Iwanbanaran.com – Caakkk… Yamaha baru saja merilis motor listrik baru yang akan dipertandingkan pada ajang kompetisi dunia, motor ini hadir dengan label Yamaha TY-E 2.0 versi 2022 pada gelaran Tokyo Motorshow 2022. Dengan mengusung genre trial, motor ini siap digunakan untuk melibas medan offroad berat dengan rintangan ekstrim cak. Lalu seperti apa sosoknya? Simak detilnya di bawah ini…

Yamaha TY-E 2.0 merupakan motor trial cak, jadi memang berbeda dengan motor trail atau motocross yang berkompetisi adu cepat di trek tanah. Motor trial umumnya digunakan di medan offroad yang memang berat. Dengan begitu, jenis motor ini tidak dilengkapi dengan jok biker dan selama berkendara, biker lebih banyak berdiri untuk lebih sigap melibas medan offroad. Tidak hanya di medan offroad, motor trial juga biasa dipertandingkan pada ajang internasional yang tempatnya justru nggak offroad cak. Biasanya di stadion atau tempat tertentu kompetisi trial digelar dengan rintangan berat yang sudah disiapkan untuk ditaklukan para rider.

Sementara itu cak, Yamaha TY-E 2.0 hadir dengan body sangat ramping sehingga biker lebih luwes saat menaklukan rintangan dengan motor ini. Perlu diketahui, pengembangan motor ini mengacu pada model TY-E pertama yang dipamerkan pada 2018 lalu. Dengan begitu, Yamaha mengembangkannya dengan maksimal mengingat untuk versi terbaru 2022, sudah menganut rangka monokok baru yang terbuat dari material laminasi komposit. Efeknya cak, pembenaman rangka baru tersebut mampu menekan bobot menjadi lebih ringan dan rangka ini juga memiliki sifat kekakuan yang optimal. Menariknya pakde, rangka tersebut digunakan sebagai unit daya listrik melalui perpaduan komponen mekanis dan kontrol elektronik.

iklan iwb

Last… Baterai yang tertanam di Yamaha TY-E 2.0 versi 2022 merupakan sumber daya utama untuk menggerakkan motor ini cak. Yamaha telah membenamkan baterai berkapasitas lebih besar dari sebelumnya. Selain itu, peletakan baterai juga sangat diperhatikan dengan detil sehingga mencapai titik gravitasi yang lebih rendah dari sebelumnya. Sebagai informasi, Yamaha akan menurunkan motor andalannya tersebut pada ajang FIM Trial World Championship yang akan dimulai pada Juni 2022. Dengan begitu, informasi terkait spek motor masih bersifat rahasia bahkan output powernya pun belum diketahui. Namun pastinya cak, Yamaha TY-E 2.0 memiliki torsi buas dengan baterai dan motor listriknya….(RA iwb)

Spesifikasi Yamaha TY-E 2.0 versi 2022

Dimensi panjang x lebar x tinggi: 2.003 mm × 830 mm × 1.130 mm

Wheelbase: 1.310 mm

Ground clearance minimum: 340 mm

Bobot motor: 70 kg

Jenis motor listrik: AC synchronous electric motor

Jenis Baterai: Lithium-ion

Tipe Kopling: Hydraulic, Wet, Multi-plate

Rangka: CFRP Monocoque

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

11 COMMENTS

  1. Wkwkwkk…
    Mau nyaingi motor trial hnda?
    Gak bakalan bisa. Sdh trlalu lama honda mendominasi belasan tahun di trialGP..
    Mesin demen melhedhugh mah gak levellll 😂

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama