF Yamaha (YZR-M1)*
Lorenzo SavadoriITAAprilia Factory (RS-GP)
Fabio Di GiannantonioITAGresini Ducati (GP21)*
Joan MirSPASuzuki Ecstar (GSX-RR)
Jack MillerAUSDucati Lenovo (GP22)
Brad BinderRSARed Bull KTM (RC16)
Enea BastianiniITAGresini Ducati (GP21)
Jorge MartinSPAPramac Ducati (GP22)
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

78 COMMENTS

    • Fabio juara, tak terbantahkan, selalu konsisten di setiap tahun. Oya, salam hormat untuk Rins, luar biasa start p23 finish p4. Si kunyit mana bisa.

      • Kek nya lu AMNESIA akut deh, Tante botak…baru selesai AUSTIN kemaren atau lu memang pura2 nonton ..di cuplikan yutub 🤣🤣🤣

  1. Pernah ada yg bilang mirip² ginilah, “Marquez start posisi belakang aja bisa finish didepan, apalagi start didepan pasti juara 1”.. eeh taunya cuma efek tingkat khayal tinggi doang 😅

  2. Gacorrr banget 10 lap pertama langsung selisih 3.4 detik, finish 6 detik
    Kacau ini orang kaya kesetanan bawa motornya 🔥🔥🔥
    Harusnya judulnya Yamaha gemilang, ducati dan aprilia kenceng banget, ngondahh nyungsep wkwkwkwkwkwk
    Btw ikut balapn gak ngondah barusan??🤭🤭

  3. Kirain Fabio menderita hahaha
    Yang menderita dou kunyit di belakang takut jatoh motornya dah bobrokk buat balapan 🤣🤣🤣

        • Ya percuma ngebandingin yang kaga juara, apa yang mau dibagusin 😂🤣🤣😂
          Kaga ada bagus-bagusnya tetep aja kaga naik podium bego

          • lah lain diomongin lain jawaban, jelas makin nunjukin kebegoan.
            mau naik juara atau gak ya haknya dia yg ngebandingin lah.
            sedangkan lu bego bet, orang nanya apa malah jawab apa

          • Honhon dah podium 1 belum
            Motor buosok PO sembalap e buosok

          • Honda RCV mesin sasis baru lebih powerful n stabil cuiy. Cuma Marc yang hati2 n makin dewasa. Jangan sampai dlosor apalagi highside cunk. Gak grusa grusu, musim masih panjang woiyy

    • Ya ga bisa dibandingin, yang satu terlempar ke p24 (terakhir) saat start karena problem motor sedangkan yg satunya start dari p23, yang satu nyalip 18 pembalap satu per satu sedangkan yang lainnya nyalip 15 pembalap dan dapat bonus ada yang jatuh di depan. Yang pasti dua duanya bagus tapi kecepatan rins semalem ga sebanding dengan pemenang lomba.

    • Ngampas kunyit cuma menang kecod fansboynya,, kebanyakan mabok , akhirnya menghalu,,

      Sekolam pada ngumpet,, nunggu artikel produk yaheho baru muncul lagi, kecod lagi

      Wkkwkwkwkw salah waras

  4. Wuihh ngeri fabio nyetir M1 mcam bawa motor cros, roda ngangkat meleng kanan, joki nya nongol ke kiri, keren bgt di slow motion, 6 detik mennn dgn trek lurus 1 km.
    Bisa leyeh nih personel monster yamaha
    Hihihii

    • Klo naik Ercivi pasti tambah hebat dong ya, nk gak mlah buosokk wkwkkk
      Dovi Morbi? Ah mrk mmg gerombolan selooww,

  5. Nah mendingan bahas tuh caakk kenapa bisa Fabio doang di Yamaha yang nyetel banget sama motornya

  6. Jack Miller pebalap angot angotan.
    Di sundul mir aj marah udah gak ketulungan. Skrg malah beneran celakakan mir. Semoga Miller pikiran nya lebih dewasa😄

  7. MOTOGP dan WSBK jadi saksi pahit TIM Kunyit beserta KROCO KROCO nya,,

    Salam Ndlosorrr

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama